Advertorial

IndonesianGP 2023 Siap Suguhkan Balapan MotoGP Seru dan Deretan Side Event Menarik

Kompas.com - 08/09/2023, 21:48 WIB


KOMPAS.com – Ajang balap motor MotoGP kembali menyambangi Indonesia. Bertitel Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP) 2023, Francesco “Pecco” Bagnaia, Marc Marquez, Jorge Martin, Marco Bezzecchi, Fabio Quartararo, dan pebalap lain akan beradu cepat di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (13/10/2023) hingga Minggu (15/10/2023).

Penyelenggaraan tahun ini sedikit berbeda ketimbang 2022. Pasalnya, Dorna menyuguhkan Sprint Racepada Sabtu pukul 15.00 WITA setelah sesi kualifikasi.

Dengan jumlah lap yang lebih pendek, para pebalap di kelas “para raja” atau MotoGP akan menggeber motor secara habis-habisan tanpa menghiraukan konsumsi ban untuk menjadi yang tercepat.

Apalagi, Sprint Race menyediakan poin bagi pemenang hingga posisi kesembilan. Poin ini akan turut menentukan perebutan juara dunia MotoGP.

Selain kelas MotoGP, seri ke-15 dari total 21 seri ini juga akan melombakan kelas Moto3 dan Moto2. Balapan di kedua kelas feeder ini juga tak kalah menarik dengan kelas MotoGP.

Persiapan maksimal

Untuk menyiapkan IndonesianGP 2023 menjadi event balap menarik, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menggandeng perusahaan penyelenggara acara terkemuka di Tanah Air, yakni Dyandra & Co, sebagai co-promotor.

Sejumlah upaya pun dilakukan sebagai langkah persiapan. Salah satunya adalah peningkatan infrastruktur sirkuit, termasuk perluasan jalur, peningkatan area parkir, dan fasilitas bagi para penonton.

Pihak MGPA dan Dyandra & Co juga memastikan bahwa penonton IndonesianGP 2023 mendapatkan pengalaman terbaik pada seri balap kali ini.

Berkaca pada perhelatan MotoGP 2022, penyelenggara melakukan sejumlah perbaikan signifikan untuk memitigasi masalah kemacetan transportasi sebelum MotoGP 2023 digelar.

Penyelenggara mempersiapkan empat pintu untuk akses masuk ke area Pertamina Mandalika International Circuit. Dengan demikian, akses penonton lebih mudah dan teratur untuk keluar ataupun masuk area sirkuit.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC selaku pengembang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika telah melakukan kesiapan infrastruktur dasar kawasan, seperti akses jalan kawasan, trotoar, penerangan jalan umum (PJU), area parkir, serta jaringan utilitas (listrik, air bersih, dan internet). Dok. MotoGP PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC selaku pengembang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika telah melakukan kesiapan infrastruktur dasar kawasan, seperti akses jalan kawasan, trotoar, penerangan jalan umum (PJU), area parkir, serta jaringan utilitas (listrik, air bersih, dan internet).

Ruas jalan menuju sirkuit juga telah diperluas agar dapat dilalui oleh dua mobil sejajar dalam dua arah.

Perbaikan juga dilakukan dari aspek akomodasi sebagai salah satu hal fundamental. Tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB telah mengatur zona tarif hotel pada saat penyelenggaraan IndonesianGP 2023 melalui Peraturan Gubernur (Pergub) NTB Nomor 9 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Akomodasi.

Penyelenggara juga menjalin kerja sama dengan travel agent untuk memberikan harga paket akomodasi. Salah satunya melalui keikutsertaan dalam acara ASTINDO Travel Fair dengan memberikan harga dan promo menarik.

Dorong partisipasi masyarakat

IndonesianGP 2023 bukan sekadar ajang balapan biasa. Gelaran balap motor ini juga bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat Indonesia dalam semangat “Bangga Berwisata di Tanah Air”.

Selama menonton gelaran IndonesianGP 2023, pengunjung dapat merasakan kegembiraan serta kesempatan untuk mengeksplorasi potensi wisata Indonesia.

Untuk itu, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC selaku pengembang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika telah melakukan kesiapan infrastruktur dasar kawasan, seperti akses jalan kawasan, trotoar, penerangan jalan umum (PJU), area parkir, serta jaringan utilitas (listrik, air bersih, dan internet).

Selain itu, ITDC juga menyediakan Bazaar The Mandalika yang menjadi area bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), traffic management, sistem pengamanan, manajemen pemadam kebakaran, penanganan sosial dan pengendali satwa, waste management, serta transportasi kawasan.

Persiapan tersebut dilakukan guna menjamin kenyamanan pengunjung, turis, dan penonton saat beraktivitas di dalam kawasan, baik untuk menonton ajang balap di Pertamina Mandalika International Circuit maupun berwisata di Mandalika yang merupakan salah satu dari lima destinasi wisata superprioritas.

Deretan side event

Tidak hanya itu, ada pula side event menarik yang diinisiasi Dyandra & Co, yakni Mandalika Beats. Acara ini merupakan konser musik yang dimeriahkan deretan musisi kenamaan, seperti Hydro Koplo, Tipe-X, dan Netral, serta musisi lokal Amtenar.

Program acara lain pun disiapkan, seperti Bikers Lot. Program untuk pencinta otomotif ini berisikan pameran dari brand-brand otomotif kendaraan roda dua bagi pengunjung dan penggemar otomotif.

Dyandra & Co juga menyiapkan program test ride bagi pengunjung yang ingin mencoba kendaraan roda dua.

Guna mendukung side eventco-promotor juga telah menyiapkan area “Fuel-Up” bagi tenant food and beverages bagi pengunjung.

Tak sabar menonton IndonesianGP 2023 secara langsung di Mandalika? Kini tiket telah dapat dibeli melalui situs website resmi www.race.themandalikagp.com.

Ada lima kategori tiket MotoGP Mandalika 2023 yang ditawarkan, yakni VIP Suites dibanderol mulai dari Rp 20.000.000, Premium Grandstand seharga mulai dari Rp 1.000.000, dan Regular Grandstand mulai dari harga Rp 650.000.

Selain itu, Grandstand J - #WEARE93 dibanderol seharga mulai dari Rp 2.300.000 dan Festival - GA seharga Rp 250.000.

Bagi Anda yang tinggal di NTB, ada penawaran spesial potongan harga sebesar 10 persen untuk tiket kelas Festival - GA pada Sabtu (14/10/2023).

Caranya mendapatkan penawaran itu mudah. Cukup kunjungi Ticket Box di Lombok Epicentrum Mall dengan membawa kartu tanda penduduk (KTP) sebagai bukti bahwa Anda adalah warga NTB.

Jadi, jangan sampai melewatkan keseruan dan aksi balap penuh adrenalin di Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP) 2023!

Informasi lebih lengkap mengenai MotoGP 2023 – Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP) kunjungi situs https://www.themandalikagp.comserta akun Instagram @themandalikagp.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com