Advertorial

BPJS Kesehatan Sabet Penghargaan dalam Ajang Top GRC Awards 2023

Kompas.com - 07/09/2023, 16:28 WIB

KOMPAS.com - BPJS Kesehatan meraih predikat “5 Star” dalam ajang Top Governance, Risk, and Compliance (GRC) Awards 2023 pada Rabu (6/9/2023).

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap lembaga atau perusahaan yang berkinerja unggul dalam menerapkan tata kelola, manajemen risiko, dan kepatuhan. Penghargaan ini menjadi bukti nyata komitmen BPJS Kesehatan untuk menjalankan praktik tata kelola lembaga yang baik.

Raihan predikat 5 Star dalam Top GRC Awards 2023 menjadi bukti bahwa BPJS Kesehatan telah unggul dalam sistem, infrastruktur, implementasi good corporate governance (GCG), manajemen risiko, manajemen kepatuhan , serta pemanfaatan teknologi digital.

Prestasi tersebut menempatkan BPJS Kesehatan di level exceptional, mendukung keberhasilan implementasi GRC, dan berkontribusi pada peningkatan kinerja organisasi yang berkelanjutan.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti mengatakan, kesuksesan dalam menghadapi tantangan-tantangan GRC yang kompleks telah menempatkan BPJS Kesehatan pada level yang sangat luar biasa.

“Dengan pemanfaatan teknologi digital yang inovatif, BPJS Kesehatan telah memperkuat tata kelola organisasi, manajemen risiko yang efektif, dan pemenuhan berbagai peraturan dan ketentuan yang berlaku," katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (7/9/2023).

Pada ajang tersebut, Ghufron menerima penghargaan eksklusif sebagai “The Most Committed GRC Leader 2023”. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmen yang tak tergoyahkan dalam mendukung kelengkapan sistem dan infrastruktur GRC di BPJS Kesehatan.

"Keberhasilan dalam mencapai penghargaan 5 Star tidak terlepas dari komitmen kuat BPJS Kesehatan untuk menjadikan GRC sebagai inti dari strategi bisnis organisasi. Tanpa dukungan dan komitmen tinggi dari seluruh Duta BPJS Kesehatan, sistem, infrastruktur, dan implementasi GRC yang baik, hal ini tidak akan bisa dicapai," ujar Ghufron.

Kehadiran TOP GRC Awards diharapkan terjadi peningkatan kesadaran dan komitmen seluruh pemangku kepentingan dalam penerapan GRC.

“Kunci untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan adalah dengan praktik tata kelola yang baik, manajemen risiko yang cerdas, dan pemenuhan ketat terhadap peraturan. BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanannya dan mempertahankan standar keunggulan dalam semua aspek GRC,” ucap Ghufron.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG) Mardiasmo menyampaikan bahwa implementasi GRC dapat membantu organisasi mencapai tujuan dengan berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Menurutnya, implementasi GRC menjadi kunci untuk mencapai keberhasilan dan beroperasi dengan efisien dalam lingkungan bisnis yang semakin kompleks.

"Hal ini juga memungkinkan organisasi untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis dan regulasi yang terus berubah. Selain itu, GRC juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam sebuah organisasi atau perusahaan," jelas Mardiasmo.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri Top GRC Awards 2023 Antonius Alijoyo mengatakan, jika implementasi GRC semakin efektif, maka kinerja bisnis lembaga atau perusahaan di Indonesia akan tetap aman dan tumbuh dengan baik.

“Kepercayaan masyarakat (terhadap lembaga atau perusahaan) akan tetap terjaga dan bahkan meningkat (jika implementasi GRC berjalan efektif),” jelasnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com