Advertorial

Presiden Jokowi Serahkan Beras Bantuan Pangan Tahap II kepada Warga Cilegon

Kompas.com - 12/09/2023, 18:37 WIB

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengecekan dan penyerahan beras Bantuan Pangan tahap II secara langsung kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kantor Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten, Selasa (12/9/2023).

Adapun kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kunjungan kerja Presiden ke Gudang Bulog Dramaga, Bogor, dan Gudang Bulog Kelapa Gading, Jakarta, Senin (11/9/2023).

Jokowi menjelaskan, masing-masing KPM akan menerima bantuan 10 kg beras per bulan selama tiga bulan.

“Setelah kemarin dibagi tiga bulan, sekarang tiga bulan lagi dibagi masing-masing 10 kg per bulan,” kata Jokowi dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Jokowi mengatakan, selain penyaluran beras Bantuan Pangan tahap ke II, Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) juga melaksanakan operasi pasar secara masif di berbagai retail modern dan pasar tradisional untuk meredam fenomena kenaikan harga beras yang sedang terjadi.

“(Upaya itu dilakukan) berbarengan. Pertama, menyalurkan beras Bantuan Pangan sebanyak 10 kg per KPM untuk 21,3 juta keluarga. Kedua, Bulog juga melakukan operasi pasar ke berbagai ritel dan pasar. Semuanya akan diguyur beras secara masif. Dengan begitu, harga beras diharapkan akan mulai turun,” ujarnya.

Pada kesempatan sama, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, melalui percepatan program Bantuan Pangan tahap II pada September hingga November 2023, diharapkan dapat menekan fluktuasi harga beras yang terjadi saat ini.

“Harapannya, bantuan beras yang digelontorkan selama tiga bulan atau dengan jumlah total 640.590 ton kepada 21,3 juta KPM dapat berdampak efektif seperti yang telah dilakukan pada tahap I pada Maret-Mei (2023),” ujar Budi Waseso.

Sebagai informasi, pada kegiatan penyerahan bantuan tersebut Presiden Jokowi turut didampingi oleh Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, serta Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com