Advertorial

Gelar PKU Akbar, PNM Berikan Literasi Keuangan untuk 1.000 Nasabah di Jepara

Kompas.com - 03/09/2023, 21:21 WIB

KOMPAS.com – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui Cabang Pati menggelar acara Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Akbar kepada 1.000 nasabah PNM Cabang Jepara, di Kota Jepara, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (2/9/2023).

Bertajuk "Implementasi Keluarga Sejahtera Membangun Ekonomi Merdeka di Bumi Kartini", kegiatan yang digelar di Gedung Pertemuan Pantai Bandengan itu merupakan salah satu komitmen PNM untuk menaikkelaskan nasabah ultramikro.

Selain itu, acara tersebut sekaligus sebagai ajang silaturahmi dengan para perempuan pelaku usaha ultramikro binaan PNM.

Untuk diketahui, sebagai perusahaan jasa keuangan nonbank, PNM berfokus pada pemberdayaan nasabah melalui pembiayaan dan pendampingan.

Pemberdayaan yang dilakukan PNM diarahkan pada peningkatan kesejahteraan nasabah, terutama pada pembangunan ekonomi, agar dapat menciptakan efek berganda terhadap pembangunan sosial dan pembangunan lingkungan. Salah satunya melalui literasi dan inklusi keuangan.

Pada kegiatan tersebut, para nasabah diberikan pelatihan terkait literasi keuangan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI dan Pegadaian sebagai bagian dari holding Ultramikro (UMi).

Nasabah diajarkan bagaimana cara mengatur keuangan untuk menabung dan membuka rekening. Seluruh peserta juga dibantu untuk pembuatan nomor induk berusaha (NIB), 650 nasabah dibukakan tabungan emas, serta sebanyak 100 ketua kelompok dijadikan agen Brilink Mekaar. Tujuannya, agar para nasabah mendapatkan penghasilan tambahan.

Sekretaris Perusahaan PNM L Dodot Patria Ary mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pembangunan global untuk membantu mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

"Oleh karena itu, pembangunan pilar ekonomi, sosial, dan lingkungan kepada nasabah PNM Mekaar terus kami perluas," papar L Dodot dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Minggu (3/9/2023).

Tidak hanya berisi pemberian literasi, acara tersebut juga diramaikan dengan pameran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) milik nasabah binaan PNM. Sejumlah produk UMKM yang unjuk gigi dalam acara tersebut, mulai dari kerajinan tas, kain batik, hingga kuliner.

Sebagai informasi, acara tersebut dihadiri acara oleh Pemimpin Cabang PNM Pati Leonardus Yosi T Himawan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Jepara Hery Yulianto, dan Deputi Direktur Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jateng DIY Tias Retnani.

Kemudian, hadir pula Manajer Bisnis Mikro BRI Cabang Jepara Elynawati, Deputi Bisnis RO Pati Agus Tri Hartono, dan Pemimpin Cabang Pegadaian Jepara Budi Utomo.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com