Advertorial

Menhub: Insan Transportasi Harus Bergerak Bersama untuk Majukan Transportasi Indonesia

Kompas.com - 17/09/2023, 13:05 WIB

KOMPAS.com – Memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang jatuh pada Minggu (17/9/2023), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak seluruh insan transportasi untuk bergerak bersama memajukan transportasi Indonesia.

Menhub mengatakan, kinerja sektor transportasi harus terus ditingkatkan dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Sesuai tema besar Harhubnas tahun ini, yaitu ‘Melaju untuk Transportasi Maju’, artinya insan transportasi harus mampu secara konsisten dan semangat melakukan kerja nyata dalam mewujudkan transformasi dan inovasi,” ujar Menhub dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu.

Lebih lanjut Menhub menyebut, melalui transformasi dan inovasi, di sektor transportasi yang akan mendorong Indonesia menjadi negara maju akan tercipta.

“Kami terus mendorong pembangunan yang berkelanjutan, ramah lingkungan, serta terus meningkatkan aspek keselamatan dan pelayanan jasa transportasi,” ucapnya.

Oleh karenanya, Menhub mendorong seluruh insan transportasi, baik itu Kemenhub selaku regulator, operator transportasi, pemerintah daerah, mitra kerja, maupun unsur terkait lainnya, untuk terus meningkatkan kerja sama, kolaborasi dan sinergi, menciptakan transportasi yang andal, serta efisien dan berdaya saing.

“Kami ingin memastikan infrastruktur transportasi yang sudah dibangun, memiliki manfaat yang optimal dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat banyak,” tuturnya.

Peringatan Harhubnas 2023 digelar Kemenhub dengan tiga kegiatan utama.Dok. BKIP Kemenhub Peringatan Harhubnas 2023 digelar Kemenhub dengan tiga kegiatan utama.

Kemenhub terus berkomitmen meningkatkan konektivitas antarwilayah di Indonesia dengan paradigma Indonesia Sentris, yaitu tidak hanya membangun infrastruktur transportasi di wilayah perkotaan, tetapi hingga ke pelosok daerah.

Pada 2023, berbagai sarana dan transportasi strategis telah dioperasikan,Lintar Raya Terpadu (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek), Kereta Cepat, sejumlah pelabuhan, serta terminal dan bandara di wilayah terpencil, tertinggal, terluar dan perbatasan (3TP).

Dalam rangka memperingati Harhubnas 2023, Kemenhub menyelenggarakan tiga kegiatan utama yang menjadi rangkaian kegiatan, yaitu Hub Fest yang merupakan acara puncak pada 17 September 2023 di Istora Senayan, Pameran Transportasi dan Travel Fair “Hub Space the Journey to connect Indonesia” di JCC Senayan, serta Hub Run lomba lari 5K & 10K di Surabaya.

Adapun upacara peringatan Harhubnas juga dilaksanakan serentak di berbagai Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kemenhub di seluruh wilayah Indonesia. Upacara dihadiri oleh pegawai Kemenhub bersama dengan para operator transportasi, Dinas Perhubungan Provinsi/Kota/Kabupaten, serta mitra kerja di sektor transportasi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com