Advertorial

Permudah Masyarakat, Kini Pembayaran Pajak Daerah Jakarta Bisa Menggunakan Virtual Account

Kompas.com - 25/09/2023, 08:00 WIB

KOMPAS.com – Seiring dengan kemajuan teknologi perbankan, aktivitas transaksi keuangan masyarakat juga semakin mudah dan praktis. Pasalnya, untuk berbagai transaksi keuangan, mulai transfer, membeli barang, hingga membayar tagihan, bisa dilakukan secara digital.

Adapun salah satu inovasi transaksi digital yang memudahkan masyarakat adalah virtual account (VA). Diberitakan Kompas.com, Selasa (24/1/2023), virtual account adalah akun atau rekening bank yang dibuat secara virtual.

Akun tersebut umumnya berbentuk kombinasi angka unik yang dapat digunakan untuk melakukan identifikasi pembayaran yang spesifik untuk tujuan tertentu.

Metode VA sendiri menawarkan fleksibilitas transaksi bagi pengguna. Dengan VA, Anda tinggal membuka m-banking dan memasukkan kode untuk melakukan pembayaran kapan saja tanpa perlu mencatat nomor rekening bank dan melakukan konfirmasi pembayaran.

VA bisa digunakan untuk bermacam transaksi keuangan, seperti mengisi saldo e-wallet, melakukan pembayaran di e-commerce, dan membayar pajak.

Sebagai contoh, warga Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta kini bisa membayar pajak daerah secara online dengan menggunakan metode VA.

Kepala Unit Pusat Data dan Informasi Pendapatan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta Morris Danny Siregar mengatakan, dalam upaya untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada warga, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mengintegrasikan sistem pembayaran pajak daerah dengan metode VA.

“Dengan menggunakan kode unik yang terkait langsung dengan identitas pajak masing-masing warga, proses pembayaran menjadi lebih efisien dan cepat,” ujar Morris dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (25/9/2023).

Morris menjelaskan, keunggulan utama dari sistem tersebut adalah terintegrasi dengan sejumlah bank terkemuka di Indonesia. Hal ini memungkinkan para wajib pajak melakukan pembayaran melalui bank yang digunakan sehari-hari.

“Pembayaran pajak online dengan metode VA menjadi langkah penting dalam memajukan layanan publik di era digital ini. Bapenda DKI Jakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan bagi masyarakat dalam melaksanakan kewajiban perpajakan mereka," katanya.

Dengan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan yang ditawarkan tersebut, warga Jakarta diharapkan dapat lebih tertib dalam memenuhi kewajiban perpajakan mereka. Sebab, digitalisasi dalam proses pembayaran pajak merupakan langkah cerdas menuju masyarakat yang lebih canggih dan modern.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com