Advertorial

Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Klaten Berlangsung Khidmat

Kompas.com - 01/10/2023, 21:42 WIB

KOMPAS.com - Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Klaten yang diadakan di Pendopo Ageng Kabupaten Klaten, Minggu pagi, 1 Oktober 2023, berlangsung dalam suasana penuh khidmat.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dihadiri oleh Forkopida, Sekda Klaten, Asisten, Kepala OPD, ASN, Polri, TNI dan juga pelajar di Kabupaten Klaten. Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya secara langsung bertindak sebagai inspektur upacara.

"Kita peringati bersama Hari Kesaktian Pancasila dengan melibatkan beberapa komponen baik ASN, tokoh masyarakat, pemuda, dan pelajar,” ujar Yoga Hardaya.

Ditemui usai upacara selesai, Wakil Bupati Klaten Yoga Wardaya menyampaikan bahwa Pemkab Klaten mengajak dan melibatkan seluruh komponen dalam rangka mengenang kesaktian Pancasila untuk mempertahankan nilai-nilai Pancasila.

Yoga juga berpesan untuk generasi muda agar terus mempertahankan nilai-nilai Pancasila dan menerapkan di kehidupan sehari-hari.

"Secara rutin kita peringati hari kesaktian Pancasila ini untuk mengingatkan bahwa sejarah perjuangan bangsa kita ini ditebus dengan nilai yang tak terhingga, yaitu dengan nyawa para pahlawan kita," ungkap Wakil Bupati Klaten.

"Pengorbanan itu harus dihargai yang berbuah hasil kemerdekaan. Tugas generasi muda adalah mengisi kemerdekaan dengan nilai nilai yang positif dan baik untuk bangsa Indonesia ini," tutur Yoga.

Dalam upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila turut dibacakan ikrar Hari Kesaktian Pancasila oleh Wakil Ketua DPRD Klaten, Triyono. Usai pembacaran ikrar dilanjutkan dengan pembacaan UUD 1945 dan doa.

Terakhir, Wakil Bupati Klaten dan jajaran ramah tamah bersama seluruh komponen yang mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com