Advertorial

Jelang IndonesianGP 2023, MGPA Matangkan Persiapan dan Siapkan Berbagai Side Event Menarik

Kompas.com - 22/09/2023, 15:14 WIB

KOMPAS.com – Jelang penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP) 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 13-15 Oktober 2023, PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) dan Dyandra & Co terus matangkan persiapan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah mempersiapkan infrastruktur untuk mendukung kenyamanan para pebalap dan penonton yang akan hadir.

Persiapan yang dilakukan MGPA dan Dyandra & Co mencakup area lintasan (track), paddock, dan inner-circuit. Pada area track, persiapan yang dilakukan mencakup pengecatan ulang kerb dan area run-off, pemasangan sensor untuk area track-limit baru sesuai permintaan Federation of International Motorcycling (FIM), serta timing system.

Untuk bagian paddock, MGPA bersama Dyandra & Co akan melakukan penempatan berbagai tenda dan bangunan penunjang.

Sementara itu, di area inner-circuit, MGPA dan Dyandra & Co akan melakukan pemasangan panggung musik, tenda stan untuk UMKM, area Motorsport Zone, area makan dan minum, serta berbagai keperluan lain.

Untuk mendukung jalannya balapan, MGPA telah melatih 25 orang super marshall. Seluruh personel ini dilatih langsung oleh FIM Asia.

MGPA dan Dyandra & Co juga telah menyiapkan traffic management demi mendukung kelancaran penyelenggaraan event. Melalui koordinasi dengan pihak berwenang, traffic management juga disiapkan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan penonton dan pengunjung, mulai dari kedatangan, selama menyaksikan gelaran, sampai kepulangan dari sirkuit.

Ruas jalan menuju sirkuit pun telah diperluas agar dapat dilalui oleh dua mobil sejajar dalam dua arah. Guna menambah kenyamanan penggemar MotoGP yang hadir, MGPA juga menghadirkan shuttle bus dan memperbanyak kantong parkir yang dapat menampung 14.000 kendaraan, baik roda dua maupun empat.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan, pihaknya juga melakukan penutupan sirkuit untuk semua kegiatan umum, seperti Track-Day dan Track-Walk, sejak Senin (18/9/2023) hingga Minggu (15/9/2023). 

“Penutupan sirkuit dilakukan untuk memperbaiki sirkuit agar ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 dapat berlangsung dengan baik dan meriah. Dengan begitu, ajang ini bisa menjadi exposure Indonesia di mata dunia melalui berbagai liputan berita, baik di TV, media online, maupun berbagai media lain,” jelas Priandhi dalam rilis pers yang diterima Kompas.com. Jumat (22/9/2023).

Meski begitu, sirkuit tetap dibuka bagi pihak yang telah mendaftarkan diri untuk melakukan kegiatan di Pertamina Mandalika International Circuit, seperti kementerian, lembaga, dan aparat terkait yang bertugas meninjau kesiapan sirkuit ataupun komunitas yang sudah melakukan booking untuk menggunakan sirkuit.

Hadirkan side event menarik

Tak hanya menghadirkan aksi para riders terbaik dunia, sebagai promotor dan co-promotor IndonesianGP 2023, MGPA dan Dyandra & Co juga menggelar berbagai side event selama gelaran IndonesianGP 2023.

Priandhi menjelaskan, MGPA dan Dyandra & Co telah menyiapkan berbagai acara, seperti panggung hiburan yang menyajikan festival musik. Sejumlah musisi Tanah Air, seperti Amtenar, Dipha Barus ft. Faye, Hydro Koplo, Melanie and DKK, dan NTRL akan memeriahkan panggung hiburan tersebut.

