Advertorial

OSKM ITB 2023 Jadi Wadah Mahasiswa Baru untuk Berkembang dan Berkontribusi

Kompas.com - 20/09/2023, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM) 2023 mulai Rabu (16/9/2023) sampai Sabtu (19/92023). Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 10.000 mahasiswa baru ITB dari berbagai jurusan dan fakultas.

Rangkaian kegiatan OSKM 2023 diresmikan lewat seremoni pemakaian jaket almamater secara simbolis oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ia menitipkan pesan penting bagi para mahasiswa baru untuk menjaga perjalanan bangsa Indonesia.

“Untuk 20–30 tahun ke depan, kita harus merebut bendera emas sebagai negara super power di dunia,” ujar Ridwan Kamil berdasarkan siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (19/9/2023).

Adapun kegiatan orientasi itu mengusung tema "Memulai Langkah Penuh Warna Menuju Masyarakat Madani". Tema ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa baru untuk menjadi pribadi yang berkarakter, memiliki jiwa kepemimpinan, dan berkontribusi bagi masyarakat.

Hari pertama OSKM ITB 2023 dimeriahkan oleh penampilan dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) rumpun seni budaya ITB, seperti Studi Teater Mahasiswa (STEMA) ITB, Keluarga Paduan Angklung (KPA) ITB, Mahasiswa Bumi Sriwijaya (MUSI) ITB, Unit Kesenian Sumatera Utara (UKSU) ITB, Unit Kebudayaan Jepang (UKJ) ITB, dan Korean Culture Club (KCC) ITB.

Acara dilanjutkan dengan gelaran talk show bertajuk “Tentang ITB dan KM ITB” yang menghadirkan sejumlah narasumber inspiratif yang berperan dalam sejarah maupun keberlangsungan KM ITB.

Talk show di OSKM ITB 2023, Bandung (19/9/2023) Dok. OSKM ITB 202 Talk show di OSKM ITB 2023, Bandung (19/9/2023)

Narasumber tersebut di antaranya adalah Ketua Kabinet KM ITB Muhammad Yogi Syahputra, Majelis Wali Amanat Wakil Mahasiswa (MWA-WM) ITB Taufiq Pangestu, Pjs Kongres KM ITB Matthew Justin Lesmana, Direktur ITB Press Alga Indria SSn, MDs, dan Wakil Ketua Umum IA ITB Denda Alamsyah, ST.

Hari kedua OSKM ITB 2023 dimulai dengan upacara kemerdekaan Indonesia. Pada momen ini, Rektor ITB Prof Ir Muhamad Abduh, MT, PhD memberikan penghargaan Satya Lencana kepada tenaga kependidikan yang telah memberikan kontribusi luar biasa bagi perkembangan kampus.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan talk show bertajuk “Tentang Bangsa, Mahasiswa, dan Peran Perguruan Tinggi” yang menghadirkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) periode 2001-2004 Laksamana Sukardi dan Direktur Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Dr Karlina Supelli.

Tak hanya rangkaian talk show, para mahasiswa baru juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan perwakilan fakultas atau sekolah di ITB. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang keberagaman himpunan yang ada dalam fakultas mereka.

Pada hari ketiga, OSKM ITB 2023 diisi oleh talk show bertajuk “Progresivitas Diri” yang menghadirkan Co-founder dan Chief Operation Officer Ruangguru Iman Usman dan content creator Kevin Anggara.

Kegiatan dilanjutkan dengan mentoring bertajuk “Identitas Mahasiswa dan PoPoPe” yang membahas arti dan pengaplikasian posisi, potensi, dan peran mahasiswa dalam masyarakat sebagai insan akademis, serta “Organisasi dan Kaderisasi” yang membahas arti serta fungsi dari organisasi dan kaderisasi.

Adapun kegiatan hari ketiga ditutup dengan mentoring agama yang dibawakan oleh UKM keagamaan ITB.

Hari terakhir OSKM ITB 2023 diisi oleh sejumlah kegiatan menarik, seperti lorong massa, pawai, orasi warna-warni, serta salam Ganesha.

Ketua Pelaksana OSKM ITB 2023 Steven Siahaan mengatakan, lorong massa menjadi salah satu bukti keindahan warna-warni yang ada di ITB.

“Keindahan tersebut terangkai dalam sebuah lorong yang terbentuk dari barisan perwakilan berbagai UKM dan HMJ di ITB. Para perwakilan berdiri berdampingan menggunakan identitasnya masing-masing yang biasanya berupa jaket UKM atau HMJ,” tuturnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pawai dari HMJ yang mengitari mahasiswa baru dengan membawa bendera himpunan seraya menggemakan jargon atau yel-yel mereka.

Orasi warna-warni pun memberikan kesempatan bagi setiap perwakilan HMJ untuk menyuarakan suara mereka di hadapan ribuan mahasiswa baru.

Rangkaian kegiatan OSKM ITB 2023 secara simbolis ditutup dengan pesan dari Ketua Pelaksana OSKM ITB 2023 yang diikuti penulisan pesan pada post-it oleh para mahasiswa baru, menyuarakan Salam Ganesha yang dipimpin oleh Ketua Kabinet KM ITB, serta penampilan dari ITB Jazz.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com