Advertorial

Lantik 422 Pejabat, Bupati Klaten: Laksanakan Tugas dan Tanggung Jawab sebagai Amanat dan Kepercayaan Bangsa

Kompas.com - 26/09/2023, 17:32 WIB

KOMPAS.com – Bupati Klaten Sri Mulyani melantik 422 pejabat yang terdiri dari pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas, dan penugasan guru sebagai kepala sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten. Pelantikan diselenggarakan di Pendopo Setda Klaten, Jawa Tengah, Selasa (26/9/2023).

Pada kesempatan itu, Sri Mulyani menyampaikan selamat kepada seluruh pejabat yang dilantik dan diambil sumpah atau janjinya sebagai pejabat baru untuk memimpin organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing.

“Pada hari ini, saudara-saudara telah saya lantik sekaligus diambil sumpah atau janji atas nama agama dan keyakinan saudara untuk memangku jabatan. Laksanakan tugas dan tanggung jawab (yang diberikan) sebagai amanat dan kepercayaan bangsa dan negara di pundak saudara,” kata Sri Mulyani dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Tak hanya itu, Sri Mulyani juga menyampaikan beberapa pesan khusus kepada seluruh pejabat yang dilantik.

Pertama, sebagai pegawai negeri sipil (PNS), para pejabat yang dilantik memikul tanggung jawab untuk menjunjung tinggi kehormatan serta martabat negara, pemerintah, dan PNS.

Kedua, Sri Mulyani mengingatkan para pejabat untuk menaati sumpah atau janji PNS serta sumpah atau janji jabatan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Ketiga, menaati ketentuan jam kerja, menciptakan dan memelihara suasana kerja yang baik, serta menggunakan dan memelihara barang-barang milik negara dengan sebaik-baiknya.

Kemudian, memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat menurut bidang tugas masing-masing, serta bertindak dan bersikap tegas, tetapi tetap adil dan bijaksana terhadap bawahan.

Keempat, menegakkan disiplin pegawai dengan memberi contoh keteladanan. Tidak segan memberikan teguran dan peringatan serta tidak memberi ruang terhadap sikap indisipliner yang mungkin terjadi di antara pegawai sehingga dapat merendahkan martabat sebagai PNS.

Kelima, Sri Mulyani meminta para pejabat untuk tanggap dalam melakukan berbagai tindakan yang dipandang perlu demi percepatan eksistensi OPD yang dipimpin. Dengan begitu, pelayanan yang lancar bagi masyarakat Kabupaten Klaten bisa terwujud.

Sebagai informasi, acara pelantikan tersebut juga dihadiri perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Klaten, Sekretaris Daerah (Setda) Klaten, Asisten Sekda Klaten, dan kepala OPD.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com