Advertorial

KTT Ke-43 ASEAN Ditutup, Presiden Jokowi: Tugas Kita Belum Selesai

Kompas.com - 11/09/2023, 16:43 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo resmi menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang diadakan di Jakarta, Kamis (7/9/2023). Di pidatonya, Presiden menyatakan, penyerahan “tongkat estafet” keketuaan ASEAN ke Laos tidak menandakan bahwa tugas Indonesia selesai.

Kawasan Asia Tenggara, kata Presiden, akan terus menghadapi berbagai macam dinamika dan kompleksitas tantangan global. Untuk itu, Presiden mengajak semua anggota ASEAN untuk terus bahu-membahu, menavigasi tantangan menjadi peluang, menavigasi rivalitas menjadi kolaborasi, menavigasi eksklusivitas menjadi inklusivitas, serta menavigasi perbedaan menjadi persatuan.

“Kita harus menjadi nakhoda di kapal kita sendiri, dan ini saatnya tongkat keketuaan diserahkan ke Laos," ujar Presiden Jokowi dalam siaran pers yang diterima Kompas.om, Senin (11/9/2023).

Presiden Jokowi pun menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pemimpin negara dan tamu yang hadir.

"Selama tiga hari ini, 12 pertemuan KTT telah diselenggarakan dan telah menghasilkan 90 dokumen outcome dan sejumlah kesepakatan-kesepakatan konkret dengan mitra,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menambahkan, selama pertemuan, ia menangkap optimisme dan energi positif dari seluruh yang hadir. Hal tersebut menguatkan harapan dan semangat ASEAN untuk terus melanjutkan perjuangan mewujudkan kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera.

Ia melanjutkan, KTT Ke-43 ASEAN juga menjadi momentum untuk semakin memperkuat kawasan Indo-Pasifik sebagai teater perdamaian dan integrasi.

“Itu adalah fondasi kunci yang akan mengantarkan ASEAN ke masa depan yang lebih baik untuk rakyat dan dunia,” katanya.

Menurut Jokowi, hal itulah yang menjadi esensi Keketuaan Indonesia, yakni menjadikan ASEAN sebagai epicentrum of growth.

Presiden Jokowi pun meminta negara-negara ASEAN untuk terus bekerja sama dalam membangun ASEAN yang damai dan makmur serta menjadikan dunia lebih baik untuk semua.

"Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan terhadap Keketuaan Indonesia di 2023. Dengan demikian, KTT Ke-43 ASEAN dan KTT lainnya secara resmi saya tutup," tutur Presiden Jokowi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com