Advertorial

5 Cara Pasang Iklan Indekos Gratis secara Mudah dan Menguntungkan

Kompas.com - 19/09/2023, 12:28 WIB

Kompas.com – Iklan merupakan salah satu sarana efektif untuk mempromosikan bisnis, termasuk usaha indekos.

Saat ini, pemasangan iklan dapat dilakukan semakin mudah karena bisa dilakukan secara online. Beberapa di antaranya bahkan tidak dikenakan biaya.

Bagi pemilik bisnis, memasang iklan kos-kosan memiliki sejumlah keuntungan. Pertama, pemilik bisa menjangkau calon penyewa potensial dari berbagai lokasi berbeda. Sebab, iklan online memiliki jangkauan yang lebih besar ketimbang iklan tradisional.

Kedua, pemilik bisa menekan pengeluaran karena iklan online lebih ekonomis ketimbang iklan di media cetak atau media lain. Pemilik juga bisa memperbarui informasi iklan, misalnya terkait harga sewa, secara mudah.

Ketiga, calon penyewa dapat menghubungi pemilik indekos secara mudah melalui informasi kontak yang disediakan dalam iklan online. Hal ini akan memudahkan komunikasi di antara kedua belah pihak.

Keempat, iklan online dapat diakses kapan saja sehingga calon penyewa dapat melihat informasi indekos kapan pun tanpa harus menunggu jam aktif.

Kelima, pemilik dapat menggunakan berbagai jenis teks, foto, dan video yang sesuai dengan media pemasangan iklan.

Cara promosikan indekos secara online

Untuk mempromosikan indekos secara online, Anda sebagai pemilik properti bisa menggunakan lima media berikut.

1. Instagram

Anda bisa mempromosikan indekos di Instagram dengan mengunggah foto-foto kamar dan lingkungan indekos.

Jangan lupa untuk menggunakan tanda pagar (tagar) atau hashtag guna membantu calon penyewa menemukan postingan Anda.

Beberapa tagar yang bisa digunakan adalah #Bandung atau #KostUnpad. Tagar ini akan membantu calon penyewa yang ingin mencari indekos di sekitar kampus Universitas Padjadjaran (Unpad).

Memilih tempat beriklan yang tepat menentukan iklan dapat dilihat oleh target pasar yang tepat pula.Dok. Play Louder Memilih tempat beriklan yang tepat menentukan iklan dapat dilihat oleh target pasar yang tepat pula.

2. Facebook

Facebook menjadi salah satu media yang kerap digunakan sejumlah komunitas atau grup untuk berbagi informasi. Lewat grup mahasiswa baru atau komunitas kampus, misalnya, Anda bisa mempromosikan bisnis indekos.

Anda juga bisa memasang iklan indekos di grup khusus, seperti “Info Kost dan Kontrakan” di kawasan tertentu.

3. TikTok

Mempromosikan indekos lewat TikTok dapat menjadi strategi jitu untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Khususnya, jika Anda menargetkan mahasiswa sebagai penyewa.

Buatlah promosi melalui video mengenai review indekos yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur “Duet” atau “Stitch” di TikTok sehingga penyewa dapat memberikan ulasan tentang indekos Anda.

4. WhatsApp

Agar promosi indekos menjangkau lebih banyak orang, Anda juga bisa membuat iklan di grup-grup WhatsApp. Gunakan kata-kata dan gambar indekos yang menarik sehingga ditengok calon penyewa.

5. Situs properti tepercaya

Selain media sosial, Anda juga bisa mempromosikan usaha indekos melalui situs properti terkemuka, misalnya 99.co Indonesia pada laman www.99.co/id.

Tidak hanya memiliki reputasi yang kuat dalam dunia properti, situs tersebut juga menyediakan layanan pemasangan iklan indekos secara gratis.

Tip membuat iklan indekos menarik

Untuk membuat iklan indekos secara menarik. Anda bisa menerapkan sejumlah cara. Pertama, pilih tempat beriklan yang tepat. Hal ini akan menentukan iklan Anda dapat dilihat oleh target pasar yang tepat.

Kedua, perhatikan deskripsi iklan. Tulis deskripsi dan kata-kata promosi secara jelas dan menarik, agar dilirik oleh calon penyewa.

Ketiga, perhatikan foto iklan. Pastikan untuk menggunakan foto yang menarik dan tidak buram. Pasalnya, kos dengan foto berkualitas baik berpeluang lebih banyak untuk dipesan.

Keempat, berikan promo. Jika memungkinkan, Anda juga bisa memberikan promo, misalnya potongan harga sewa untuk pembayaran 3, 6, atau 12 bulan sekaligus.

Kelima, tulis fasilitas indekos secara lengkap, misalnya ketersediaan Wi-Fi, pemanas air (water heater), atau ruang tamu di dalam indekos.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com