Advertorial

Tingkatkan Kinerja dan Pelayanan BUMD, Ditjen Bina Keuda Kemendagri Gelar Rakor dan BUMD Awards

Kompas.com - 30/09/2023, 12:44 WIB

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar BUMD Awards 2023 dan Rapat Koordinasi (Rakor) seluruh Indonesia di Hotel Grand Sahid Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan tata kelola yang kompetitif antar-Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan mengangkat tema "Peran BUMD dalam Peningkatan Pelayanan Publik, Penanganan Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi.”

Dalam laporannya, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuda Kemendagri Agus Fatoni mengatakan, tujuan utama pelaksanaan BUMD Awards adalah memberikan penilaian terhadap kinerja BUMD seluruh Indonesia.

"Di seluruh Indonesia saat ini ada 1.056 BUMD. Oleh karena itu, agar bisa memetakan dan mengetahui kinerja dari BUMD, sekaligus dalam rangka pembinaan dilakukan penilaian terhadap kinerja mereka," katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (30/9/2023).

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni dalam acara BUMD Awards 2023 dan Rapat Koordinasi (Rakor) seluruh Indonesia di Hotel Grand Sahid Jakarta, Jumat (29/9/2023).Dok. Puspen Kemendagri Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni dalam acara BUMD Awards 2023 dan Rapat Koordinasi (Rakor) seluruh Indonesia di Hotel Grand Sahid Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Fatoni mengungkapkan bahwa setidaknya ada lima tujuan dari penilaian BUMD.

Pertama, kata dia, dalam rangka melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap tata kelola dan kinerja BUMD.

“Kedua, meningkatkan kinerja dan tata kelola serta menciptakan iklim kompetitif antar-BUMD,” imbuh Fatoni.

Ketiga, lanjut dia, memberikan motivasi kepada pemerintah daerah (pemda) dalam pengelolaan dan pengembangan usaha BUMD.

Keempat, meningkatkan sinergi antar-BUMD, asosiasi BUMD, dan pemda.

Kelima, mendorong pemda dan BUMD untuk berinovasi dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan publik.

"Penilaian yang digunakan dalam BUMD Awards 2023 yang pertama adalah kemanfaatan bagi masyarakat. Kemudian (penilaian berdasarkan) kinerja, tata kelola, pelayanan publik yang diberikan, serta inovasi dan sinergi," ucap Fatoni.

Lebih lanjut, Fatoni mengatakan, BUMD Awards melibatkan tim penilai yang diketuai oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri Tomsi Tohir.

Anggota tim tersebut, meliputi Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Deputi Bidang Kelembagaan dan Tatalaksana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), serta Deputi Bidang Akuntansi Negara Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Adapun anggota lainnya, yaitu Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Direktur Eksekutif Kemitraan, Dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Direktur Utama (Dirut) Majalah Tempo, serta Dirut dan Pemimpin Redaksi (Pemred) CNN Indonesia.

"Tahapan dan proses sudah dilaksanakan sejak awal tahun (2023), mulai dari penilaian di tingkat provinsi, kemudian juga masukan dan saran dari asosiasi," ujar Fatoni.

Daftar dan kategori pemenang BUMD Awards 2023

Sebagai informasi, penghargaan Top BUMD Awards 2023 diberikan kepada BUMD unggulan dari seluruh Indonesia. Berikut daftar nama sekaligus kategori pemenang penghargaan ini.

Penghargaan BUMD Bank Pembangunan Daerah (BPD) Terbaik kategori besar disabet oleh PT BPD Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB), PT Bank Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Raya (Bank DKI), dan PT BPD Jawa Timur Tbk (Bank Jatim).

Kemudian, kategori sedang diraih oleh PT BPD Istimewa Yogyakarta (Bank DIY), sedangkan kategori kecil disabet oleh PT BPD Nusa Tenggara Barat (Bank NTB Syariah), PT BPD Lampung (Bank Lampung), dan PT BPD Sulawesi Tenggara (Bank Sultra).

Penerima penghargaan Pengawasan BUMD Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Terbaik untuk kategori besar diraih oleh PT BPR Delta Artha, PT BPR Bank Sleman, dan PT BPR Jawa Timur (Jatim).

Kemudian, kategori sedang diberikan kepada PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Sukowati Sragen, PT BPRS Badan Kredit Kecamatan (BKK) Kendal, dan PT BPRS Bank Daerah Gianyar.

Sementara itu, kategori kecil diraih oleh PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Jam Gadang, PT BPR Bank Pekalongan, dan PT BPR BKK Kota Tegal.

Penerima penghargaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Terbaik untuk kategori besar di antaranya Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja Tangerang (Perudam TKR), Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Jaya (PAM Jaya), dan PT Air Minum Giri Menang (Perseroda).

Sementara itu, kategori sedang diraih oleh Perudam Air Minum Tirta Hita Buleleng (Perumdam THB), PT Tirta Asasta Depok (Perseroda), dan Perumda Air Minum Mangutama Badung.

Kemudian, kategori kecil disabet oleh PT Tirta Amadit Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Perumda Air Minum Tirta Kajen Kabupaten Pekalongan, dan Perumda Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo

Terdapat tiga penerima penghargaan BUMD Penjaminan Kredit (Jamkrida) Terbaik, yakni PT Jamkrida Bali Mandala (Perseroda), PT Jamkrida Jakarta (Perseroda), dan PT Jamkrida Sumatera Barat (Sumbar).

Adapun penerima penghargaan BUMD Aneka Minyak Bumi dan Gas (Migas) Terbaik adalah PT Migas Utama Jabar (MUJ).

Untuk penghargaan BUMD Aneka Usaha Pangan Terbaik diberikan kepada PT Food Station Tjipinang Raya.

Sementara itu, penerima penghargaan BUMD Aneka Usaha Pasar Terbaik adalah Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya.

Penghargaan BUMD Aneka Pariwisata Terbaik diberikan kepada PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

Penerima Penghargaan BUMD Aneka Usaha Keuangan Mikro Terbaik adalah PT LKM Rangkasbitung.

Kemudian, penghargaan BUMD Aneka Usaha Rumah Potong Terbaik diberikan kepada Perumda Dharma Jaya.

Penerima penghargaan BUMD Aneka Usaha Transportasi Terbaik yakni PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

Sementara itu, penghargaan BUMD Aneka Usaha Pelabuhan Terbaik diberikan kepada PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM).

Selanjutnya, penghargaan BUMD Aneka Pembangunan Terbaik diberikan kepada PT Jasa Sarana.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com