Kabar pos

Unggul dalam Transformasi Bisnis, Pos Indonesia Raih Prominent Award 2023

Kompas.com - 24/09/2023, 12:15 WIB

KOMPAS.com - PT Pos Indonesia (Persero) terus menorehkan berbagai prestasi berkat langkah transformasi. Terbaru, Pos Indonesia menerima penghargaan The Most Prominent State-Owned Company In Business Process Transformation dalam ajang Prominent Award 2023.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Corporate Secretary Pos Indonesia Tata Sugiarta pada Jumat (22/9/2023).

Tata mengatakan, dirinya sangat bersyukur atas penghargaan yang didapat oleh Pos Indonesia.

"Alhamdulillah, kami meraih award ini. Acaranya keren sekali. Meraih penghargaan ini tidak mudah dan kami sudah berjuang terutama dalam dua tahun terakhir. Kami merasakan hantaman Covid-19 dan sebagainya, tapi bisa survive," ujar Tata dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (24/9/2023).

Tata menambahkan, penghargaan yang didapat Pos Indonesia tak lepas berkat upaya transformasi yang membuat bisnis perseroan semakin berkembang.

Berkat transformasi tersebut, Pos Indonesia berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 650 miliar pada 2022. Laba ini jadi yang terbesar sepanjang sejarah berdirinya perseroan.

Tak hanya itu, aset Pos Indonesia naik sebesar 15,1 persen menjadi Rp 11,149 triliun. Laba perusahaan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) perseroan juga naik 12 persen dibandingkan 2021.

"Transformasi pertama kami lakukan dalam proses bisnis, yakni dengan digitalisasi. Jadi, semua proses sekarang dilakukan secara digital, terukur, dan good governance. Semuanya menghasilkan hasil yang baik dalam meningkatkan kinerja keuangan dan meningkatkan bisnis," kata Tata.

Transformasi tersebut, lanjut tata, dilakukan pada berbagai sektor. Utamanya, pada sumber daya manusia (SDM) dan human capital.

Berkat transformasi SDM dan human capital, Pos Indonesia saat ini memiliki kurang lebih sekitar 30.000 head account di seluruh Indonesia.

Terus berinovasi

Pos Indonesia akan terus melakukan inovasi baru di masa depan untuk dapat beradaptasi dengan pesatnya kemajuan teknologi dan perkembangan zaman.

Pasalnya, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tertua di Indonesia, Pos Indonesia menyadari pentingnya berinovasi agar dapat bertahan dalam mengarungi era digital seperti yang terjadi saat ini.

Pada 2020, Pos Indonesia pun telah menerapkan tujuh transformasi usaha sebagai bagian komitmen dari upaya adaptasi tersebut,

Ketujuh transformasi usaha itu adalah business transformation, product and channel transformation, transformation process, technology transformation, human resource transformation, organization transformation, dan culture transformation.

Selain itu, Pos Indonesia juga melakukan branding ulang sebagai bentuk penyegaran dengan meluncurkan logo "Pos Ind Logistik Indonesia" pada 2023.

Penghargaan pada Prominent Awards didapatkan Pos Indonesia berkat sejumlah upaya transformasi. Dok. Pos Indonesia Penghargaan pada Prominent Awards didapatkan Pos Indonesia berkat sejumlah upaya transformasi.

Pos Ind Logistik Indonesia akan menjadi wajah baru dalam pelayanan Pos Indonesia di masa depan sekaligus menjadi langkah nyata transformasi Pos Indonesia menuju BUMN Logistik.

Selain upaya tersebut, Pos Indonesia juga meluncurkan superapp Pospay sebagai salah satu upaya andalan. Pospay sendiri adalah aplikasi yang mampu mengakomodasi kebutuhan masyarakat terhadap layanan jasa keuangan yang cepat dan aman.

Penghargaan untuk korporasi berdampak besar

Sebagai informasi, Prominent Awards diselenggarakan oleh Metro TV dan Solutee.Id. Acara ini hadir untuk mengapresiasi perusahaan yang memiliki dampak besar di masyarakat.

Direktur Utama Metro TV Don Bosco Salamun menjelaskan, lewat Prominent Awards, pihaknya berusaha untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan dan lembaga yang benar-benar prominen, unggul, menonjol, dan terkemuka.

“Penghargaan diberikan untuk level korporasi dan yayasan yang telah berhasil memberikan dampak besar kepada masyarakat ataupun bangsa," jelas Don Bosco.

Sementara itu, Chief Executive Officer Solutee.Id Arief Hidayat Thamrin menerangkan bahwa perhelatan Prominent Awards menjadi terobosan baru yang unik.

“Prominent Awards ini unik karena jadi satu-satunya penghargaan yang merangkum tiga bidang, yaitu Prestasi BUMN, Emiten, dan Program CSR. Penentuan para pemenangnya acara ini pun melalui kriteria yang cukup ketat,” kata Arif.

Untuk diketahui, Pos Indonesia berhasil meraih penghargaan The Most Prominent State-Owned Company In Business Process Transformation karena berhasil memenuhi sejumlah kriteria yang telah ditetapkan.

Kriteria tersebut salah satunya adalah digitalisasi pada human capital. Langkah ini dilakukan di bidang human resources, people analytic, capacity planning, digital talent, learning development, dan knowledge management.

Berkat itu, Pos Indonesia berhasil memajukan kualitas SDM yang ada pada ekosistemnya.

Prestasi lain yang patut dibanggakan dari BUMN Logistik ini adalah Pos Indonesia juga mendapat apresiasi dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dalam penyaluran bantuan sosial berupa bantuan langsung tunai (BLT).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com