Advertorial

Gelar E-Commerce Expo 2023, SIRCLO Group Dorong Transformasi Digital bagi Pelaku Usaha

Kompas.com - 05/09/2023, 12:44 WIB

 

KOMPAS.com - SIRCLO dan Meet Magento Indonesia (MMID) menggelar E-Commerce Expo 2023: powered by SIRCLO di QBIG Convention Hall, BSD City, Tangerang, pada Jumat (25/8/2023) dan Sabtu (26/8/2023).

Mengusung tema “Building for the Future” (Membangun Masa Depan), pameran e-commerce pertama dan terbesar di Indonesia itu dihadiri 2.000 peserta.

E-Commerce Expo 2023 memberikan wawasan praktis mengenai tren digital terkini melalui 50 pakar dari beragam industri, mulai dari Adobe, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Sinar Mas Land, Bio Farma, Oriflame, Statista, hingga IKEA Indonesia.

Pada pembukaan acara, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengatakan bahwa melesatnya pertumbuhan e-commerce menuntut para pelaku usaha untuk berkembang dan lebih inovatif lagi.

“Tren pertumbuhan e-commerce di Indonesia yang melesat telah menjadi katalisator bagi sektor ekonomi kreatif agar pelaku usaha memperoleh akses ke pasar yang lebih luas,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (4/8/2023).

Ia berharap, E-Commerce Expo yang diselenggarakan oleh SIRCLO dapat mendorong kesadaran para pelaku usaha dari berbagai skala terhadap potensi e-commerce.

“(Dengan begitu), tercipta ruang kolaboratif yang dapat membantu mereka tetap unggul dan mencapai sustainable growth,” imbuhnya.

Guna mendukung akselerasi transformasi digital bagi seluruh pelaku usaha, acara tersebut dibagi ke dalam tiga tema besar, yaitu Business, Technology, dan Innovation. Masing-masing tema membahas topik-topik yang bervariasi, mulai dari tren daring terkini, strategi bisnis omnichannel, e-commerce, social dan live commerce, hingga digital marketing.

Tak hanya itu, acara tersebut juga menghadirkan berbagai mitra strategis dalam ekosistem SIRCLO sebagai exhibitor. Hal ini memungkinkan para peserta untuk memperluas jaringan dan kolaborasi guna menyokong kemajuan usaha secara kolektif.

Sebagai salah satu mitra strategis SIRCLO, Bio Farma Group turut mendukung acara ini melalui keterlibatan sebagai mitra. Perusahaan ini juga menghadirkan pembicara yang membahas transformasi digital di dunia healthcare.

CPO Divisi SBU Digital Service Ecosystem & Enterprise IT Bio Farma Group OT Ponangsera menuturkan, acara tersebut sangat membantu para pelaku bisnis dalam memasuki dunia digital.

“Kami mengapresiasi SIRCLO dan MMID atas penyelenggaraan E-Commerce Expo 2023 karena telah mewadahi sinergi antara pakar industri e-commerce dengan pelaku bisnis dalam memasuki dunia digital. Hal ini selaras dengan visi Bio Farma Group sebagai Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Farmasi untuk menciptakan inovasi penyediaan produk farmasi dan layanan kesehatan yang terintegrasi di Indonesia,” jelasnya.

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan bahwa proses transformasi Bio Farma Group sangat terintegrasi dengan baik.

“Keterlibatan kami diharapkan dapat memberikan wawasan case study terkait upaya Bio Farma Group saat melakukan transformasi digital guna mendukung pembangunan digital healthcare yang terintegrasi dengan semangat kolaborasi dengan semua pihak,” tambahnya.

Ia memaparkan, Bank Indonesia (BI) memproyeksikan transaksi e-commerce mencapai hingga Rp 572 triliun pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan bahwa geliat ekonomi digital bergerak semakin pesat.

Berkaca dari prediksi tersebut, Founder dan CEO SIRCLO Group Brian Marshal berharap, wawasan yang telah diberikan dapat membantu para pelaku usaha untuk mampu bersaing secara kompetitif dan berkelanjutan.

“Kami berharap, SIRCLO dapat terus memberikan dampak nyata dan berkelanjutan bagi para pelaku bisnis, di antaranya dengan mendukung digitalisasi bisnis mereka,” katanya.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) pada 2021, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia telah menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar 61,07 persen serta menyerap 97 persen dari total angkatan kerja.

Untuk itu, kata Brian, penting bagi E-Commerce Expo 2023 untuk menghadirkan pelaku dalam ekosistem digital yang memiliki misi untuk memberdayakan UMKM, yaitu Social Bread Indonesia.

VP Relations & Business Support Social Bread Rio Ardhillah mengatakan, pihaknya turut mendukung acara tersebut dengan terlibat sebagai community partner dan pembicara dalam sesi pelatihan “Growth Hack Strategies for Local SMEs”.

Pelaku UMKM, lanjutnya, tetap harus selalu didampingi dan disertai dengan wawasan digitalisasi agar tidak mudah tergerus oleh perubahan tren.

“Maka dari itu, semakin penting bagi para pemilik bisnis untuk terus beradaptasi sesuai dengan perkembangan kondisi pasar yang begitu dinamis. Dalam kesempatan ini, Social Bread Indonesia bermitra dengan SIRCLO untuk mendukung kemampuan UMKM agar dapat go digital secara efektif dengan mendalami strategi-strategi pemasaran terkini, di antaranya berjualan melalui fitur live commerce,” tuturnya.

Dalam rangka mendorong percepatan digitalisasi UMKM, E-Commerce Expo 2023 menutup rangkaian acara dengan pengumuman pemenang kompetisi Panen Omset. Kompetisi ini merupakan sebuah program yang diinisiasi oleh SIRCLO dan didukung oleh Maybank Syariah untuk membantu pelaku UMKM dalam bertransformasi digital, mulai dari pelatihan hingga pendampingan dari para pakar dalam bidangnya.

Selain itu, keberhasilan acara E-Commerce Expo 2023 juga tidak terlepas dari dukungan penuh berbagai mitra strategis ternama, yaitu Digital Hub, Sinar Mas Land, Vesta.io, Huawei, Largo, TADA, Bio Farma Group, Hyva, Bespin Global, Fresh Factory, Kamadjaja Logistics, Maybank Syariah, Eranyacloud, BaliFiber, Kompas TV, dan Kompas.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com