Advertorial

Buka Jalur PMDK 2024, Unpar Berikan Beasiswa Awal Masuk Kuliah

Kompas.com - 25/09/2023, 15:48 WIB

KOMPAS.com - Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung telah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk Tahun Akademik 2024/2025 melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).

Peserta yang lulus seleksi tersebut berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa berupa potongan biaya awal sampai dengan 50 persen.

Sebagai informasi, pendaftaran untuk program PMDK Unpar 2024 dibuka melalui laman https://pmb.unpar.ac.id/ sampai Kamis (30/11/2023) pukul 23.59 WIB.

Adapun komponen biaya kuliah di Unpar terdiri dari biaya awal, biaya satuan kredit semester (SKS), dan sumbangan solidaritas.

Universitas yang berpengalaman dan terakreditasi Unggul itu menyediakan 18 program studi (prodi) untuk jenjang strata 1 (S1) dan diploma 3 (D3). Berbeda dengan jalur seleksi lain, calon mahasiswa hanya dapat memilih 1 prodi dalam jalur PMDK ini.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri melalui jalur PMDK harus memiliki nilai diatas dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Sebagai informasi, ada persyaratan khusus yang perlu dipenuhi calon mahasiswa untuk prodi tertentu.

Khusus Prodi Arsitektur, calon mahasiswa wajib mengirimkan hasil gambar sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan.

Kemudian, calon mahasiswa Prodi Teknik Kimia dan Teknik Elektro wajib melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna.

Selanjutnya, calon mahasiswa Prodi Hubungan Internasional wajib menulis uraian, motivasi, dan testimoni dalam bahasa Inggris.

Terakhir, Prodi Humanitas (Integrated Arts) wajib melampirkan portofolio karya yang pernah dibuat serta tulisan esai sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan.

Selain persyaratan khusus tersebut, calon mahasiswa juga wajib menyertakan dokumen berikut.

  1. Fotokopi rapor SMA kelas X dan XI (semester 1 dan 2)
  2. Surat Keterangan Siswa Aktif (rekomendasi sekolah)
  3. Siswa sekolah internasional yang dinyatakan lolos harus sudah memiliki penyetaraan Ijazah (setara SMA) saat periode Daftar Ulang
  4. Siswa dengan ijazah Paket C yang dinyatakan lolos wajib menyerahkan legalisir ijazah dan fotokopi rapor kelas X - XII saat periode Daftar Ulang.
  5. Membuat surat motivasi atau motivation letter dengan topik “Mengapa saya memilih Unpar dan Alasan memilih Program Studi yang dipilih” yang ditulis tangan maksimal 500 kata dalam bahasa Indonesia. Khusus untuk calon mahasiswa Prodi Hubungan Internasional, wajib ditulis dalam Bahasa Inggris

Semua rangkaian pendaftaran jalur PMDK tidak dipungut biaya. Informasi selengkapnya dapat dilihat melalui laman https://pmb.unpar.ac.id/.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Unpar melalui email admisi@unpar.ac.id, telepon (022) 2032655, dan Instagram @unparofficial.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com