Advertorial

Ibu Hamil Wajib Tahu, Ini 1001 Manfaat Protein Selama Masa Kehamilan

Kompas.com - 27/09/2023, 16:48 WIB

KOMPAS.com – Ibu hamil mengalami banyak perubahan, baik secara fisik maupun hormon, selama masa kehamilan. Agar tetap sehat dan tumbuh kembang janin optimal, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan dengan nutrisi lengkap dan seimbang.

Pasalnya, makanan yang dikonsumsi ibu hamil merupakan sumber nutrisi utama untuk janin dalam kandungan.

Salah satu nutrisi esensial yang tidak boleh dilewatkan ibu hamil adalah protein. Sebab, nutrisi ini punya banyak manfaat penting untuk ibu hamil dan buah hati.

Kebutuhan protein ibu hamil pun semakin lama semakin meningkat seiring bertambahnya usia kandungan guna mendukung pertumbuhan bayi yang sangat pesat.

Protein tersusun dari ratusan hingga ribuan asam amino. Asam amino sendiri berperan sebagai bahan penyusun sel tubuh manusia, termasuk sel tubuh bayi yang sedang dikandung.

Dilansir dari laman babycenter.com, Jumat (22/7/2021), protein berperan penting dalam pembentukan jaringan dan organ bayi secara optimal, termasuk otak. Protein juga berperan dalam pembentukan kulit, rambut, kuku, jantung, dan otot pada bayi.

Sementara itu, protein dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh ibu hamil yang membantu mempertahankan tekanan darah normal dan mencegah pembengkakan pada beberapa bagian tubuh.

Selain itu, protein juga membantu pertumbuhan jaringan payudara dan rahim selama kehamilan serta menjaga kekebalan tubuh ibu hamil.

Asupan protein yang cukup juga dapat meningkatkan kualitas cairan ketuban yang dihasilkan selama masa kehamilan. Seperti diketahui, kualitas air ketuban yang baik dapat membantu menjaga janin dalam kandungan.

Tak hanya itu, dikutip dari hellosehat.com, protein memiliki andil dalam penyerapan kalsium yang berpengaruh pada kesehatan tulang ibu hamil. Apalagi, selama masa kehamilan, beban tubuh ibu hamil cenderung meningkat. Kondisi ini membuat beban lebih banyak pada tulang dan otot ibu.

Dengan asupan protein yang cukup, pembentukan jaringan otot ibu hamil bisa lebih optimal. Ini memengaruhi tulang menjadi lebih kuat sehingga ibu dapat menjalani masa kehamilan dengan lebih baik.

Asupan protein untuk ibu hamil

Dilansir dari yankes.kemkes.go.id, ibu hamil perlu mengonsumsi sekitar 70-100 gram protein setiap hari. Namun, acuan angka ini akan meningkat mengikuti berat badan, aktivitas fisik yang dilakukan, dan trimester kehamilan.

Sementara itu, menurut Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia, ibu hamil pada trimester satu dapat menambah asupan protein sebanyak 1 gram setiap hari dari total asupan harian.

Kemudian, pada trimester dua, ibu hamil dianjurkan menambah 10 gram asupan protein dan menambah 30 gram protein ketika memasuki trimester ketiga.

Ibu hamil juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jumlah asupan protein yang dibutuhkan secara pasti.

Untuk memenuhi kebutuhan protein selama masa kehamilan, ibu hamil dapat mengonsumsi beragam sumber protein baik, seperti daging merah tanpa lemak, daging ayam dan ikan, keju, yoghurt rendah lemak, telur, serta susu.

Ibu hamil juga bisa memperoleh asupan protein dari sumber nabati, seperti tahu, tempe, kacang-kacangan, selai kacang, dan biji-bijian.

Guna menunjang asupan protein selama masa kehamilan, ibu hamil bisa mengonsumsi PRENAGEN mommy. Susu ini mengandung nutrisi lengkap untuk ibu dan buah hati, yaitu protein, karbohidrat, lemak, tinggi asam folat, zat besi, kalsium, vitamin dan mineral, DHA, serta omega 3.

PRENAGEN mommy baik dikonsumsi dua gelas setiap hari selama 9 bulan masa kehamilan untuk memenuhi nutrisi harian ibu hamil dan buah hati.

Ibu hamil juga tidak perlu khawatir saat mengonsumsi PRENAGEN mommy, karena susu ini punya rasa yang beragam dan tidak bikin eneg. PRENAGEN mommy hadir dengan pilihan rasa Groovy Mocha, Velvety Chocolate, Lovely Strawberry, dan French Vanilla.

PRENAGEN mommy juga hadir dalam varian Almond Soya yang mengandung protein nabati almond dan soya. Varian ini punya rasa yang enak dan tidak bikin eneg dengan kandungan nutrisi yang lengkap, yakni asam folat, zat besi, kalsium, vitamin D3, DHA, omega 3, kolin, dan serat.

Itulah beragam manfaat protein untuk ibu hamil dan bayi yang harus dipenuhi selama masa kehamilan. Yuk, lengkapi juga kebutuhan protein untuk ibu hamil dengan mengonsumsi PRENAGEN mommy.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PRENAGEN mommy, silakan kunjungi tautan ini.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com