Advertorial

Hadiri Pesta Rakyat Simpedes Edisi Pasuruan, Menteri BUMN Kagum dengan UMKM Ini

Kompas.com - 30/08/2023, 15:22 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar acara Pesta Rakyat Simpedes (PRS) di Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (26/8/2023) dan Minggu (27/8/2023).

Acara tersebut merupakan wadah pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Salah satu peserta UMKM, Kupu Sutera, mendapat perhatian khusus dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Koperasi yang berdiri sejak 2016 ini bergerak di bidang fesyen ramah lingkungan yang memproduksi kerajinan dari bahan ulat sutera eri.

Tak hanya itu, koperasi tersebut juga melibatkan para difabel dan mantan buruh tani sebagai mitra kerja.

Produk unggulan Kupu Sutera adalah sepatu sutera yang telah memasuki pasar internasional, seperti Jepang dan Australia. Produk ini juga mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Timur sebagai sepatu paling ramah lingkungan karena menggunakan bahan biodegradable untuk solnya.

Dalam kesempatan itu, Erick berbincang langsung dengan Ketua Koperasi Kupu Sutera Arianto Nugroho (47). Pria yang akrab disapa Antok ini mengatakan bahwa usahanya mendapat banyak dukungan dari BRI, baik dalam hal permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun pelatihan-pelatihan di bidang pemasaran.

Alhasil, lanjutnya, produk sepatu sutera buatan Koperasi Kupu Sutera menjadi salah satu sepatu terbaik dalam ajang lomba Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) Alas Kaki yang digelar Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada 2023.

“Saya sendiri mantan buruh tani. Kasihan melihat buruh tani sering dipermainkan tengkulak. Kalau warga difabel, saya ajak karena mereka juga sulit mencari pekerjaan,” ujar Antok dikutip dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (30/8/2023).

Antok juga menyampaikan bahwa tahun ini Kupu Sutera akan mewakili Indonesia dalam ajang lomba sepatu tingkat internasional di Guangzhou, China. Sebelumnya, pada 2022, Kupu Sutera juga terpilih tampil dalam dua pameran kelas internasional, yakni pameran di ajang balapan Sirkuit Mandalika dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Indonesia.

Antok menjelaskan, ulat sutera eri dipilih sebagai bahan dasar produknya karena dianggap paling ramah lingkungan. Berbeda dengan ulat sutera jenis lain yang harus dimasak hidup-hidup untuk mengambil benangnya, benang dari ulat sutera eri hanya perlu diambil dari bekas kepompongnya yang sudah ditinggalkan.

“Jadi, kami tidak perlu membunuh ulat tersebut. Pengembangbiakannya juga mudah karena setelah jadi kupu-kupu akan menelur di kandang,” ungkapnya.

Selain sepatu, Kupu Sutera juga membuat tas, topi, dan baju dari benang sutera eri dengan pewarna alami dari ekstrak bunga dan tumbuh-tumbuhan. Produk-produk ini telah menarik perhatian banyak kalangan, mulai dari Presiden Joko Widodo, artis Helmy Yahya dan Noe Letto, hingga Runner Up II Putri Indonesia Adinda Cresheilla.

“Kebanyakan peminatnya memang menengah ke atas. Namun, saat ini, anak-anak muda mulai masuk juga karena sebentar lagi kami akan memproduksi secara massal dengan proses fabrikasi, tapi tetap dipadukan sebagian dengan cara manual,” ujarnya.

Direktur Utama BRI Sunarso menyampaikan bahwa PRS merupakan acara tahunan yang digelar oleh BRI sejak 2008 sebagai wadah pemberdayaan UMKM. Menurutnya, UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia yang perlu didorong pertumbuhannya dengan edukasi secara konsisten dan berkelanjutan.

“Setiap tahunnya, BRI menggelar PRS tak kurang di 300 titik di seluruh Indonesia dengan melibatkan kurang lebih 5.000 UMKM,” ujarnya.

Tahun ini, PRS akan digelar di 382 titik yang tersebar di seluruh Indonesia dengan menghadirkan lebih dari 150 UMKM binaan BRI unggulan di setiap daerahnya.

PRS di Pandaan, lanjut Sunarso, juga menghadirkan berbagai diskon dan pilihan produk UMKM unggulan, aneka jajanan kuliner, cek kesehatan dan sembako gratis, edukasi seputar bisnis dan literasi digital, wahana permainan dan kompetisi e-sport, panen hadiah, serta berbagai hiburan lain.

Kemeriahan PRS semakin lengkap dengan kehadiran beragam bintang tamu, mulai dari Via Vallen, Inul Daratista, Slank, Gigi, hingga Repvblik.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com