Advertorial

Sering Pusing dan Pegal-pegal? Kenali Sebab Masuk Angin serta Cara Mengatasinya

Kompas.com - 18/09/2023, 14:06 WIB

KOMPAS.com - Salah satu gangguan kesehatan yang jamak dialami masyarakat Indonesia adalah masuk angin. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun berisiko mengalami kondisi tersebut. Meski dalam dunia kedokteran masuk angin bukan tergolong penyakit membahayakan, kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk diketahui, masuk angin merupakan salah satu gejala adanya penyakit. Biasanya, masuk angin merupakan gejala awal sejumlah penyakit, seperti influenza, sindrom dingin, dan gangguan lambung.

Meskipun masuk angin dapat sembuh dengan sendirinya, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda masuk angin serta upaya mengatasinya.

Lantas, apa saja gejala yang dapat ditandai ketika seseorang masuk angin dan bagaimana cara mengobatinya?

Tanda dan sebab masuk angin

Tak sedikit kalangan awam menggunakan istilah tidak enak badan untuk menggambarkan gejala masuk angin. Rasa tidak enak badan yang kerap dikeluhkan, yakni perut kembung, linu, batuk, pilek, badan pegal-pegal, sakit kepala, dan meriang.

Sementara demam, kedinginan, bersin-bersin, dan hidung berair, diidentikkan sebagai gejala flu ataupun pilek. Adapun rasa kembung, mual, nyeri perut, dan diare menjadi penanda adanya gangguan lambung.

Tak sedikit pula orang yang mengeluh dirinya sedang masuk angin merasa susah tidur, tidak nafsu makan, lelah, dan badan terasa lemas.

Untuk diketahui, masuk angin yang terjadi sesekali merupakan hal wajar. Pada umumnya, penyebab masuk angin salah satunya, yakni kondisi tubuh tidak fit ketika seseorang terlalu lelah atau kerja secara berlebihan.

Selain itu, makan tidak tepat waktu, kurang asupan gizi lengkap dan seimbang, serta kurang tidur, juga dapat menyebabkan seseorang mudah terserang masuk angin.

Bahkan, perubahan cuaca atau memasuki musim pancaroba bisa jadi sebab seseorang mudah terkena masuk angin.

Di luar kondisi tersebut, sering masuk angin dapat menjadi gejala suatu kondisi atau penyakit, seperti infeksi virus dan bakteri, infeksi rhinovirus, Covid-19, dan pneumonia.

Atasi masuk angin

Meski masuk angin bukan kondisi atau gangguan serius, nyatanya masuk angin menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh. Seseorang bahkan merasa terganggu lantaran sejumlah aktivitas tak berjalan optimal ketika sedang masuk angin.

Untuk itu, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tidak gampang terkena masuk angin. Utamanya, di musim penghujan atau pancaroba.

Adapun cara sederhana untuk menjaga imun tetap fit, yakni mencukupi kebutuhan gizi lengkap dan seimbang, cukup tidur, rutin berolahraga, dan meminimalisasi stres. Sementara, cara mengatasi masuk angin dapat disesuaikan dengan gejala penyakit yang mengiringi.

Masuk angin yang merujuk pada gejala pilek, flu, batuk, radang tenggorokan, atau sindrom dingin dapat diredakan dengan mengonsumsi minuman hangat dari aneka rimpang, seperti jahe, pala, atau kencur yang dicampur madu dan perasan lemon.

Sementara, masuk angin yang terkait gangguan lambung dapat diredakan dengan obat penetral asam lambung.

Selain langkah-langkah tersebut, mengonsumsi obat masuk angin merupakan salah satu cara tepat untuk meminimalkan gejala masuk angin.

Untuk mendapatkan obat masuk angin pun kini semakin mudah. Selain membeli di apotek dan minimarket, Anda dapat membeli sejumlah obat masuk angin di platform belanja online di Tokopedia.

Adapun lokapasar kenamaan di Tanah Air, Tokopedia, menyediakan berbagai jenis obat masuk angin yang dapat dijadikan stok di rumah, seperti Tolak Angin Anak, Fresh Care Patch, dan Plossa.

Untuk diketahui, Tolak Angin Anak cair di Tokopedia dibanderol seharga Rp 29.584 per boks ini 12 pcs. Obat masuk angin ini dapat Anda beli sebagai persediaan di rumah untuk si kecil kala gangguan kesehatan ini melanda.

Tak hanya untuk anak-anak, Tolak Angin juga tersedia dalam berbagai varian untuk orang dewasa, seperti Tolak Angin Flu dan Tolak Linu.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat membeli Plossa minyak angin aroma terapi di Tokopedia untuk mengatasi masuk angin. Ada pula Plossa minyak angin inhaler dan roll on di Tokopedia seharga Rp 9.350 per pcs.

Fresh Care Patch juga tersedia di Tokopedia dalam berbagai varian dan harga yang dibanderol mulai dari Rp 5.990 hingga Fresh Care Roll On seharga Rp 13.000.

Murah bukan belanja obat masuk angin di Tokopedia? Yuk, belanja di Tokopedia sekarang.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com