Advertorial

Ini Cara Patungan Isi Bensin dengan MyPertamina

Kompas.com - 30/09/2023, 09:22 WIB

KOMPAS.com - PT Pertamina Patra Niaga terus berinovasi guna memudahkan dan mendorong konsumen untuk bertransaksi secara cashless atau nontunai. Salah satu inovasi tersebut adalah layanan pembelian voucer digital E-Voucher BBM MyPertamina.

Untuk mewujudkan hal tersebut, MyPertamina bekerja sama dengan dompet digital LinkAja menyediakan fitur beli E-Voucher BBM MyPertamina melalui aplikasi MyPertamina. Nantinya, saldo MyPertamina dapat diisi melalui LinkAja.

Area Manager Communication, Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan, MyPertamina bisa jadi cara baru bagi pelanggan yang ingin patungan isi bensin dengan temannya.

“Caranya, cukup kirim gift E-Voucher BBM dari aplikasi MyPertamina ke aplikasi MyPertamina temanmu. Cara ini lebih praktis dan bisa di SPBU mana saja,” ujar Brasto dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (29/9/2023).

Brasto melanjutkan bahwa E-Voucher BBM MyPertamina dapat digunakan untuk membeli Pertamax Turbo, Pertamax, Pertamina Dex, serta Dexlite.

Voucer tersebut dapat digunakan untuk pemakaian pribadi dan juga dikirimkan kepada pengguna lain dengan memilih pilihan “Kirim Gift E-Voucher” pada fitur MyPertamina. Nominal voucer yang disediakan mulai Rp 25.000 hingga Rp 200.000.

“Pastikan aplikasi MyPertamina sudah terhubung dengan aplikasi LinkAja untuk dapat membeli E-Voucher BBM MyPertamina. Voucer yang telah dibeli dapat digunakan sebelum masa periode yang tertera pada keterangan E-Voucher BBM MyPertamina ,” katanya.

Untuk membeli E-voucher BBM MyPertamina, pengguna bisa membuka aplikasi MyPertamina, lalu pilih menu Voucher BBM di tengah layar. Selanjutnya, pindai tautan kode QR MyPertamina di sebelah kanan fitur bayar.

Pelanggan pertamina melakukan pembayaran menggunakan E-Voucher BBM MyPertamina. DOK. Pertamina Pelanggan pertamina melakukan pembayaran menggunakan E-Voucher BBM MyPertamina.

Setelah masuk di menu halaman Voucher BBM, pilih menu “Beli/Tukar poin E-Voucher” untuk membeli voucer. Bila ingin mengirimkan E-Voucher kepada pengguna MyPertamina lain, konsumen dapat memilih menu Kirim E-Voucher. Kedua menu tersebut tersedia di atas halaman layar setelah konsumen mengklik halaman Voucher BBM.

Setelah memilih menu Beli/Tukar poin E-Voucher, konsumen dapat memilih nominal voucer yang akan dibeli dengan mengetuk tombol beli pada nilai voucer yang dipilih.

Saat mengetuk fitur beli, konsumen akan melihat informasi bahwa masa berlaku E-Voucher adalah 6 bulan dari tanggal pembelian. Kemudian, konsumen akan diarahkan untuk bertransaksi dengan metode pembayaran E-wallet LinkAja.

Untuk mengetahui apakah E-Voucher BBM MyPertamina telah sukses terkirim, konsumen dapat melihatnya di menu Voucer di halaman utama di aplikasi MyPertamina kamu atau aplikasi MyPertamina penerima voucer. Voucer ini hanya dapat digunakan jika nilai transaksi BBM sama atau lebih dari nilai E-Voucher BBM.

Pelanggan pertamina melakukan pembayaran menggunakan E-Voucher BBM MyPertamina.DOK. Pertamina Pelanggan pertamina melakukan pembayaran menggunakan E-Voucher BBM MyPertamina.

Brasto melanjutkan, E-Voucher BBM MyPertamina yang telah aktif dan masuk ke akun MyPertamina akan otomatis menjadi opsi pembayaran saat konsumen memulai menu pindai bayar kode QR ketika membeli BBM.

“Nantinya, akan ada opsi gunakan voucer atau tidak. Bila digunakan, silahkan geser tombol Gunakan. Voucer ini juga bisa digunakan bersamaan dengan saldo LinkAja. Misalkan, konsumen ingin melakukan transaksi Rp 175.000 dan voucer yang dimiliki Rp 25.000. Maka, sisa Rp 150.000 bisa digunakan dengan memotong saldo LinkAja,” tutur Brasto.

Saat ini, pembelian E-Voucher BBM MyPertamina memiliki maksimal hingga Rp 2 juta dalam satu kali transaksi untuk setiap akun. 

Masyarakat dan pelanggan setia Pertamina yang membutuhkan informasi terkait produk dan promo dari Pertamina dapat mengakses situs web MyPertamina dan layanan Pertamina Call Center di nomor 135.

Khusus untuk konsumen di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Anda bisa dilihat informasi melalui sosial media @ptpertaminapatraniaga, @mypertamina, dan @patraniagarjbt.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com