Advertorial

Dukung Perkembangan UKM Tanah Air, Ninja Xpress Hadirkan Ninja Studio dan Ninja International Deliveries

Kompas.com - 22/09/2023, 10:24 WIB

KOMPAS.com – Perusahaan ekspedisi Ninja Xpress menghadirkan sejumlah inisiatif agar para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dapat mengembangkan bisnisnya.

Salah satu inisiatif tersebut adalah dengan menghadirkan Ninja Studio, sebuah creative hub yang dilengkapi berbagai fasilitas pendukung. Melalui fasilitas ini, pelaku UKM dapat saling bertukar ilmu ataupun informasi terkait dunia bisnis.

Ninja Studio pun dapat memfasilitasi berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi para pelaku UKM.

Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress Andi Djoewarsa berharap, Ninja Studio dapat memberikan peluang bagi UKM untuk berkolaborasi, berbagi pengalaman, dan memperluas jaringan bisnisnya.

“Pelaku UKM bisa mendapatkan berbagai program pembelajaran, baik secara offline maupun online melalui blog.ninjaxpress.co,” ujar Andi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (19/9/2023).

Selain untuk belajar, lanjut Andi, komunitas UKM juga dapat menggunakan layanan foto dan video produk di Ninja Studio.

Andi menjelaskan, program-program pembelajaran di Ninja Studio dirancang untuk membantu pelaku usaha agar mereka dapat menguasai pasar lokal hingga pasar global. Dengan begitu, para pelaku UKM dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

Sebagai informasi, pada Agustus 2023, Ninja Studio di Pejaten, Jakarta Selatan, telah mengakomodasi lebih dari 20 kegiatan komunitas yang dihadiri oleh lebih dari 300 UKM.

UKM yang mengikuti program pembelajaran di Ninja Studio mendapatkan akses pengetahuan dan keahlian dari para ahli di berbagai bidang bisnis. Pengetahuan ini pun dapat diterapkan pada bisnis mereka.

"Program pembelajaran yang diberikan berupa Tiktok Bisnis Dynamite dari Sekolah Pebisnis dan Customer Experience Discussion dari Pancake Indonesia,” kata Andi.

Sementara itu, Founder Sekolah Pebisnis Yosef Adji Baskoro berharap, para pelaku UKM yang mengikuti program pembelajaran di Ninja Studi tidak hanya dapat menguasai pasar lokal, tetapi juga pasar global.

“Melalui pelatihan yang komprehensif dan berfokus pada peningkatan keterampilan bisnis, (pelaku) UKM bisa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bersaing secara global. Dengan demikian, akan muncul lebih banyak UKM yang sukses dalam menghadapi tantangan pasar global," ucap Yosef.

Untuk informasi terkait penggunaan Ninja Studio bagi komunitas UKM, silakan klik tautan berikut.

Hadirkan layanan Ninja International Deliveries bersama Mallindo

Selain menghadirkan Ninja Studio, Ninja Xpress juga menghadirkan layanan Ninja International Deliveries. Layanan ini dihadirkan untuk membantu pelaku UKM dalam menjangkau pasar global sehingga dapat naik kelas.

Adapun layanan tersebut merupakan buah kerja sama antara Ninja Xpress dengan Mallindo.

Lewat layanan tersebut, UKM kini bisa melakukan pengiriman barang keluar negeri, khususnya ke Singapura dan Malaysia, secara end-to-end. Layanan ini pun didukung dengan bantuan pengurusan dokumen hingga dengan penyediaan fasilitas cash on delivery (COD) lintas negara.

Ninja Xpress bekerja sama dengan Mallindo untuk bantu ekspor produk UKM Indonesia. Dok. Ninja Xpress Ninja Xpress bekerja sama dengan Mallindo untuk bantu ekspor produk UKM Indonesia.

Tidak hanya itu, sebagai bentuk dukungan agar UKM dapat menjual produknya di luar negeri, Ninja Xpress juga memfasilitasi UKM untuk dapat berjualan di Mallindo.

Sebagai informasi, Mallindo adalah platform e-commerce yang berfokus pada penjualan produk-produk Indonesia di Malaysia. Platform ini merupakan salah satu bagian penting dari ekosistem Ninja International Deliveries yang dikelola oleh Ninja Xpress.

Kehadiran Mallindo.com diharapkan dapat membantu UKM di Indonesia untuk memiliki akses yang lebih luas dan mudah dalam menjangkau pasar global.

“Mallindo dikelola oleh Titan Sabtian, seorang profesional yang berpengalaman selama 20 tahun di bidang ekspor dan impor. Beliau adalah Coach Ekspor Certified BNSP Sekolah Ekspor. Keahliannya di bidang ini diharapkan dapat mendukung UKM Indonesia memasuki pasar Malaysia yang sangat menjanjikan,” jelas Andi

Andi menambahkan, Mallindo dapat mengakomodasi berbagai kategori produk yang dijual UKM, mulai dari makanan, fesyen, hingga aksesori.

Oleh karena itu, Andi menilai Mallindo dapat membuka pintu bagi UKM yang ingin menjual produknya secara luas, asalkan produk tersebut mematuhi regulasi yang berlaku.

“Hal ini tentu menciptakan peluang yang tidak terbatas bagi para pelaku UKM untuk mengeksplorasi pasar Malaysia dengan lebih luas melalui Mallindo,” terangnya.

Sementara itu, Titan Sabtian menerangkan bahwa pembelajaran yang fokus pada pengembangan bisnis dari pasar lokal hingga pasar global menjadi peluang berharga bagi pelaku UKM untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka.

“Tidak sebatas itu, adanya layanan Ninja International Deliveriesdan fasilitas untuk menjual produk di Mallindo akan semakin memudahkan UKM untuk naik kelas dan melakukan ekspansi bisnis mereka ke luar negeri,” ujar Titan.

Untuk informasi lebih lengkap terkait layanan Ninja International Deliveries, silakan klik tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com