Advertorial

Dukung Rantai Pasok Industri Petrokimia Nasional, BRI Jalin Kerja Sama dengan Chandra Asri

Kompas.com - 31/08/2023, 09:42 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) untuk fasilitas pembiayaan bagi pelanggan polimer domestik Chandra Asri, Senin (21/8/2023).

Kerja sama tersebut merupakan salah satu program optimalisasi transaksi wholesale dalam mendukung akuisisi transaksi value chain yang dirancang khusus oleh BRI untuk sektor industri petrokimia nasional.

Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan BRI Agus Noorsanto mengatakan, kerja sama tersebut merupakan bentuk pengembangan bisnis kuat antara BRI dan Chandra Asri. Kerja sama ini juga menjadi komitmen BRI dalam memberikan solusi finansial terintegrasi dan inovatif bagi pelanggan.

“Kerja sama itu mendorong BRI untuk memberikan layanan dalam ekosistem bisnis Chandra Asri dari hulu ke hilir sehingga dapat menciptakan nilai tambah di segmen menengah, ritel, dan juga mikro,” kata Agus dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (30/8/2023).

Pemberian fasilitas pembiayaan tersebut, lanjut dia, juga menjadi upaya BRI untuk mendukung pemerintah dalam memperkuat hilirisasi industri dengan mengoptimalkan pengolahan bahan baku di dalam negeri.

“Semoga kerja sama tersebut dapat meningkatkan volume transaksi dan mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya pada sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kami juga optimistis, kerja sama ini dapat menunjang daya saing rantai nilai industri, mendorong stabilitas rantai pasok, dan memberikan nilai tambah pada produk petrokimia nasional,” jelas Agus

Untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan, Chandra Asri akan menilai pelanggan korporat secara cermat. Selanjutnya, Chandra Asri akan merekomendasikan pelanggan yang memenuhi kriteria kepada BRI untuk dapat mengaakses fasilitas pembiayaan tersebut.

Adapun fasilitas itu juga bisa didapatkan oleh konsumen yang membeli dari pelanggan langsung Chandra Asri.

Dalam kesempatan sama, Polymer Sales Director Chandra Asri Raymond Budhin menyambut baik kemitraan strategis dengan BRI.

Dia mengatakan, kolaborasi tersebut merupakan apresiasi bagi pelanggan Chandra Asri yang telah memilih kandungan produk dalam negeri untuk mendukung bisnis mereka.

“Inisiatif itu sejalan dengan komitmen Chandra Asri untuk menjadi mitra pertumbuhan yang mampu menjawab tantangan permintaan domestik dan mendukung industri hilir Indonesia secara berkelanjutan,” imbuh Raymond.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com