Advertorial

Sambut Maulid Nabi Muhammad, Ribuan Warga Berselawat di Alun-alun Klaten

Kompas.com - 28/09/2023, 19:14 WIB

KOMPAS.com - Ribuan warga terlihat berkumpul di Alun-alun Klaten untuk mengikuti Klaten Berzikir dan Berselawat (KBBS), Rabu (27/9/2023).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-219 Kabupaten Klaten sekaligus Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam (SAW) 1445 Hijriah (H).

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Klaten Ardani yang merupakan Ketua Panitia Penyelenggara KBBS hadir secara langsung memimpin pembacaan zikir dan tahlil selepas salat isya.

Acara dilanjutkan dengan lantunan selawat kepada Nabi Muhammad SAW yang dipimpin oleh Pemimpin Majelis Sholawat Sekar Langit Pekalongan Habib Zaidan Haidar bin Yahya.

Lantunan selawat yang diiringi dengan seni hadrah Sekar Langit tersebut diikuti oleh ribuan jemaah yang terlihat khidmat dan antusias.

Selain warga yang hadir secara langsung, KBBS juga diikuti ribuan warganet dari berbagai daerah di Indonesia melalui siaran langsung di kanal YouTube Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten.

Warga Klaten mengikuti gelaran KBBS di Alun-alun Klaten, Rabu (27/9/2023). Dok. Pemkab Klaten Warga Klaten mengikuti gelaran KBBS di Alun-alun Klaten, Rabu (27/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten KH Syamsudin Asrofi menyatakan, masyarakat, terutama generasi muda, sangat antusias mengikuti KBBS.

Menurutnya, kegiatan keagamaan harus terus digelar guna memompa kerukunan antarumat beragama di Klaten.

 “Klaten yang memiliki slogan Bersinar yang sama dengan Kota Madinah yang memiliki gelar Al Munawwarah. Bukan hanya kemiripan gelar dan slogan, tetapi juga keberagamannya, mulai dari keragaman umat hingga budayanya. Mari kita jaga bersama, sehingga terwujud Klaten yang damai, Klaten yang baldatun wa robbun ghofur,” tutur Syamsudin melalui keterangan persnya, Kamis (28/9/2023).

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani menyampaikan, gelaran KBBS merupakan bentuk tasyakuran dalam rangka penutupan HUT ke-219 Klaten. Zikir dan selawat dipilih karena merupakan agenda rutin yang digelar di Klaten.

“Kegiatan ini sekaligus menjadi sarana berdoa bersama mendoakan Kabupaten Klaten agar semakin maju, mandiri, dan sejahtera masyarakatnya,” paparnya.

Sebagai informasi, KBBS ditutup dengan mahlul qiyam yang merupakan puncak lantunan selawat kepada Nabi Muhammad SAW dan pembacaan doa oleh Ketua Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Klaten Mujiburohman.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com