Advertorial

Hadiri Peringatan Hantaru, Kepala BPN Sulsel Apresiasi Kepedulian Pj Gubernur Bahtiar

Kompas.com - 26/09/2023, 17:10 WIB

KOMPAS.com - Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Undang-Undang Pokok Agraria, dipusatkan di Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (23/9/2023).

Mengangkat tema “Kinerja dan Kolaborasi untuk Indonesia Maju”, upacara tersebut diikuti oleh 1.500 peserta dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Sulsel.

Kepala BPN Kanwil Sulsel Tri Wibisono mengapresiasi kehadiran dan kepedulian Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin yang hadir sebagai inspektur upacara.

"Kami atas nama Kanwil dan Kantor Pertanahan Sulsel mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur yang berkenan hadir untuk menjadi inspektur upacara serta menyerahkan sertifikat dalam rangka peringatan Hantaru 2023," kata Tri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (26/9/2023).

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur Sulsel menyampaikan beberapa poin pernyataan dari Menteri ATR/Kepala BPN.

Pernyataan tersebut meliputi telah didaftarkan sebanyak 107,1 bidang tanah dari target 126 juta, akselerasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), dukungan pembangunan IKN dan percepatan realisasi target Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Kemudian, sinergi penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan, sinergi dan kolaborasi empat pilar antara Kementerian ATR/BPN dengan pemerintah daerah, aparat penegak hukum (APH), dan badan peradilan sebagai kunci menyelesaikan permasalahan tanah dengan baik.

"Ini merupakan kinerja dan kolaborasi untuk Indonesia Maju, sesuai dengan tema Hantaru saat ini," jelasnya.

Ia juga menyampaikan beberapa kasus yang melibatkan oknum mafia tanah. Kasus eks kebun binatang di Makassar, misalnya. Penanganan ini menjadi bukti keseriusan Kementerian ATR/BNP dalam memberantas mafia tanah.

Bahtiar berharap, sinergi yang dijalin dapat memberikan kemajuan pada provinsi Sulsel.

Usai upacara, Pj Gubernur Sulsel menyampaikan apresiasi kepada ATR/BNP yang telah bekerja keras selama 63 tahun dalam upaya mengawal aset tanah negara.

"Hari ini yang paling berbahagia adalah kawan-kawan kita yang bekerja di ATR/BPN seluruh Indonesia. Kita ucapkan selamat ulang tahun. Usia yang sangat panjang telah mengabdi untuk negeri kita," sebutnya.

Pada kesempatan itu, Bahtiar juga menyerahkan sertifikat dan piagam penghargaan dalam kegiatan retribusi tanah, pembebasan atau keringanan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) kepada kepala daerah di Sulsel.

Pj Gubernur Sulsel juga menyerahkan 30.337 sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Sementara, Tri menyerahkan cendera mata berupa plakat kepada Bahtiar dan Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi.

-Dok. Pemprov Sulsel -

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com