Advertorial

Bulog Jamin Pasokan Beras Aman hingga Periode Panen 2024

Kompas.com - 27/09/2023, 17:24 WIB

KOMPAS.com – Direktur Supply Chain Pelayanan Publik Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Mokhamad Suyamto memastikan bahwa pasokan cadangan beras pemerintah (CBP) berada dalam jumlah aman hingga periode panen raya 2024.

CBP yang dikelola Bulog hingga saat ini mencapai 1,7 juta ton. Stok ini juga digunakan untuk program Bantuan Pangan dan operasi pasar Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Suyamto menambahkan, pemerintah juga sudah memberikan tambahan penugasan impor sebanyak 1 juta ton untuk memperkuat CBP hingga musim panen tahun depan sekaligus sebagai upaya menghadapi El Nino. Selain impor, Bulog juga akan memaksimalkan penyerapan beras dalam negeri.

“(Upaya ini) akan membuat cadangan kita akan semakin kuat,” kata Suyamto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (27/9/2023).

Untuk itu, Suyamto mengimbau masyarakat untuk tak khawatir terhadap ketersediaan beras. Sebab, pemerintah melalui Bulog menjamin kebutuhan beras dengan harga terjangkau.

“Kami melakukan pemantauan secara terus-menerus di tengah situasi saat ini agar ketersediaan dan harga beras terkendali,” kata Suyamto.

Suyamto mengemukakan, tren kenaikan harga beras beberapa waktu terakhir dikarenakan sejumlah faktor. Dari sisi eksternal, peningkatan harga beras disebabkan fenomena El Nino. Sementara, dari sisi dalam negeri, kenaikan dipicu oleh masa musim tanam.

Sebagai langkah penstabilan harga beras, Bulog sudah menggelontorkan beras operasi pasar SPHP di seluruh Indonesia dengan jumlah total sebanyak 800.000 ton. SPHP akan dilakukan tiap hari hingga harga beras stabil.

Selanjutnya, imbuh Suyamto, Bulog tengah menyalurkan beras bantuan pangan untuk masyarakat kurang mampu di seluruh Indonesia. Adapun periode penyaluran tersebut berlangsung pada September, Oktober, dan November 2023 dengan jumlah total sebanyak 641.000 ton.

“Fokus Bulog saat ini adalah mempertahankan stabilitas harga beras di masyarakat. Bulog juga berkoordinasi dengan pemerintah pusat ataupun daerah guna memastikan ketersediaan beras sekaligus meredam lonjakan harga di tingkat konsumen,” jelasnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com