Advertorial

Regina Vianney Ayudya Ajak Para Ibu Lakukan Pencegahan Stunting Sedini Mungkin

Kompas.com - 13/09/2023, 22:08 WIB

KOMPAS.com – Ketua Bidang Luar Negeri Banteng Muda Indonesia (BMI) Regina Vianney Ayudya mengajak seluruh ibu di Indonesia untuk melakukan pencegahan stunting (tengkes) sedini mungkin melalui Gerakan Indonesia Cegah Stunting.

Gerakan itu juga ditujukan untuk membantu mewujudkan program Indonesia Bebas Stunting dari pemerintah. Dengan begitu, generasi unggul bagi masa depan Indonesia bisa tercipta.

Stunting merupakan masalah serius dalam kesehatan masyarakat Indonesia. Menurut data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, prevalensi stunting di Indonesia masih cukup tinggi, yakni 21,6 persen pada 2022.

Masalah kesehatan tersebut disebabkan oleh kekurangan asupan gizi yang cukup pada anak saat masa pertumbuhan dan perkembangan.

Dampak stunting bisa berlangsung seumur hidup dan berpotensi menimbulkan risiko kesehatan. Prestasi anak di kemudian hari juga dapat terganggu akibat stunting.

Regina mengatakan, ibu memiliki peran sentral dalam pencegahan stunting dengan memberikan asupan gizi yang seimbang bagi anak-anak mereka. Oleh karena itu, pelibatan ibu merupakan langkah krusial untuk mencapai tujuan Indonesia Bebas Stunting.

Selain menyosialisasikan pencegahan stunting, Regina juga memberikan edukasi tentang menu masakan bergizi dan sehat untuk keluarga.

Ia menyadari bahwa tidak semua ibu memiliki pengetahuan cukup tentang gizi dan kesehatan. Dengan memberikan menu-menu bergizi, Regina berharap, para ibu dapat lebih mudah menerapkan pola makan sehat yang memenuhi kebutuhan gizi anak.

Penyelenggaraan Gerakan Indonesia Cegah Stunting dihadiri banyak peserta.Dok. Pribadi Penyelenggaraan Gerakan Indonesia Cegah Stunting dihadiri banyak peserta.

Gerakan Indonesia Cegah Stunting

Gerakan Indonesia Cegah Stunting telah dijalankan oleh Regina di berbagai wilayah di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Ia secara aktif mengadakan pertemuan dengan ibu-ibu setempat untuk berdiskusi tentang pencegahan stunting serta memberikan edukasi tentang gizi seimbang.

Melalui gerakan tersebut, ia berharap dapat mengajak lebih banyak ibu untuk bergabung dalam upaya mewujudkan Indonesia Bebas Stunting.

Regina Vianney Ayudya juga telah bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga kesehatan dan pemerintah, untuk meningkatkan efektivitas gerakan itu.

Dengan bersinergi, Gerakan Indonesia Cegah Stunting dapat mencapai lebih banyak orang dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesehatan dan masa depan anak-anak Indonesia.

Sebagai seorang yang peduli pada kualitas generasi penerus, Regina berkomitmen untuk terus menggalang dukungan dan menjalankan Gerakan Indonesia Cegah Stunting hingga mencapai seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Ia percaya bahwa dengan upaya bersama dan kesadaran yang tinggi, Indonesia dapat mewujudkan generasi unggul bebas stunting serta siap menghadapi masa depan dengan potensi dan prestasi luar biasa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com