MGPA dan Dyandra & Co menghadirkan festival musik yang dimeriahkan sejumlah Sejumlah musisi Tanah Air, seperti Amtenar, Dipha Barus ft. Faye, Hydro Koplo, Melanie and DKK, dan NTRL. Dok. MGPA MGPA dan Dyandra & Co menghadirkan festival musik yang dimeriahkan sejumlah Sejumlah musisi Tanah Air, seperti Amtenar, Dipha Barus ft. Faye, Hydro Koplo, Melanie and DKK, dan NTRL.

Terdapat sejumlah zona side event yang tersebar di sekitar Pertamina Mandalika International Circuit, yakni Zona Tropika, Zona Bhinneka, area UMKM, Zona F-G, Zona Merdeka, Zona Pusaka, dan Area Deluxe.

Ada pula area Bikers’ Lot yang menawarkan pengalaman seru bagi para penonton. Di area ini terdapat pameran otomotif, test ride, serta Fuel Up yang merupakan area food and beverages (F&B).

Tidak hanya itu, pertunjukan budaya Indonesia juga akan hadir ke mata dunia pada pembukaan MotoGP Indonesia. MGPA dan Dyandra & Co bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi NTB akan menyuguhkan budaya Indonesia melalui sebuah pertunjukan. Ini sebagai upaya memperkenalkan kebudayaan Indonesia di kancah internasional.

Priandhi mengatakan, seluruh penonton yang memiliki tiket dapat menikmati berbagai kegiatan pada side event tersebut.

 Ia pun berharap, kehadiran side event itu dapat memudahkan pengunjung yang datang karena lokasinya terintegrasi dengan area sirkuit.

Sementara itu, dari sisi race, Dorna Sports menghadirkan aktivitas yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Dorna akan menyuguhkan Sprint Race setelah sesi kualifikasi pada Sabtu (14/10/2023).

Dengan jumlah lap yang lebih pendek, para pebalap di kelas MotoGP akan berlomba secara habis-habisan tanpa menghiraukan konsumsi ban untuk menjadi yang tercepat. Sprint Race ini menyediakan poin bagi pemenang hingga posisi kesembilan. Poin ini akan turut menentukan perebutan juara dunia MotoGP.

Penjualan tiket IndonesianGP 2023

Anda yang ingin menonton IndonesianGP 2023 bisa membeli tiket melalui website resmi race.themandalikagp.com. Terdapat lima kategori tiket yang ditawarkan, yakni kategori VIP Suites atau Premium, kategori Deluxe dibanderol mulai dari Rp 15 juta, Premium Grandstand mulai dari harga Rp 1 juta, dan Regular Grandstand mulai dari harga Rp 650.000.

Untuk tiket Grandstand J - #WEARE93, dibanderol mulai dari Rp 2,3 juta dan Festival - GA seharga Rp 250.000.

Selain melalui website, pembelian tiket secara online juga bisa dilakukan melalui Dyandra Tiket, MyPertamina, Tiket.com, Tiketapasaja.com, Livin by Mandiri, serta Alfagift.

Sementara itu, pembelian tiket secara offline bisa dilakukan melalui sejumlah travel agent yang tersebar di berbagai kota.

Warga NTB bisa menikmati penawaran spesial berupa potongan diskon 50 persen untuk tiket kategori Regular Grandstand dan Festival dengan kuota terbatas. Dok. MGPA Warga NTB bisa menikmati penawaran spesial berupa potongan diskon 50 persen untuk tiket kategori Regular Grandstand dan Festival dengan kuota terbatas.

Bagi Anda yang tinggal di NTB, ada penawaran spesial potongan diskon 50 persen untuk tiket kategori Regular Grandstand dan Festival. Promo ini berlangsung sejak Rabu (13/9/2023) dengan kuota terbatas.

Cara mendapatkan promo tersebut cukup mudah. Anda bisa langsung mengunjungi Ticket Box di Lombok Epicentrum Mall dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai bukti Anda adalah warga NTB.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari sejarah balap motor Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP) 2023!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai MotoGP 2023–Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP), silakan kunjungi situs www.themandalikagp.com dan akun Instagram @themandalikagp.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com