Advertorial

Tingkatkan Literasi Keuangan, LPS Gelar Festival CreArtive 2023 Kompetisi Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 26/09/2023, 10:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kembali menggelar kompetisi video pendek kreatif. Pada tahun ini, kompetisi bertajuk Festival CreArtive itu memiliki sejumlah kategori lomba baru, yaitu poster iklan masyarakat.

Kompetisi tersebut berlangsung dari September hingga Oktober 2023 dengan total hadiah mencapai ratusan juta rupiah.

Sekretaris Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Dimas Yuliharto menjelaskan bahwa penyelenggaraan acara itu memiliki tujuan utama untuk mengedukasi masyarakat tentang manfaat menabung di bank serta literasi keuangan secara umum.

Selain itu, Festival CreArtive 2023 juga bertujuan untuk mengenalkan peran dan fungsi LPS sebagai lembaga penjamin keamanan tabungan. Hal tersebut sesuai dengan tema kompetisi yang diangkat, yaitu “Bangun Budaya Menabung, Wujudkan Finansial yang Sehat”.

“Masih ada lho berita soal uang warga yang dimakan rayap, hilang, dan dirampok karena disimpan di rumah. Padahal, ada bank sebagai tempat aman untuk menyimpan uang dan dijamin LPS,” ujarnya saat konferensi pers di Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (20/9/2023).

Dimas melanjutkan, disinformasi atau informasi yang tidak jelas mengenai isu keuangan menjadi salah satu penyebab tingkat pemahaman masyarakat terhadap literasi keuangan rendah. Akibatnya, inklusi keuangan di Indonesia belum maksimal.

Tak hanya itu, imbuhnya, menabung di bank turut berkontribusi pada negara. Simpanan tersebut menjadi salah satu sumber modal pemerintah dalam pembangunan infrastruktur, seperti jalan yang mendukung perekonomian.

"Oleh karena itu, LPS berkomitmen untuk terus mendukung berbagai upaya yang bertujuan meningkatkan pemahaman keuangan masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat lewat Festival CreArtive 2023,” lanjutnya.

Ia pun menambahkan, Festival CreArtive 2023 bisa menjadi wadah bagi generasi muda, khususnya para insan kreatif, untuk menyalurkan kreativitas dan hobinya.

Hal senada turut disampaikan Juri Festival CreArtive 2023, Fajar Nugros. Ia menilai, kompetisi ini adalah sarana tepat bagi para generasi muda untuk menyalurkan kreativitasnya sembari mengedukasi masyarakat soal literasi keuangan.

Sineas yang baru saja meluncurkan film berjudul Sleep Call itu pun menggambarkan potensi pesan yang dapat disampaikan melalui video dan poster dalam kompetensi tersebut. Jika satu orang punya 100 pengikut di sebuah akun media sosial dan Festival CreArtive 2023 diikuti oleh ratusan peserta, jangkauan pesan pun semakin luas.

Meski begitu, Fajar menekan bahwa para peserta kompetisi Festival CreArtive 2023 perlu memiliki pemahaman yang baik tentang LPS. Hal ini tidak hanya membantu dalam pembuatan materi, tapi juga memastikan bahwa peserta menyampaikan pesan secara tepat kepada masyarakat.

“Pahami betul tujuan yang ingin disampaikan. Meski kesamaan ide kemungkinan ada, setiap peserta punya cara berbeda dalam menyampaikan pesan. Intinya, semakin menarik dan sederhana, tapi pesannya tetap on point, semakin bagus,” ujar Fajar.

LPS sendiri akan menggelar roadshow Festival CreArtive 2023 bersama Fajar ke tiga kota besar, yakni Bandung (27 September 2023), Yogyakarta (4 Oktober 2023), dan Jakarta (17 Oktober 2023). Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Festival CreArtive 2023 kepada generasi muda di tiga kota tersebut.

Sebagai informasi, penyerahan materi (submission) kompetisi Festival CreArtive 2023 berlangsung dari 20 September 2023 hingga 31 Oktober 2023. Penjurian akan dilakukan pada 2 November 2023 dan pengumuman pemenang pada 8 November 2023.

LPS telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp 127 juta untuk para pemenang dari seluruh kategori yang dilombakan.

Untuk kategori video, juara pertama bakal mendapatkan Rp 45 juta, juara kedua Rp 30 juta, dan juara ketiga Rp 15 juta, serta juara favorit Rp 5 juta.

Sementara untuk kategori poster, juara pertama akan mendapatkan Rp 10 juta, juara kedua Rp 7 juta, juara ketiga Rp 5 juta, serta juara favorit Rp 2,5 juta.

Informasi selengkapnya mengenai syarat dan ketentuan, serta parameter penilaian kompetisi Festival CreArtive 2023, silakan klik tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com