Advertorial

Diaspora Swiss Deklarasikan Dukungan untuk Bacapres Ganjar Pranowo

Kompas.com - 21/09/2023, 13:09 WIB

KOMPAS.com – Kalangan diaspora Indonesia di Swiss dan sejumlah negara Eropa lain, seperti Jerman, Austria, Belanda, dan Inggris, mendeklarasikan dukungan terhadap bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo pada Sabtu (16/9/2023).

Gelaran bertajuk “Swiss Hitam Putih Tegak Lurus” itu diinisiasi oleh Satuan Relawan Ganjarist Swiss.

Ketua Satuan Relawan Ganjarist Swiss Sakaria Wielgosz mengatakan bahwa seluruh relawan siap memenangkan Ganjar pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

“Ratusan bahkan ribuan (anggota) kelompok itu mendukung pribadi yang sama. Kami percaya, Ganjar bisa membawa Indonesia semakin maju,” ujar Sakaria dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (21/9/2023).

Sementara, Ketua Umum Ganjarist Nasional Kris Tjantra menilai bahwa deklarasi itu tak sekadar menunjukkan dukungan kepada Ganjar, tetapi juga menjadi sarana edukasi mengenai Pilpres 2024, terutama kepada generasi muda.

“Kontribusi aktif dari setiap pemilik hak suara menentukan nasib bangsa Indonesia ke depan,” ujar Kris.

Untuk diketahui, kegiatan itu juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) Jerman Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Arief Imanuwarta.

Pada kesempatan itu, dia mengucapkan selamat kepada Ganjarist Swiss yang telah mengambil inisiatif pertama untuk mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar.

“Kegiatan yang diselenggarakan berkat kerja sama dengan berbagai satuan relawan lain itu akan berdampak positif serta menunjukkan persatuan dan kebersamaan pendukung Ganjar di Eropa,” ucap Arief.

Ganjar Pranowo menyapa Satuan Relawan Ganjarist Swiss secara online.Dok. Ganjarist Swiss Ganjar Pranowo menyapa Satuan Relawan Ganjarist Swiss secara online.

Ganjar yang hadir secara online pun menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan relawan. Ganjar juga meminta agar relawan membangun kekuatan yang terstruktur dan menjaga perdamaian dalam masa kampanye.

Dia juga menekankan signifikansi edukasi pemilu kepada masyarakat dan kontribusi komunitas masyarakat Indonesia di Eropa pada pesta demokrasi.

Sebagai informasi, gelaran tersebut juga dihadiri oleh politikus PDI-P Adian Napitulu secara online.

Adian menekankan bahwa kedewasaan dalam berdemokrasi dibutuhkan sehingga persatuan antar-relawan dan pelaksanaan Pilpres dapat berjalan lancar.

Donasi untuk sekolah

Selain menyatakan dukungan kepada Ganjar, relawan Ganjar juga berhasil mengumpulkan donasi sebesar 1.250 Swiss Franc atau sekitar Rp 21,5 juta dari hasil penjualan kaos dan tiket.

Seluruh hasil penjualan akan disumbangkan untuk perbaikan fasilitas sarana sekolah yang terbakar di Nusa Tenggara Timur.

Sekretaris Ganjarist Swiss Anna Boesch mengatakan bahwa donasi tersebut menunjukkan kepedulian kalangan diaspora, khususnya pendukung Ganjar, di Swiss kepada Tanah Air. Hal ini sesuai dengan arahan Ganjar.

“Sebagai relawan, kami mendukung Ganjar secara sukarela, termasuk mengikuti jejak beliau untuk selalu peduli dengan bangsa Indonesia, walaupun kami tinggal jauh dari Tanah Air,” imbuh Anna.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com