Advertorial

Punya Kinerja Positif, Taspen Terpilih sebagai Chairman of ACSPA dan Tuan Rumah ACSPF

Kompas.com - 04/09/2023, 17:58 WIB

KOMPAS.com – PT Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen terpilih sebagai Chairman of Asian Civil Service Pension Association (ACSPA) dan tuan rumah Asian Civil Service Pension Forum (ACSPF) yang berlangsung pada Kamis (31/8/2023) hingga Jumat (1/9/2023).

Pemilihan Taspen sebagai Chairman of ACSPA dan tuan rumah ACSPF menjadi bukti bahwa badan usaha pengelola dana pensiun dan asuransi bagi para aparatur sipil negara (ASN) itu memiliki reputasi yang kredibel di tingkat internasional.

Hal tersebut terlihat dari imbal hasil investasi atau yield on investment (YOI) perusahaan yang mengalami kenaikan rata-rata 27,72 persen di atas industri dalam lima tahun terakhir.

“Kami bersyukur dapat mencapai kinerja yang setara dengan pengelola dana pensiun di negara-negara Asia sehingga dipercaya sebagai Chairman of ACSPA dan menjadi tuan rumah dari ACSPF,” tutur Direktur Utama Taspen Antonius Nicholas Stephanus Kosasih dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (4/9/2023).

Capaian tersebut, lanjutnya, merupakan wujud komitmen Taspen yang senantiasa menerapkan tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG) dengan berpedoman pada aturan-aturan yang ditetapkan oleh lembaga berwenang.

Tak sekadar mencatatkan kinerja positif, hasil audit secara periodik yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) selama lima tahun terakhir juga tidak didapati temuan material terkait investasi ataupun operasional.

Dalam pelaksanaan investasi dan pengelolaan seluruh program, Taspen selalu mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, Taspen juga selalu memberikan laporan pengelolaan dana investasi kepada Kementerian Badan Usaha Milik negara (BUMN), Kemenkeu, dan OJK secara periodik.

Pengelolaan investasi tersebut menjadi salah satu agenda penting yang dibahas bersama seluruh anggota ACSPA pada kegiatan ACSPF yang merupakan bagian rangkaian ASEAN Summit di Jakarta.

Kosasih menambahkan, Taspen selalu menerapkan prinsip Pastikan Aman, Hasil, Andal, Likuid dan Antisipatif (PAHALA) dalam strategi investasinya.

Lewat strategi tersebut, Taspen memastikan bahwa investasi yang dilakukan selalu berdasarkan perhitungan tingkat risiko (Aman), investasi dapat menghasilkan yield/return yang optimal (Hasil), instrumen yang digunakan tepat melalui analisis (Andal), instrumen investasi mudah dicairkan (Likuid), dan pengalokasian aset-aset investasi dengan memperhatikan kondisi pasar terkini (Antisipatif).

Dengan menerapkan strategi itu, sebagian besar dana kelolaan Taspen per Juni 2023 dialokasikan pada instrumen obligasi pemerintah sebesar 60 persen, deposito 16 persen, obligasi korporasi 9 persen, reksa dana 7 persen, dan saham 4 persen.

Kemudian, surat utang jangka menengah 2 persen dan instrumen lain 2 persen, seperti investasi langsung, entitas asosiasi, properti, serta efek beragun aset.

“Taspen berkomitmen untuk selalu amanah dalam mengelola dana peserta dan pensiunan ASN dengan meningkatkan produktivitas dan efisiensi usaha sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada peserta dan seluruh pemangku kepentingan,” terang Kosasih.

Dengan pengalaman yang sudah terbukti dalam memberikan pelayanan bagi ASN selama 60 tahun, Taspen berkomitmen akan terus melakukan pembenahan.

Taspen juga akan mendekatkan diri dengan peserta melalui 57 kantor cabang, 45 mitra bayar, lebih dari 17.000 titik layanan fisik, dan lebih dari 3.000.000 titik layanan digital.

Saat ini, Taspen tengah melayani 3,72 juta ASN aktif dan 3,03 juta pensiunan ASN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com