Advertorial

WVI dan KakaoBank Adakan Kegiatan Pembelajaran Digital di SDN Cipinang Muara 19

Kompas.com - 21/09/2023, 15:37 WIB

KOMPAS.com – Wahana Visi Indonesia (WVI) bersama KakaoBank menyelenggarakan kegiatan pembelajaran digital dan literasi keuangan untuk siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cipinang Muara 19, Jakarta Timur pada Minggu (3/9/2023) hingga Sabtu (9/9/2023).

Project Team Lead Wahana Visi Indonesia Yonathan Prasha mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan mimpi anak-anak di SDN Cipinang Muara 19 di masa depan.

“Anak-anak juga kami kenalkan budaya Korea agar dapat menambah wawasan dalam pembelajaran. Semoga keceriaan dan ilmu yang didapatkan anak-anak dari kegiatan ini akan membekas di ingatan mereka,” ujar Yonathan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (20/9/2023).

Pembuatan mural 4 pilar literasi digital oleh karyawan KakaoBank Dok. Wahana Visi Indonesia Pembuatan mural 4 pilar literasi digital oleh karyawan KakaoBank

Manager of KakaoBank ESG Team Sunny Sun-young Cho menyampaikan bahwa pemilihan SDN Cipinang Muara 19 sebagai tempat pembelajaran digital dan literasi keuangan didasari oleh kekurangan pada fasilitas infrastruktur untuk kegiatan pembelajaran digital.

“KakaoBank bersama WVI telah mengimplementasikan pembelajaran digital di dua sekolah di Jakarta. Kami juga membangun fasilitas ruangan pembelajaran dan memberikan peralatan komputer. Selain itu, KakaoBank juga mendukung pelaksanaan sesi pembelajaran digital untuk siswa di lima sekolah lain di Jakarta,” kata Sun-young.

Pada kegiatan tersebut, KakaoBank melibatkan lima belas karyawan. Mereka melakukan volunteering dengan mengajarkan sejumlah hal, seperti coding, dan memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI).

Kemudian, dalam kelas literasi keuangan, para relawan karyawan KakaoBank mengajarkan penggunaan mata uang melalui permainan simulasi pasar dan simulasi pengambilan keputusan.

Para volunteer KakaoBank bersama guru-guru dan siswa-siswi SDN Cipinang Muara 19 Dok. Wahana Visi Indonesia Para volunteer KakaoBank bersama guru-guru dan siswa-siswi SDN Cipinang Muara 19

Selain pembelajaran digital bersama siswa-siswi, KakaoBank juga membuat mural di dinding sekolah dan pengecatan lapangan futsal. Hal ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan serta menjaga keamanan anak dalam kegiatan pembelajaran fisik di sekolah.

Sun-young menjelaskan, proyek tersebut disiapkan untuk mengurangi gap antar-anak muda Indonesia dan meningkatkan suasana pembelajaran.

“Kami akan terus melanjutkan memberikan pengalaman volunteering yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan tanggung jawab sosial bersama karyawan kami,” tutur Sun-young.

Kegiatan pembelajaran dari Wahana Visi Indonesia dan KakaoBank mendapat sambutan hangat dari siswa SDN Cipinang Muara 19.

Perwakilan siswa SDN Cipinang Muara 19, Daffa, mengatakan bahwa hal yang paling ia senangi selama kegiatan pembelajaran adalah belajar membuat gelang, bahasa Korea, dan bertemu dengan kakak-kakak dari KakaoBank Korea.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com