Advertorial

Biar Nyaman, Berikut 3 Aspek yang Wajib Diperhatikan Saat Beli Sepatu Futsal

Kompas.com - 20/09/2023, 09:00 WIB

KOMPAS.com – Futsal menjadi salah satu olahraga populer di Indonesia. Futsal merupakan jenis permainan sepak bola yang dilakukan di ruangan besar dengan ukuran lapangan dan gawang yang lebih kecil ketimbang lapangan sepak bola. Permainan ini dilakukan oleh lima orang, yakni empat orang pemain dan satu orang kiper.

Seperti sepak bola, olahraga futsal juga membutuhkan perlengkapan pendukung, seperti sepatu futsal.

Sepatu futsal berfungsi untuk melindungi kaki dari gesekan dan cedera yang tidak diinginkan selama bermain futsal. Sepatu ini juga membantu menjaga keseimbangan tubuh selama permainan.

Sebelum memilih sepatu futsal yang cocok, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah ulasannya.

  1. Bentuk dan ukuran kaki

Sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki membuat kaki terasa nyaman saat memakainya. Secara umum, terdapat dua tipe bentuk kaki, yakni slim fit dan wide fit. Pastikan untuk memilih sepatu dengan dua tipe tersebut.

Untuk mengetahui bentuk kaki, kamu bisa membasahi kaki dan menepakkannya di atas sehelai kertas. Bentuk kaki akan terlihat dari jejak yang terbentuk.

Selain bentuk, ukuran kaki juga menjadi aspek penting dalam memilih sepatu futsal. Khusus sepatu futsal, kamu dianjurkan menggunakan sepatu dengan ukuran lebih besar setidaknya 1 cm dari ukuran sepatu yang biasa dipakai sehari-hari. Hal ini akan membuat kaki lebih bebas bergerak.

  1. Bahan dan jenis sol

Bahan terbaik yang sering digunakan untuk pembuatan sepatu futsal adalah serat karbon. Bahan ini bisa memberikan kenyamanan bagi pengguna jika dibandingkan bahan sepatu lain.

Selain itu, bahan serat karbon juga bersifat awet sehingga sepatu futsal bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Bentuk sol juga perlu diperhatikan saat memilih sepatu futsal. Pilihlah sepatu dengan sol yang memiliki tonjolan atau sol yang tidak licin. Bahan sol yang digunakan juga harus lebih keras dan bisa mencengkeram dengan baik.

  1. Merek tepercaya

Saat membeli sepatu futsal, pastikan untuk memilih sepatu dari merek tepercaya dan berpengalaman dalam memproduksi perlengkapan olahraga.

Beberapa rekomendasi merek sepatu futsal tepercaya adalah sepatu futsal Nike, sepatu futsal Mills, dan sepatu futsal Puma.

Merek-merek tersebut telah lama dipercaya oleh pegiat olahraga, termasuk futsal, dalam menghadirkan produk perlengkapan olahraga dengan kualitas terjamin.

Kini, beragam produk sepatu futsal itu bisa didapatkan secara mudah di marketplace atau lokapasar, seperti Tokopedia.

Yuk, segera cek aplikasi Tokopedia dan temukan sepatu futsal yang sesuai untuk mendukung permainan kamu di lapangan!

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com