Advertorial

Bupati Klaten Optimistis Angka Stunting Turun Jadi 11 Persen pada 2024

Kompas.com - 12/09/2023, 11:24 WIB

KOMPAS.com – Bupati Klaten Sri Mulyani optimistis angka stunting di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, bisa turun menjadi 11 persen pada 2024. Untuk mencapai target tersebut, ia mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam menangani masalah gizi buruk pada anak-anak.

Hal itu ia sampaikan saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Upaya Percepatan Penurunan Stunting di Pendapa Ageng Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), Senin (11/9/2023).

Sri mengatakan, prevalensi stunting di Kabupaten Klaten saat ini sebesar 15,36 persen dan menempati peringkat ke-6 di Provinsi Jateng.

Meski hal tersebut merupakan capaian baik, ia tetap meminta agar seluruh pihak tidak berpuas diri dan terus berupaya meningkatkan kualitas gizi anak-anak.

“Kita harus optimistis dan semangat untuk mewujudkan target penurunan stunting hingga 11 persen. Untuk itu, kita harus menyusun perencanaan yang baik, mulai dari kegiatan, penganggaran, pengawasan, hingga pengendalian. Fokuskan lagi ke sasaran yang tepat dan perlu tindakan menyeluruh ke tingkat desa, rukun tetangga (RT), dan keluarga,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (12/9/2023).

Salah satu langkah strategis yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten adalah menggandeng Kantor Urusan Agama (KUA) dan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS).

Sri menjelaskan, KUA memiliki peran penting dalam memberikan edukasi kepada calon pengantin tentang pentingnya mempersiapkan diri dan keluarga dalam mengasuh anak agar terhindar dari stunting.

“Ini merupakan salah satu upaya bersama. Pencegahan dilakukan sejak dari dini, yaitu edukasi kepada calon pengantin,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) Klaten Muh Nasir mengatakan, rapat tersebut bertujuan untuk meningkatkan koordinasi TPPS dan mengevaluasi hambatan yang ditemui dalam upaya penurunan stunting.

“Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bahan masukan untuk penyusunan rencana aksi TPPS pada 2024,” tambahnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com