Advertorial

Hospital Expo Ke-35 Digelar di JCC Hadirkan, Teknologi Peralatan Rumah Sakit dan Kesehatan Mutakhir

Kompas.com - 18/09/2023, 08:00 WIB

KOMPAS.com – Pameran alat kesehatan Hospital Expo Ke-35 akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Rabu (18/10/2023) hingga Sabtu (21/10/2023).

Direktur Marketing and Finance PT Okta Sejahtera Insani, selaku pihak penyelenggara, Yudha Imam Sutedja, mengatakan bahwa pameran tahunan itu selalu ditunggu-tunggu oleh manajemen rumah sakit (RS).

Sebab, banyak perusahaan alat kesehatan, baik dari dalam maupun luar negeri, akan memamerkan produk terbarunya di Hospital Expo. Total, ada 911 stan dari 327 perusahaan nasional dan 220 perusahaan internasional turut menyemarakkan pameran alat kesehatan tersebut.

Perusahaan mancanegara yang hadir berasal dari China, Taiwan, Jepang, Korea, dan Singapura. Ada pula perusahaan dari Thailand, Malaysia, Austria, Belgia, dan Rusia.

Karena itu, lanjut Yudha, manajemen RS di seluruh Indonesia memasukkan Hospital Expo sebagai agenda tahunan untuk berbelanja peralatan baru atau melakukan peremajaan alat.

Pihak penyelenggara memprediksi, pameran alat kesehatan tahunan ini akan didatangi 12.000 pengunjung setiap hari. Semua pengunjung merupakan potential buyer bagi perusahaan peserta Hospital Expo.

Adapun alat kesehatan untuk rumah sakit yang dipamerkan pada Hospital Expo meliputi perangkat diagnosis, baju seragam, alat tindakan gawat darurat, mesin penatu, tempat tidur perawatan, hingga peranti teknologi informasi.

Yudha menambahkan, selain rumah sakit, masyarakat umum juga dapat mengunjungi ratusan stan pameran dari ratusan perusahaan kesehatan yang menyediakan alat kesehatan untuk kepentingan pribadi.

“Masyarakat umum dapat mencari berbagai alat kesehatan, seperti alat cek gula darah, termometer, kursi roda, kruk, dan breast pump atau pompa ASI,” ujar Yudha dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Selasa (12/9/2023).

-Dok. Hospital Expo -

Ajang edukasi kesehatan

Adapun untuk acara seminar, penyelenggara menggandeng Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI). Pada tahun ini, Seminar Nasional ke-19 dan Seminar Tahunan Patient Safety ke-17 bertema "Sumber Daya Lokal, Berdaya Saing Global."

Tak sekadar menjadi ajang pameran alat kesehatan, Hospital Expo 2023 juga akan diisi dengan talkshow sebagai edukasi kesehatan bagi masyarakat umum.

Terdapat dua topik talkshow untuk masyarakat yang diselenggarakan di Hall B JCC Kamis (19/10/2023)

Talk show pertama diselenggarakan pukul 10.00 hingga 12.00 WIB bertema “Menunda Proses Menua” dengan menghadirkan motivator kesehatan dan penulis buku Dr Handrawan Nadesul.

Sementara, talk show kedua digelar pada pukul 13.00 hingga 15.00. Sesi ini akan diisi oleh Dr dr Riwanti Estiasari, SpS(K) yang akan membawakan tema “Penyakit Autoimun Multiple Sklerosis (MS) dan Neuromyelitis Optica (NMO): Serupa tapi Tak Sama.”

Selain dr Riwanti, talk show sesi kedua juga diisi oleh pendiri sekaligus Presiden Yayasan Multipel Sklerosis Indonesia RA Kanya Puspokusumo. Ia akan mengupas topik “Hidup Bahagia MS & NMO, Memperbaiki dan Meningkatkan Kualitas Hidup Penyandang MS dan NMO.”

Yudha optimistis, Hospital Expo 2023 dapat menjadi pusat pameran alat-alat kesehatan dan kebutuhan RS di tingkat Asia Tenggara. Keyakinan itu didasari oleh jumlah peserta pameran yang meningkat dari 2022.

“Seiring dengan pertambahan jumlah stan dan target pengunjung tahun ini, kami berharap, Hospital Expo dapat mendukung industri alat kesehatan di Tanah Air, serta memperkuat kualitas layanan RS dan berkontribusi membangun kesadaran kesehatan masyarakat,” kata Yudha.

Untuk mengikuti Hospital Expo ke-35, cukup registrasi dan menyumbang ke PMI DKI Jakarta sebesar Rp 10.000. Anda juga bisa mengisi formulir registrasi di tautan https://linktr.ee/hospitalexpoID yang juga memuat media sosial (medsos) Hospital Expo.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com