Advertorial

Waresix Perkenalkan Inovasi Logistik Efisien dan Berkelanjutan di Gelaran Mining Indonesia 2023

Kompas.com - 14/09/2023, 11:30 WIB

KOMPAS.com – Integrator logistik terkemuka di Indonesia, Waresix, memperkenalkan solusi logistik end-to-end berbasis digital dan artificial intelligence (AI) pada acara Mining Indonesia.

Acara tersebut merupakan bagian dari gelaran Indonesia Energy and Engineering Series 2023 yang dihelat di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2023) hingga Jumat (16/9/2023).

President of Waresix Eric Dharma mengatakan bahwa solusi tersebut tak hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga mendorong pertumbuhan serta keberlanjutan bisnis pelanggan dari berbagai industri, termasuk pertambangan dan komoditas.

"Melalui inovasi tersebut, Waresix menghadirkan proses logistik yang lebih mudah bagi pelanggan," ujar Eric dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Kemudahan tersebut, lanjut dia, didapat dari layanan end-to-end yang meliputi layanan transportasi darat, pergudangan, freight forwarding, dan pengelolaan logistik proyek dengan tingkat kerumitan tinggi. 

Melalui solusi end-to-end, Waresix juga memastikan setiap tahap, mulai dari perencanaan hingga pengiriman, terhubung dan berjalan sesuai rencana. Solusi ini bahkan mampu memenuhi tuntutan unik dari industri pertambangan.

"Solusi tersebut dapat direncanakan dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna secara akurat," ucap Eric. 

Dengan demikian, solusi itu bisa menghindari bottleneck dan penundaan yang dapat mengganggu keseluruhan proses logistik.

Pada pameran peralatan pertambangan internasional terbesar di Asia itu, Eric mengatakan bahwa Waresix berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menyediakan solusi logistik yang modern dan berkelanjutan. 

“Kami percaya bahwa inovasi logistik merupakan kunci untuk pertumbuhan bisnis berkelanjutan. Kami siap membantu pelanggan untuk mencapai keberhasilan bisnis yang lebih besar,” ucap dia.

Seperti diketahui, industri pertambangan memiliki operasional yang kompleks dan berat. Setiap langkah dalam proses logistik pada industri pertambangan menjadi salah satu faktor penentu produktivitas dan keberhasilan bisnis.

Eric menjelaskan, layanan end-to-end Waresix juga diperkuat dengan teknologi digital dan AI. Melalui teknologi ini, Waresix mengautomasi proses logistik menjadi lebih modern melalui platform Waresix Operating System (wOS).

"Salah satu fitur unggulan dalam platform tersebut adalah Smart Routing. Fitur ini dapat membantu penentuan rute terbaik sehingga dapat mengurangi jarak tempuh yang tak perlu," jelas dia.

Solusi logistik end-to-end berbasis digital dan AI dari Waresix dapat mendorong pertumbuhan serta keberlanjutan bisnis pelanggan dari berbagai industri, termasuk pertambangan dan komoditas.Dok. Waresix Solusi logistik end-to-end berbasis digital dan AI dari Waresix dapat mendorong pertumbuhan serta keberlanjutan bisnis pelanggan dari berbagai industri, termasuk pertambangan dan komoditas.

Ada pula fitur Smart Matching Engine, yakni mesin pencocokan berbasis AI yang secara otomatis memilih transporter yang paling sesuai dengan kebutuhan pelanggan dalam hitungan kurang dari tiga menit. 

Platform wOS juga memiliki fitur Vehicle Source Planning, yakni mesin perencana alokasi muatan untuk memaksimalkan kapasitas kendaraan dan mengurangi biaya transportasi.

Sementara, untuk meningkatkan visibilitas pengiriman, Waresix juga membuat Customer Dashboard.

"Dasbor itu dapat menampilkan data real-time dan analitik yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik," tutur Eric.

Efisiensikan operasional bisnis pelanggan

Eric melanjutkan, perencanaan, integrasi dan pelaksanaan multimoda yang mulus, solusi logistik terintegrasi, serta otomatisasi proses melalui platform berbasis digital dan AI yang dihadirkan Waresix telah mendorong efisiensi operasional pelanggan.

Pada salah satu klien industri kebutuhan sehari-hari atau fastmovingconsumergood (FMCG), misalnya, Waresix mampu membuat perencanaan 500 pengiriman hanya dalam waktu tiga menit melalui fitur Smart Routing.

“Proses tersebut 20 kali lebih cepat jika dibandingkan perencanaan manual,” ucap Eric. 

Berkat layanan yang dihadirkan Waresix, jarak tempuh pengiriman berhasil dikurangi hingga 50 persen. Kemudian, tingkat keberhasilan pengiriman pada hari yang sama juga meningkat dari 73 persen menjadi 97 persen.

Eric menambahkan, Waresix mengubah paradigma logistik konvensional yang semula berfokus untuk mencari harga terendah menjadi solusi jangka panjang yang dapat meningkatkan ritme rantai pasokan. 

"Kami berkomitmen untuk menyediakan solusi yang dirancang sesuai kebutuhan unik pelanggan, memperluas cakupan rantai nilai, dan menyediakan solusi end-to-end,” ujar Eric.

Untuk penanganan kargo pada sektor pertambangan, lanjut dia, Waresix bekerja sama dengan mitra vendor tepercaya yang berpengalaman menghadapi medan sulit. Mereka memiliki tim ahli yang berkomitmen pada kepatuhan terhadap standar keamanan tinggi.

"Dengan demikian, kami dapat memaksimalkan leadtime secara aman sekaligus menghadirkan solusi logistik yang dapat diandalkan bagi pelanggan industri pertambangan," imbuh Eric.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com