Advertorial

Lantik 4 Pj Ketua TP-PKK Kabupaten dan Kota, Sofha Marwah Minta Layanan Kesehatan dan Ketahanan Ekonomi Diperhatikan

Kompas.com - 26/09/2023, 19:23 WIB

KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Sofha Marwah Bahtiar melantik 4 Pj Ketua TP-PKK kabupaten dan kota di Ruang Pola, Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Selasa (26/9/2023).

Mereka adalah Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Sinjai Cut Resmiati menggantikan Nur Hilda Daranata Seto, Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Bantaeng Andi Yanti Raodah menggantikan Sri Dewiyanti, Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Bone Kurniati S menggantikan Kurniati, serta Pj Ketua TP-PKK Kota Palopo Hasnawati menggantikan Utia Sari Yuda.

“Saya ucapkan terima kasih atas segala kinerja dan sumbangsih (Pj Ketua TP-PKK periode 2018-2023) dalam menggerakkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga di wilayahnya masing-masing. Saya juga ucapkan selamat kepada Pj Ketua TP-PKK kabupaten dan kota yang baru dilantik,” kata Sofha dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa.

Istri Pj Gubernur Sulsel itu mengingatkan bahwa tujuan gerakan PKK dengan 10 program pokoknya mencakup semua kebutuhan dasar manusia, mulai dari dalam kandungan hingga lanjut usia. Dengan demikian, gerakan PKK harus bersinergi dengan program pemerintah.

Ia pun meminta TP-PKK yang baru dilantik untuk segera melakukan koordinasi dengan pengurus.

Menurutnya, pengurus PKK di kabupaten dan kota juga harus melaksanakan tugas secara profesional, bertanggung jawab, serta memiliki loyalitas dan integritas. Pengurus PKK juga tidak boleh mewakili suatu organisasi, golongan, partai politik, serta lembaga atau instansi.

“Tim PKK yang memiliki atmosfer baik dapat membawa gerakan PKK mencapai tujuan. Mari kita buat program-program yang mampu menyentuh kabupaten, kota, desa, serta kelurahan. Program-program ini harus dapat dipertanggungjawabkan dan sejalan dengan program pusat dan provinsi,” ujarnya.

Sebagai Pj Ketua TP PKK Sulsel, Sofha meminta pengurus dan kader PKK bekerja sama mendukung program pemerintah dalam pelayanan kesehatan, ketahanan ekonomi, revolusi mental, dan lingkungan hidup.

Ia berpesan kepada Pj Bupati dan Pj Wali Kota yang baru dilantik untuk terus mendukung dan mengarahkan kepengurusan TP-PKK kabupaten dan kota agar mampu memberi kontribusi nyata.

“Dari level provinsi hingga kelurahan atau desa, terdapat 3.379 Ketua TP-PKK di Sulsel. Mereka siap menjadi mesin sosial dalam menjalankan program pemerintah Provinsi Sulsel. Mohon binaan dan dukungannya bagi gerakan kami,” ungkap Sofha.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com