Advertorial

Dorong Minat Sains Anak, Gramedia dan Bank Danamon Hadirkan Gramedia Science Day 2023 di Surabaya

Kompas.com - 26/09/2023, 13:23 WIB

KOMPAS.com - Gramedia kembali menggelar perlombaan Gramedia Science Day 2023 bertajuk ““Energi Alternatif” di Tunjungan Plaza 3, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (16/9/2023). Acara ini mendapat dukungan dari Bank Danamon.

Sebagai informasi, Gramedia Science Day 2023 merupakan wadah bagi siswa-siswi untuk mengukur kemampuan dalam bidang sains melalui kompetisi yang menarik. Selain kompetisi, acara ini juga mengajak anak-anak belajar dan bermain melalui eksperimen sains.

Gramedia Science Day 2023 menghadirkan berbagai rangkaian perlombaan, seperti tes pengetahuan teori, eksperimen sains 1, eksperimen sains 2, dan presentasi hasil eksperimen sains tim. Lomba ini diperuntukkan untuk siswa kelas 4 sampai kelas 6 sekolah dasar (SD).

Setiap perlombaan dinilai oleh juri yang kompeten di bidang sains. Sebut saja, dosen Program Studi (Prodi) Rekayasa Teknologi Universitas Airlangga Mochamad Lutfi Firmansyah, Wakil Dekan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Adhi Dharma Wibawa, serta Pendiri Rumah Main STrEAM Yuni Widiastuti.

Operation Director of Gramedia Heri Darmawan berharap, Gramedia Science Day dapat membantu anak-anak Indonesia dalam mempraktikkan ilmu sains yang telah dipelajari di sekolah.

“Acara tersebut merupakan wujud nyata komitmen Gramedia dalam mendukung kemampuan literasi anak. Melalui acara ini, kami mengajak anak bermain dan belajar melalui eksperimen sains,” ujar Heri dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (25/9/2023).

Sementara itu, Chief Digital Officer Bank Danamon Andreas Kurniawan mengatakan bahwa Bank Danamon merasa bangga dapat mendukung Gramedia dalam penyelenggaraan Gramedia Science Day.

Melalui kemitraan tersebut, Danamon berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan dan masa depan Indonesia.

“Kerja sama tersebut membuktikan komitmen Danamon dalam mengembangkan kapabilitas dan ekosistem digital kami di bidang pendidikan,” ujar Andreas.

Pada kesempatan sama, Yuni yang bertindak sebagai juri Gramedia Science Day 2023 mengatakan bahwa Gramedia Science Day mengedepankan unsur permainan dalam mengajarkan sains kepada anak-anak.

Operation Director of Gramedia Heri Darmawan (kedua dari kiri).DOK. Gramedia Operation Director of Gramedia Heri Darmawan (kedua dari kiri).

Dengan demikian, peserta dapat mendapatkan pengalaman belajar sains dengan cara menyenangkan. Belajar sains bisa dilakukan menggunakan berbagai macam alat kapan pun dan di mana pun.

“Melalui Gramedia Science Day 2023, para peserta diajak menggunakan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, serta kreativitas untuk melakukan eksperimen sains,” kata Yuni.

Untuk diketahui, Gramedia Science Day 2023 menyediakan total hadiah jutaan rupiah, plakat, sertifikat, produk spesial, serta hadiah hiburan untuk para juara.

Pemenang Gramedia Science Day 2023. DOK. Gramedia Pemenang Gramedia Science Day 2023.

Kompetisi tersebut dimenangkan oleh tim dari tiga sekolah berbakat. Juara pertama ditempati SD Islam Al Azhar 35 Surabaya yang diwakili oleh Fidella Aisyah dan Manira dan juara kedua diraih oleh SDN Jambangan 1 Surabaya yang diwakili Muhammad Haniadrian Wibowo dan Rafi Aditva Zhafran.

Sementara itu, juara ketiga ditempati oleh SDN Sedati 1 yang diwakili oleh Inggrid Pradiva Berlian dan Arini Dwi Prameswari.

Selain juara utama, Gramedia Science Day juga mengapresiasi finalis terbaik, yakni tim SDN Kedungdoro V/310, SD Surabaya Montessori School, SD AL Muslim, SDS Menganti Permai, SDN Keputrian I/332, dan SDN Wonorejo 274.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com