Kabar pariwisata

Hadir dengan Wajah Baru, TMII Gratiskan Pengunjung pada 1 September 2023 mulai Pukul 16.00 WIB

Kompas.com - 31/08/2023, 23:12 WIB

KOMPAS.com – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta meresmikan wajah baru dengan desain kekinian pada Jumat (1/9/2023). Untuk memeriahkan acara, pengunjung bisa berwisata secara gratis pada Jumat mulai pukul 16.00 WIB.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono menjelaskan, peresmian wajah baru TMII menjadi tonggak sejarah (milestone) bagi pariwisata Indonesia.

“Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadi bagian peresmian salah satu ikon pariwisata negeri. Cerita tentang Indonesia tak akan habis dijelajahi di sini,” ujar Maya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (31/8/2023).

Setelah direnovasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), TMII menghadirkan layanan yang lebih segar dan pengalaman yang lebih seru. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik pengunjung.

Maya mengatakan, dengan wajah baru itu, TMII menghadirkan sejumlah wahana dan atraksi-atraksi menghibur yang mengedepankan budaya Nusantara dan kreativitas anak bangsa.

“Salah satu atraksi unggulan TMII adalah Jagat Satwa Nusantara. Atraksi ini merupakan penegasan konsep tiga taman satwa yang selesai direvitalisasi, yaitu Taman Burung, Museum Komodo, serta Dunia Air Tawar dan Serangga,” jelas Maya.

Selain itu, TMII juga merevitalisasi wahana kereta gantung yang kini memiliki 81 kabin dan tiga stasiun. Dengan ikon TMII ini, pengunjung dapat melihat keindahan bentang alam Indonesia dari Sabang hingga Merauke lewat udara.

Kemudian, pengunjung juga bisa menyambangi Museum Indonesia yang menampilkan berbagai koleksi topeng khas daerah, baju adat nusantara, serta pameran kain tenun ikat dan wastra dari seluruh provinsi.

Di museum itu, pengunjung juga bisa melihat maket dan video gambaran Ibu Kota Negara yang merepresentasikan Indonesia masa depan.

Maya menuturkan, sebagai penampilan penutup pada peresmian wajah baru TMII, pengunjung akan disuguhi penampilan spektakuler “Tirta Cerita” di Danau Archipelago.

“Tirta Cerita merupakan atraksi air mancur menari (dancing fountain) yang menceritakan dongeng dan legenda rakyat khas Indonesia.Pertunjukan ini memadukan teknologi water screen, musik, lighting show, dan 300 drone show,” ucap dia.

Sejumlah musisi juga akan memeriahkan peresmian tersebut. Beberapa di antaranya adalah grup band Kotak dan penyanyi Tulus.

Untuk menyaksikan rangkaian acara tersebut, pengunjung bisa masuk lewat Pintu 1 TMII.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com