Advertorial

Cara Jaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil Saat Cuaca Panas Landa Indonesia

Kompas.com - 01/09/2023, 16:35 WIB

KOMPAS.com – Sejumlah wilayah di Indonesia dilanda cuaca panas akibat musim kemarau dan peningkatan suhu ekstrem bumi. Bahkan, beberapa wilayah juga menghadapi polusi udara yang membuat cuaca semakin panas. 

Kondisi tersebut berpotensi membuat anak kekurangan cairan atau dehidrasi. Dehidrasi sendiri bisa membuat fungsi tubuh anak berjalan secara normal. 

Dehidrasi akibat cuaca panas di Indonesia juga bisa menyebabkan perlambatan metabolisme dan perubahan suasana hati (mood) bagi anak. Bahkan, dehidrasi bisa mengganggu daya tahan tubuh sehingga anak gampang terserang penyakit. Padahal daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam mendukung tumbuh kembang anak.

Seperti diketahui, anak dengan daya tahan tubuh yang baik akan senantiasa sehat. Kondisi ini membuat mereka lebih leluasa melakukan beragam aktivitas, termasuk belajar. Alhasil, mereka pun dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal.

Tak hanya itu, dengan daya tahan tubuh baik, asupan nutrisi pada anak pun akan terserap secara optimal. Dengan demikian, kesehatan anak lebih terjaga.

Sementara, saat merasa tidak sehat, anak membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Di sisi lain, anak biasanya justru tidak nafsu makan. Kondisi ini justru membuat daya tahannya semakin menurun.

Nah, untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil selama cuaca panas ekstrem melanda, orangtua perlu memperhatikan lima hal berikut.

  1. Mengonsumsi cukup air

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), secara umum, anak berusia 1-3 tahun membutuhkan 1,3 liter air minum per hari. Sementara, anak berusia 4-8 tahun membutuhkan 1,7 liter air minum per hari.

Kebiasaan minum yang baik tidak hanya bermanfaat bagi imunitas serta tumbuh kembang anak, tetapi juga membantu anak lebih cermat, tanggap, dan memiliki performa yang baik.

Jadi, pastikan Si Kecil terpenuhi kebutuhan air minum per harinya ya, Bun.

  1. Menjaga kebersihan 

Salah satu strategi sederhana dan efektif untuk menjaga imunitas tubuh adalah menciptakan lingkungan yang bersih.

Ajarkan Si Kecil untuk menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari serta sering mencuci tangan sehabis bermain di luar, memegang hewan peliharaan, atau sebelum dan sesudah makan.

Selain itu, orangtua juga sebaiknya juga selalu menjaga kebersihan rumah. Sebab, anak biasanya lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah saat cuaca panas. 

  1. Membatasi aktivitas di luar ruangan

Aktivitas luar ruang memang memiliki manfaat besar bagi tumbuh kembang Si Kecil. Selain menstimulasi perkembangan fisik serta kognitif, aktivitas luar ruang juga dapat meningkatkan kemampuan sosialisasi dan kesehatan mental anak.

Namun, saat cuaca panas, aktivitas luar ruangan sebaiknya dibatasi, Bun. Pilih waktu saat matahari tidak terlalu terik, misal sebelum pukul 9 pagi atau setelah pukul 3 sore. Saat beraktivitas di luar ruangan, anak juga perlu menjaga asupan air minum.

  1. Tidur cukup

Jika anak kurang tidur, produksi sitokin dalam tubuhnya dapat terhambat. Sitokin merupakan protein yang berfungsi untuk melawan infeksi dan meredakan peradangan. Kondisi ini dapat membuat daya tahan tubuh Si Kecil melemah.

Oleh sebab itu, anak-anak dianjurkan tidur dengan cukup agar tetap sehat selama cuaca panas melanda.

Berdasarkan rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), anak-anak berusia 3-6 tahun membutuhkan waktu istirahat selama 11-13 jam. Sementara itu, anak-anak berusia 6-12 tahun membutuhkan tidur selama 8-9 jam.

Selain itu, Bunda harus bisa menciptakan suasana tidur yang nyaman untuk Si Kecil dengan membuat jadwal tidur secara teratur dan membangun rutinitas sebelum tidur, misalnya relaksasi atau membaca cerita.

Kemudian, orangtua juga sebaiknya mengatur jadwal makan anak agar tidak terlalu dekat dengan waktu tidur mereka. Ini mengantisipasi kerja pencernaan SI Kecil menjadi lebih berat.

Pastikan pula anak tidak diberi ataupun bermain gadget sebelum tidur. Sebab, aktivitas ini dapat mengganggu dan menunda waktu tidur anak. 

  1. Nutrisi seimbang

Menurut buku 50 Resep Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh karya Lenny Jusup, sistem ketahanan tubuh dipengaruhi oleh asupan vitamin dan mineral yang optimal.

Salah satu vitamin utama yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin A yang berfungsi sebagai pendongkrak pertahanan tubuh. Kemudian, vitamin B, khususnya B6, yang memengaruhi produksi antibodi pencegah infeksi. Ada pula vitamin C yang berperan sebagai peningkat imunitas.

Selain itu, Si Kecil juga membutuhkan asupan seperti protein, lemak, serat, dan karbohidrat yang cukup. Merujuk arahan Kemenkes, anak berusia 1-3 tahun membutuhkan asupan protein sebesar 20 gram, lemak 45 gram, serat 16 gram, dan karbohidrat sekitar 215 gram per hari. 

Sementara itu, anak berusia 4-6 tahun membutuhkan protein sekitar 25 gram, lemak 50 gram, serat 22 gram, dan karbohidrat 220 gram per hari. 

Kebutuhan nutrisi tersebut dapat dipenuhi dari makanan yang dikonsumsi Si Kecil. Untuk itu, pastikan kebutuhan nutrisinya tercukupi ya Bun. 

Guna mendukung pemenuhan nutrisi, orangtua juga dapat memberikan susu pertumbuhan ke dalam menu hariannya, seperti produk dari Morinaga MoriCare+ Triple Bifi. 

Susu pertumbuhan tersebut merupakan sinergi nutrisi yang mendukung kecerdasan multitalenta dan pertahanan tubuh ganda.

Morinaga MoriCare+ Triple Bifi dilengkapi probiotik Triple Bifi dan prebiotik GOS yang dapat meningkatkan jumlah probiotik bifidobakterium atau bakteri baik dalam usus sehingga kesehatan anak selalu terlindungi, terlebih saat cuaca panas ekstrem melanda. 

Untuk diketahui, Morinaga MoriCare+ Triple Bifi hadir dengan formula baru, yakni vitamin C, zink, dan vitamin A yang lebih banyak untuk membantu menjaga daya tahan tubuh Si Kecil, serta zero sugar

Susu pertumbuhan tersebut juga mengandung omega-3 dan omega-6, zat besi, serta arachidonic acid (AA) dan docosahexanoic acid (DHA) lebih tinggi. Kandungan ini dapat membantu anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan multitalenta. 

Sementara, kandungan magnesium, vitamin D, kalsium, dan mineral yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak juga terdapat dalam Morinaga MoriCare+ Triple Bifi. 

Yuk, jaga daya tahan tubuh Si Kecil selama cuaca panas agar tumbuh kembangnya tetap terjaga. Informasi lebih lanjut mengenai Morinaga MoriCare+ Triple Bifi bisa Anda dapatkan dengan mengeklik tautan ini.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com