Advertorial

Tren Toleransi Masyarakat Alami Peningkatan Positif, Kepala BNPT: Tetap Waspada

Kompas.com - 30/08/2023, 14:51 WIB

KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Prof Dr Rycko Amelza Dahniel MSi menyampaikan, tren toleransi di antara masyarakat Indonesia mengalami peningkatan positif.

Hal itu ia sampaikan di hadapan masyarakat dan pelajar Indonesia dalam agenda Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala BNPT di Rabat, Maroko, Rabu (30/8/2023).

Acara tersebut juga turut dihadiri Imam Besar Masjid Istiqlal KH Prof Dr Nasaruddin Umar, MA dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) RI untuk Maroko Drs H Hasrul Azwar.

Rycko menjelaskan, berdasarkan data Setara Institute, tren toleransi masyarakat Indonesia berada di angka 70,2 persen pada 2023. Angka ini meningkat ketimbang capaian pada 2016 yang hanya sebesar 61,6 persen.

“Peningkatan ini disebabkan oleh penyusutan kelompok intoleran pasif dari 35,7 persen pada 2016 menjadi 22,4 persen pada 2023,” paparnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu

Meski demikian, Kepala BNPT mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap perubahan-perubahan strategi yang dilakukan kelompok penganut ideologi kekerasan.

“Mereka melakukan pergeseran serangan dari yang keras menjadi yang lembut, dari strategi bullet (peluru) menjadi strategi ballot (suara) yang harus kita perhatikan,” tambahnya

Rycko menegaskan, generasi muda Indonesia yang telah menunjukkan sikap keberagaman, toleransi, dan nasionalisme harus dipertahankan. Hal ini penting demi menciptakan kehidupan sosial yang aman, damai, dan harmoni agar seluruh masyarakat Indonesia siap menghadapi tantangan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com