Advertorial

Mau Pakai Plafon PVC pada Hunian? Simak Dulu Kelebihan dan Harganya

Kompas.com - 27/09/2023, 15:25 WIB

KOMPAS.com – Pemakaian plafon berbahan polyvinyl chloride (PVC) untuk hunian pribadi semakin digandrungi. Meski terdengar tidak biasa, penggunaan PVC sebagai langit-langit ruangan ternyata kerap digunakan pada bangunan mewah, hotel, restoran, atau apartemen.

PVC merupakan salah satu jenis polimer yang sering digunakan dalam pembuatan pipa air. PVC sendiri diproduksi dalam dua bentuk berbeda, yakni sebagai bahan keras dan plastik yang memiliki fleksibilitas.

Plastik PVC yang punya karakteristik fleksibel sering digunakan secara luas dalam proyek konstruksi, seperti pembangunan rumah tinggal, fasilitas kesehatan, dan sekolah.

Kelebihan plafon PVC

Plafon berbahan PVC memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan plafon yang terbuat dari material lain, seperti gipsum, triplek, dan serat semen.

Pertama, plafon PVC dikenal lebih fleksibel, memiliki bobot yang lebih ringan, dan memiliki daya tahan yang cukup lama. Daya tahan ini dikarenakan plafon PVC memiliki kandungan polymer isosianat yang diklaim dapat mencegah dari kerusakan atau pembusukan.

Kedua, mudah dipasang. Pemasangan plafon PVC cenderung lebih sederhana. Dengan menggunakan sistem knock-down atau bongkar pasang, instalasi plafon PVC menjadi lebih praktis dan efisien.

Ketiga, punya desain khas. Plafon PVC sering dipilih karena memiliki desain yang khas, bahkan dapat diintegrasikan dengan pencahayaan yang menarik. Hal ini dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih elegan.

Plafon PVC dapat diintegrasikan dengan pencahayaan yang menarik sehingga tampilan rumah menjadi lebih elegan. dok. Shutterstock Plafon PVC dapat diintegrasikan dengan pencahayaan yang menarik sehingga tampilan rumah menjadi lebih elegan.

Keempat, tahan terhadap kerusakan. Plafon berbahan PVC memiliki ketahanan terhadap kebocoran dan serangan rayap. Sebab, struktur pori-pori pada plafon PVC sangat rapat.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir saat hujan datang dan repot membersihkan plafon PVC. Untuk membersihkannya dari debu dan kotoran, kamu cukup menggunakan sapu atau mengelap dengan kain bersih.

Kelima, lebih lentur dan ringan. Jika dibandingkan plafon gipsum atau triplek, plafon dengan bahan PVC memiliki sifat yang lebih lentur dan ringan. Karena itu, banyak orang cenderung memilih plafon yang terbuat dari PVC.

Kekurangan plafon PVC

Meski memiliki banyak kelebihan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan plafon PVC. Dilansir dari artikel.rumah123.com, plafon PVC memiliki beberapa kekurangan.

Ilustrasi pemasangan plafon PVC. dok. Shutterstock Ilustrasi pemasangan plafon PVC.

Pertama, PVC merupakan material yang sangat tahan terhadap dekomposisi. Jika tidak digunakan, PVC dapat menyebabkan dampak negatif pada lingkungan dalam jangka panjang.

Kedua, biaya pemasangan plafon PVC pun lebih tinggi. Hal ini akan memengaruhi pada penghitungan bujet pembangunan secara keseluruhan.

Ketiga, material plafon PVC juga cukup tipis sehingga harus ditangani dengan hati-hati. Selain itu, plafon PVC pun tidak dapat dicat. Dengan demikian, jika ingin mengubah warnanya, kamu harus mengganti secara keseluruhan.

Harga dan cara memilih plafon PVC

Sebelum membelinya, sebaiknya ketahui dulu harga plafon PVC. Plafon ini biasanya dijual per lembar dengan harga bervariasi tergantung pada kualitas, motif, dan ukuran. Berikut adalah tabel harga plafon PVC berdasarkan ukuran dan jenis materialnya.

Tabel harga plafon PVC berdasarkan jenis material dan ukuran. dok. 99 Group Tabel harga plafon PVC berdasarkan jenis material dan ukuran.

Untuk memilih plafon PVC yang tepat pada hunian, terdapat beberapa tip yang bisa diaplikasikan. Pertama, pilih ukuran plafon PVC yang sesuai dengan kebutuhan dan pastikan ketebalannya tepat. Hindari memilih material yang terlalu tebal atau terlalu tipis.

Kedua, gunakan plafon PVC yang diproduksi oleh produsen tepercaya. Ketiga, pertimbangkan elastisitas PVC. Kamu juga harus mempertimbangkan kualitas material PVC yang digunakan, baik yang bersifat elastis atau solid.

Keempat, cek kebutuhan bahan tambahan. Agar tetap praktis dan tidak membutuhkan biaya tambahan, sebaiknya pilih plafon PVC yang mudah dipasang tanpa perlu bahan tambahan apa pun.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com