Advertorial

Wakil Bupati Klaten Optimistis Terima Penghargaan Swasti Saba di KKS 2023

Kompas.com - 22/09/2023, 16:27 WIB

KOMPAS.com - Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya meyakini bahwa Kabupaten Klaten akan menerima penghargaan Swasti Saba dalam Kompetisi Kabupaten Kota Sehat (KKS) 2023.

Hal tersebut ia sampaikan saat berbicara dalam Focus Group Discussion (FGD) hasil verifikasi lapangan KKS 2023 di Joglo Umbul Besuki, Desa Kiringan, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pihak, di antaranya Pimpinan Tim Verifikasi KKS 2023 dari Direktorat Pengendalian Pencemaran Udara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Tim Pembina KKS Provinsi Jateng, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Ketua DWP Klaten, Asisten 1 Setda Klaten, Kepala OPD, Camat Polanharjo, Kepala OPD, serta sejumlah tamu undangan lain.

Dalam sambutannya, Yoga mengucapkan terima kasih kepada Tim Verifikasi Pusat atas kunjungannya ke Kabupaten Klaten.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada tim verifikator KKS atas kepercayaan kepada Klaten yang telah dilaksanakan penilaian selama dua hari, yakni 20 hingga 21 September 2023. Kami (Pemkab Klaten) mohon masukan dan semoga hasil penilaian KKS memuaskan. Semoga (Pemkab Klaten) memperoleh salah satu dari penghargaan Swasti Saba,” terang Yoga Hardaya.

Pada kesempatan itu, Pimpinan Tim Verifikasi KKS 2023 dan Direktur Pengendalian Pencemaran Udara Kementerian LHK RI Nevy Rinda Nugraini menyampaikan hasil verifikasi untuk sembilan aspek KKS 2023.

Kesembilan aspek itu adalah tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, tatanan permukiman dan fasilitas umum, tatanan pendidikan, tatanan pasar, tatanan pariwisata, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas jalan, tatanan perkantoran dan perindustrian, tatanan perlindungan sosial, serta tatanan pencegahan dan penanggulangan bencana selama dua hari operasi.

“Hasilnya cukup baik. Dari sembilan tatanan, yang kami kunjungi secara langsung ada dua. Tatanan perlindungan sosial, kami sudah mendapatkan data terkait gelandangan dan lain. Kemudian, tatanan pencegahan dan penanggulangan bencana, Bupati Klaten sudah memaparkan bahwa Klaten memiliki Relawan Tangguh Bencana di 391 desa dan 10 kelurahan sejumlah lebih kurang 600 orang,” kata Nevy.

Acara selanjutnya, Focus Group Discussion (FGD) dipandu oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappedalitbang) Klaten, Pandu Wirabangsa. Setelah itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten Anggit Budiarto menyampaikan hasil dari masukan dan penilaian yang dilakukan oleh Tim Verifikasi KKS 2023.

Pada akhir acara, Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat (KKS) 2023 Klaten, yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Komisi IV, Edy Sasongko, menutup acara tersebut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com