Advertorial

Meriahkan HUT Ke-219 Klaten, Pemkab Klaten Gelar Pertunjukkan Wayang Kulit

Kompas.com - 02/09/2023, 14:57 WIB

 

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar pertunjukan wayang kulit dengan lakon Srikandi Tandang bersama dalang Ki Bagong Darmono, di Alun-alun Klaten, Jumat (1/9/2023). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-219 Klaten dan HUT ke-78 Republik Indonesia (RI).

Bupati Sri Mulyani menyampaikan bahwa pertunjukan wayang kulit bukan menjadi akhir rangkaian kegiatan HUT ke-219 Klaten dan HUT ke-78 RI.

“Sampai akhir tahun (2023) (kami) masih melanjutkan adanya event-event lagi, guna meningkatkan perekonomian usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar semakin sejahtera. Nantinya, masih ada sholawat bersama Habib Syech dan kegiatan Festival Reog,” ucapnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (19/8/2023).

Pernyataan tersebut disampaikan Sri Mulyani saat menghadiri pertunjukan wayang kulit bersama forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) Klaten, staf ahli Pemkab Klaten, Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Klaten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Klaten, camat serta kepala desa (kades) se-Kabupaten Klaten, dan masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Klaten itu menyerahkan 65 penghargaan dan hadiah kepada pemenang kejuaraan lomba dalam peringatan HUT ke-219 Klaten dan HUT ke-78 RI.

Adapun penghargaan yang diberikan antara lain adalah penghargaan Evaluasi Kinerja Kecamatan, penghargaan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Badan, Dinas, dan Kecamatan, serta penghargaan Industri Kecil Menengah (IKM) dan Penyelenggara Pelayanan Publik.

Sementara itu, kejuaraan lomba yang digelar antara lain adalah lomba Festival Dalang, Klaten Lurik Carnival, Karnaval Pembangunan, lomba Sepak Bola, dan Festival Perahu Rakit.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar pertunjukan wayang kulit dengan lakon Srikandi Tandang bersama dalang Ki Bagong Darmono, di Alun-alun Klaten, Jumat (1/9/2023).DOK. Humas Pemkab Klaten Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar pertunjukan wayang kulit dengan lakon Srikandi Tandang bersama dalang Ki Bagong Darmono, di Alun-alun Klaten, Jumat (1/9/2023).

Tak lupa, Sri Mulyani mengapresiasi ketua umum (ketum) yang telah menyelenggarakan seluruh rangkaian kegiatan HUT ke-219 Klaten dan HUT ke-78 RI.

“Luar biasa telah memberikan suguhan dan event-event yang sangat meriah,” katanya.

Sementara itu, Ketua II HUT ke-219 Klaten dan HUT ke-78 RI sekaligus Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan Olahraga, dan Pariwisata (Kadisbudporapar) Klaten, Sri Nugroho mengatakan bahwa kegiatan wayang kulit bertujuan untuk melestarikan kebudayaan dan sebagai warisan bangsa.

Selain wayang kulit dengan dalang Ki Bagong Darmono, kata dia, HUT ke-219 Klaten juga dimeriahkan oleh bintang tamu, seperti Petruk Sadebey, Bagong Glondor, Eka Kebumen, dan Uncek Sanusi.

“Kemudian ada pemberian reward (penghargaan dan kejuaraan) kepala OPD dan kecamatan,” imbuh Sri Nugroho.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com