Advertorial

Lantik 67 Kades, Bupati Klaten: Selalu Berorientasi pada Pengabdian Saat Jalankan Tugas

Kompas.com - 27/09/2023, 14:44 WIB

KOMPAS.com – Bupati Klaten Sri Mulyani melantik 67 kepala desa (kades) untuk masa bakti 2023-2029, pada Rabu (27/9/2023).

Sebagai tanda pelantikan, Sri Mulyani menyematkan tanda jabatan dan pangkat kepada perwakilan kades, yakni Kades Tijayan Joko Lasono, Kades Blimbing Yosep Ngatijo, dan Kades Karanglo Cosmas Widodo.

Untuk diketahui, para kades tersebut terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak gelombang pertama yang diselenggarakan di 22 kecamatan dari total 26 kecamatan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Adapun empat kecamatan yang tidak menyelenggarakan Pilkades adalah Kecamatan Bayat, Delanggu, Kalikotes, dan Klaten Tengah.

Pada kesempatan itu, Sri Mulyani mengucapkan selamat kepada 67 kades terpilih. Ia pun mendoakan agar para kades senantiasa diberikan bimbingan dalam jalan kebenaran, kekuatan menjalankan amanah, serta kesuksesan untuk mengantarkan rakyat dalam kemakmuran dan kesejahteraan.

Lebih lanjut, Sri Mulyani menekankan kepada para kades terpilih agar selalu berorientasi pada pengabdian saat menjalankan tugas sebagai pemimpin masyarakat serta melaksanakan program pembangunan.

“Sebagai aparat pemerintah yang langsung berhadapan dengan masyarakat, salah satu tugas pokok kades adalah pelayanan publik. Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, (kades) dituntut untuk bersikap adil kepada semua masyarakat,” kata Sri Mulyani dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Sri Mulyani menjelaskan, untuk menciptakan pelayanan publik yang baik, kades dan jajarannya harus memiliki dedikasi, loyalitas, dan disiplin tinggi. Aspek-aspek ini penting diterapkan karena masyarakat saat ini sangat kritis terhadap kinerja lembaga pemerintahan pada semua tingkatan.

Apalagi, imbuh Sri Mulyani, sebagai lembaga pemerintahan yang berada di garis terdepan, penilaian masyarakat kepada aparat pemerintah desa dapat berpengaruh terhadap penilaian kepada pemerintah secara umum.

“(Oleh karena itu) saya mengajak seluruh jajaran pemerintah desa untuk menunjukkan bahwa kepentingan masyarakat merupakan prioritas utama dalam bekerja sebagai pelayan masyarakat,” ujar Sri Mulyani.

Untuk diketahui, acara pelantikan tersebut juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Klaten, Sekretaris Daerah (Setda) Klaten, Asisten Sekda Klaten, serta Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Klaten.

Kemudian, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Klaten, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, kades yang dilantik beserta istri, serta para tamu undangan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com