Advertorial

Mewah, Begini Kelebihan serta Kenyamanan Interior dari Mitsubishi XFORCE

Kompas.com - 12/09/2023, 11:57 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com – Usai diluncurkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Mitsubishi XFORCE langsung mencuri perhatian dari para pecinta otomotif Tanah Air.

Selain punya bodi sporty nan elegan serta mesin yang mumpuni, kendaraan berjenis compact sport utility vehicle (SUV) itu juga didukung ruang kabin yang mewah serta sejumlah fitur yang mampu menghadirkan kenyamanan berkendara.

Tim Kompas.com pun berkesempatan menjajal secara langsung kemewahan interior Mitsubishi XFORCE saat pihak Mitsubishi mengadakan kegiatan test drive di Bridgestone Paving Ground, Karawang, Jawa Barat, Kamis (7/9/2023).

Saat pertama kali masuk ke dalam mobil tersebut, kesan mewah langsung terasa. Hal ini tak terlepas dari desain kabin yang hadir dengan sentuhan modern dan didominasi warna hitam.

Pada kabin pengemudi, kemewahan dapat dirasakan melalui kehadiran driver display digital berukuran 8 inci.

Kesan mewah juga tampak pada bagian kemudi. Setir dari Mitsubishi XFORCE punya desain yang elegan dan telah dilengkapi dengan fitur tilt and teleskopik.

Fitur tersebut dapat membantu pengendara untuk menyesuaikan posisi setir mobil, baik naik atau turun. Dengan demikian, posisi menyetir bisa menjadi lebih nyaman sesuai preferensi yang diinginkan.

Tak hanya itu, kemewahan juga terpancar berkat keberadaan head unit digital berukuran 12,3 inci yang ditempatkan di bagian tengah dasbor.

Head unit tersebut bisa membantu pengendara dalam mengakses berbagai hal, mulai dari informasi kendaraan, tekanan udara ban, kapasitas aki, perhitungan konsumsi bahan bakar, hingga penilaian cara berkendara.

Seperti head unit pada umumnya, perangkat itu juga bisa tersambung dengan berbagai perangkat lain, seperti smartphone, melalui Bluetooth.

Di bawah head unit itu terdapat sepasang saluran air conditioner (AC) dan sejumlah tombol pengaturan untuk mengoperasikan perangkat tersebut.

Untuk diketahui, sistem pendingin dari Mitsubishi XFORCE hadir dengan inovasi canggih berupa AC Dual Zone yang dilengkapi dengan teknologi NanoeX. Berkat teknologi ini, udara di dalam kabin bisa terjaga kemurnian dan kebersihannya.

Teknologi NanoeX menggunakan partikel air kecil untuk menghasilkan ion yang mampu menghilangkan partikel-partikel kecil, seperti bakteri, virus, dan bau tidak sedap di dalam kabin.

Penampilan dasbor dari Mitsubishi XFORCE. Dok. Kompas.com/Erlngga Satya Penampilan dasbor dari Mitsubishi XFORCE.

Kemudian, salah satu kejutan lain yang dihadirkan Mitsubishi pada kendaraan tersebut adalah keberadaan console box yang dilengkapi dengan cooling function untuk membuat minuman tetap dingin.

Kotak tersebut terletak di bagian belakang pengaturan transmisi atau berada di tengah kursi pengemudi dan penumpang depan.

Beralih ke bagian belakang, Mitsubishi XFORCE memiliki kabin penumpang yang cukup lega. Hal ini terasa berbeda jika dilihat dari luar.

Saat pertama melihat dari luar, tim Kompas.com merasa kabin belakang dari kendaraan tersebut sangatlah kecil. Namun, hal berbeda justru dirasakan setelah memasuki kendaraan ini. Leg room dan head room pun terasa nyaman.

Meski kabin belakang diisi tiga orang, penumpang masih merasa nyaman lantaran memiliki tiga headrest. Kemudian, bila kursi tengahnya kosong, ada headrest portable yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kenyamanan.

Keunggulan lain dari interior Mitsubishi XFORCE adalah sandaran joknya yang bisa direbahkan hingga delapan tahap. Hal ini menjadi kelebihan Mitsubishi XFORCE ketimbang para kompetitornya.

Kualitas audio memadai

Selain desain dan berbagai fitur unggulan, bagian audio juga menjadi keunggulan XFORCE. Sistem audio Mitsubishi XFORCE mampu menghasilkan kualitas suara yang menggelegar karena menggunakan Dynamic Sound Yamaha Premium.

Saat mencoba speaker tersebut, tim Kompas.com merasa seperti berada di tengah konser. Pasalnya, suara yang dihasilkan jernih dan bass-nya terasa.

Adapun Dynamic Sound Yamaha terdiri dari delapan speaker yang dilengkapi dengan tweeter pada pilar A pada kedua sisi, woofer di pintu depan, dan speakercoaxial dua arah di pintu belakang.

Product Appeal Evaluation Department Mitsubishi Motors Masahiro Tamura mengatakan, kerja sama yang dilakukan Mitsubishi dan Yamaha adalah bentuk upaya dari kedua pihak untuk menghasilkan produk terbaik.

Penampilan kursi penumpang dari Mitsubishi XFORCE dan speaker Dynamic Sound Yamaha. Dok. Kompas.com/Erlangga Satya Penampilan kursi penumpang dari Mitsubishi XFORCE dan speaker Dynamic Sound Yamaha.

“Mitsubishi mau membuat mobil terbaik dan Yamaha ingin sistem musik terbaik di kendaraan. Jadi, ini adalah kolaborasi terbaik,” ujar Tamura saat presentasi tentang Drive Mode Mitsubishi XFORCE, Kamis.

Sementara itu, sound meisters yang merancang Dynamic Sound Yamaha, Kiyoshi Yamaki, menjelaskan bahwa sistem audio tersebut dilahirkan karena pihaknya ingin mengejawantahkan keinginan para musisi dalam menampilkan suara musik dengan sebaik dan semurni layaknya menonton pertunjukan di panggung.

“Dengan begitu, pengemudi atau penumpang Mitsubishi XFORCE bisa merasakan kualitas suara dan pengalaman mendengar musik berkelas, meski hanya dilakukan di dalam mobil,” jelas Kiyoshi dilansir dari lama Mitsubishi.

Sebagai informasi, Dynamic Sound Yamaha memiliki empat tipe suara yang dapat dipilih sesuai dengan selera musik dan suasana hati, yakni Lively, Signature, Powerful, dan Relaxing.

Selain itu, volume dan kualitas suara sistem audio tersebut juga dapat menyesuaikan secara otomatis dengan kecepatan kendaraan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com