Advertorial

Teken Kerja Sama dengan PT Bina Karya, Alfamart Siap Penuhi Kebutuhan Pokok Masyarakat IKN

Kompas.com - 06/09/2023, 14:23 WIB

KOMPAS.com - Pengelola jaringan ritel modern Alfamart, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, menandatangani kesepakatan kerja sama dengan PT Bina Karya (Persero) selaku Badan Usaha Otorita Ibu Kota Negara (IKN) di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Penandatangan tersebut dilakukan oleh Property and Development Director Alfamart Hans Harischandra bersama Direktur Utama PT Bina Karya Boyke P Soebroto.

Sebagai informasi, penandatangan kerja sama tersebut merupakan wujud kesiapan Alfamart untuk berinvestasi dan menjadi mitra usaha ritel sektor komersial niaga di IKN.

Setidaknya, ada tiga bentuk investasi dan kemitraan usaha ritel yang bakal dijalankan Alfamart dalam kesepakatan tersebut.

Pertama, pembangunan, pengoperasian, dan komersialisasi gudang pusat distribusi barang ke gerai-gerai.

Kedua, kemitraan usaha ritel yang melibatkan masyarakat sekitar IKN. Kemitraan ini akan menggunakan jenama lokal yang disebut Kerja Sama Operasi Ekonomi Berbagi (KASOEBI).

Ketiga, pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal melalui penyediaan produk-produk di gerai dan kesempatan usaha mandiri melalui program tenant.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan, sebagai perusahaan ritel modern terkemuka di Indonesia, pihaknya merasa bangga bisa ikut membangun ekosistem sosial di IKN.

“Kami bangga bisa berkontribusi di IKN. Ritel adalah salah satu sektor penting karena bertugas sebagai tempat pemenuhan kebutuhan pokok atau sehari-hari untuk masyarakat. Kehadiran ritel tentu menjadi pondasi dasar untuk kehidupan sosial di sana,” ujar Solihin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (6/9/2023).

Solihin menambahkan, investasi Alfamart di IKN bukan soal bisnis semata, tetapi juga berorientasi kepada pemberdayaan potensi usaha kecil dan sumber daya manusia lokal.

“Lihat saja, kerja sama gerai yang kami buka itu menggandeng pengusaha setempat. Produk-produknya juga mengambil dari hasil produksi lokal dan tenaga kerja putra-putri daerah kami ajak sehingga membantu mereka menumbuhkan jiwa wirausaha mandiri,” ucap Solihin.

Sementara itu, Boyke sangat berterima kasih atas kesediaan Alfamart yang bersedia membantu membangun ekosistem sosial di IKN.

“Kami bisa melihat sejumlah lokasi yang pas untuk membangun gerai karena Bina Karya punya segala data mengenai lahan-lahan mana yang bisa dimanfaatkan untuk pusat distribusi dan minimarket,” terang Boyke.

Setelah penandatanganan kerja sama dibuat, lanjut Boyke, pihaknya langsung menyiapkan tim kecil yang fokus pada perencanaan dan upaya realisasi.

“Kami juga terbuka untuk bekerja sama dengan siapa pun dan unit apa pun. UMKM menjadi salah satu target untuk menjadi salah satu rekan bisnis kami,” kata Boyke.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com