Advertorial

PNM Resmikan Pilot Project Kampung Madani ke-13 di Kabupaten Langkat

Kompas.com - 03/09/2023, 21:26 WIB

KOMPAS.com – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bekerja sama dengan Cabang PNM Medan meresmikan pilot project Kampung Madani ke-13 di Desa Kwala Besar, Kecamatan Sicanggang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, pada Rabu (23/8/2023).

Peresmian tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Langkat Sujarno, Camat Secanggang Persadanta Sembiring, dan Kepala Desa Kwala Besar Muhammad Amiruddin.

Terpilihnya Desa Kwala Besar sebagai salah satu wilayah Kampung Madani PNM pun disambut baik oleh Wakil Pemimpin PNM Cabang Medan Ocfa Indah Nasution.

“Menjadi daerah yang pada akhirnya terpilih untuk Kampung Madani tentu menjadi suatu kebanggaan bagi PNM Cabang Medan,” kata Ocfa melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (3/9/2023).

Sebagai informasi, PNM adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menghadirkan layanan untuk pemberdayaan nasabah melalui pembiayaan dan pendampingan.

Melalui pilot project Kampung Madani, PNM berupaya mendorong dan mengembangkan produktivitas para pelaku usaha atau nasabah yang aktif melalui berbagai kegiatan, mulai dari webinar, pembagian 50 paket gizi, pemeriksaan kesehatan gratis untuk 50 nasabah, hingga peresmian 154 Ruang Pintar di seluruh Indonesia.

Pilot project Kampung Madani juga turut membina masyarakat demi kemajuan ekonomi desa.Dok. PNM Pilot project Kampung Madani juga turut membina masyarakat demi kemajuan ekonomi desa.

Di Medan sendiri, program Kampung Madani berhasil terlaksana berkat 403 nasabah dengan portofolio pembiayaan yang mencapai Rp 1.144.920.000.

“Justru ini adalah awal dari program pengembangan kelompok pengusaha ultra mikro yang mandiri dan berkelanjutan,” kata Ocfa.

Selain Kampung Madani, PNM juga telah melakukan beberapa program penyaluran untuk masyarakat Indonesia, seperti Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dan Unit Layanan Modal Mikro (Ulamm).

Pada Juli 2023, tercatat ada 14,7 juta nasabah aktif yang berpartisipasi dalam Mekaar dan ULamm, dengan total pembiayaan yang tersalurkan mencapai Rp 34 triliun pada 4.490 kantor layanan di seluruh Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com