Advertorial

All-New Mazda CX-60, SUV PremiumPerpaduan Keluhuran Budaya dan Ketangguhan

Kompas.com - 21/09/2023, 16:20 WIB

KOMPAS.com – Distributor resmi Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), menghadirkan sport utility vehicle (SUV) premium terbaru All-New Mazda CX-60.

Lini roda empat itu hadir dengan tampilan elegan, performa tinggi, dan ramah lingkungan. Seluruh aspek ini sesuai dengan kebutuhan berkendara para penggemar SUV kelas premium di Indonesia.

Secara konsep, All-New Mazda CX-60 mengusung filosofi human-centric dari Mazda, yaitu The Perfect Jinba-Ittai. Filosofi ini mendefinisikan hubungan tanpa batas antara mobil dan pengemudi. 

Filosofi itu juga telah berkembang selama tiga generasi serta mengubah pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman, aman, dan mudah.

“Kami senantiasa menjalankan visi Mazda di Indonesia dan menyelaraskannya dengan nilai-nilai individu di era sekarang. All-New Mazda CX-60 adalah bukti dari implementasi visi ini karena mengutamakan pengalaman penuh kenyamanan, keamanan, dan kemudahan bagi pengendaranya,” kata Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia Ricky Thio dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (28/7/2023).

Dari segi estetika, All-New Mazda CX-60 mengadopsi desain Kodo yang menjadi ciri khas Mazda dan menampilkan impresi “Noble Toughness” pada desain eksteriornya. 

Konsep tersebut menggabungkan keunikan dan keanggunan desain Kodo dengan sasis SUV berpenggerak roda belakang yang tangguh.

Pada sepatbor depan, terdapat side signature baru dan emblem INLINE 6 sebagai penanda bahwa mobil tersebut memiliki performa berkendara luar biasa.

Desain elegan pada All-New Mazda CX-60 juga terlihat dari interior kabinnya. Bagian ini menggunakan material premium, seperti jahitan kakenui, trim kulit nappa, tekstil tenun, dan kayu maple. Kontrol kendaraan juga disajikan dengan konsep ergonomis yang memberikan kesan ruang tenang, luas, dan canggih.

“Desain Mazda CX-60 sarat dengan cerminan budaya dan lahir dari filosofi estetika Jepang yang unik. Filosofi Jinba-Ittai yang lebih disempurnakan lagi oleh para engineer Mazda menjadikan lini tersebut sebagai mobil dengan ideologi The Perfect Jinba-Ittai,” jelas Ricky.

Tim Kompas Otomotif sempat menjajal berkendara dengan Mazda CX-60. Pegiat sekaligus jurnalis otomotif tim tersebut, Aris F Harvenda, pun menuturkan beragam kesan positif dari kendaraan tersebut, terutama dari aspek desain.

“Mobil ini tuh punya desain yang sangat clean ketika dilihat dari samping. Di bagian sepatbor, misalnya, ada lekukan garis tajam yang memancarkan kekokohan sebuah SUV. Ketika terpapar sinar matahari atau bias cahaya, bagian tersebut akan menampilkan S-shape,” seperti dikutip dari Youtube Otomotif Kompascom, Rabu.

Interior Mazda CX-60 menggunakan kulit nappa. Dok. Mazda Indonesia Interior Mazda CX-60 menggunakan kulit nappa.

Selain desainnya yang menawan, All-New Mazda CX-60 pun dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang belum pernah ada di produk Mazda sebelumnya.

Salah satu fitur unggulan itu adalah Driver Personalization System, yaitu sistem yang dapat mengatur posisi mengemudi Jinba-Ittai khas Mazda secara otomatis berdasarkan tinggi badan pengemudi. Sistem ini juga menyimpan preferensi pengemudi untuk suhu dalam kabin, pengaturan sound system, dan sistem keselamatan aktif i-Activsense.

All-New Mazda CX-60 juga memiliki fitur Mazda Intelligent Drive Select (Mi-Drive), yaitu sistem yang dapat mengubah mode berkendara sesuai dengan kondisi mengemudi, jalan, dan kendaraan. Mode berkendara ini dapat beralih dari normal ke sport hingga off-road.

Selain itu, All-New Mazda CX-60 pun memiliki fitur Kinematic Posture Control (KPC) yang akan memberikan pengendaraan yang stabil dan kenyamanan tinggi. Fitur ini mengoptimalkan gerakan suspensi, kemudi, dan rem untuk menciptakan sensasi berkendara yang halus dan responsif. Apalagi, mobil tersebut hadir dengan transmisi 8-speed automatic terbaru.

Dari segi performa, SUV tersebut menggunakan mesin 3.3L inline 6-silinder, e-Skyactiv-G, Turbocharged dengan teknologi M-Hybrid Boost (Mild Hybrid System). Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 280 horsepower (hp) dan torsi 450 Nm. 

Tak hanya memberikan performa maksimal, mesin tersebut juga dapat mengefisienkan konsumsi bahan bakar.

“Fokus kami tidak hanya sebuah estetika saja, tapi juga tentang DNA Mazda yang berakar pada harmonisasi berkendara, kemanusiaan, dan alam sekitar. All-New Mazda CX-60 merupakan sebuah contoh yang merefleksikan spirit ini. Konsep ‘Truly Mass-Craftsmanship, Crafted in Japan’ dan ideologi Jinba-Ittai pada All-New Mazda CX-60 mampu meningkatkan pengalaman dan rasa berkendara yang lebih baik lagi,” imbuh Ricky.

General Manager Marketing & Communications EMI Pramita Sari menuturkan, CX-60 untuk pasar Indonesia terdiri dari Kuro Edition dan Elite Edition. Lini ini ditawarkan dengan harga Rp 1.188.800.000,- on the road (OTR) Jakarta

“Kami berharap, keseluruhan teknologi dan performa yang masih mempertahankan, serta karakter desain yang elegan dan aksen aerodinamis pada sisi samping mobil, dapat tepat menambah kesan sporty dan elegan untuk memenuhi seluruh kebutuhan penggunanya. (Kendaraan ini) cocok untuk customer dengan karakter Independent Achiever,” terangnya.

All-New Mazda CX-60 juga dilengkapi dengan 5-Year Extended Warranty dan MyMazda Service Special Package untuk CX-60, yaitu layanan purnajual berupa jaminan servis selama 3 tahun atau 60.000 km.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai All-New Mazda CX-60, Anda bisa kunjungi websitehttps://mazda.co.id atau media sosial resmi Mazda Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com