Advertorial

Permintaan Meningkat, Investasi Apartemen Semakin Diminati Jelang Pemilu 2024?

Kompas.com - 02/10/2023, 11:53 WIB

KOMPAS.com - Momentum Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dinilai tidak menjadi halangan pertumbuhan sektor properti.

Executive Director Indonesia Property Watch Ali Tranghanda mengatakan, pertumbuhan sektor properti selama Pemilu diprediksi tetap terjadi khususnya dalam hal pembelian rumah bagi end user.

Seperti diketahui, momentum pemilu biasanya membuat perekonomian usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ikut bertumbuh. Pasalnya, pada pemilu, UMKM yang berkecimpung di bidang usaha sablon dan percetakan kebanjiran order atribut partai, seperti kaos dan bendera. Begitu pun pada sektor lain. Misalnya, pelaku bisnis di bidang meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) juga turut meningkat permintaannya. Ini karena kebutuhan meeting dan diskusi jadi lebih besar. Sektor lain yang juga akan terdongkrak bisnisnya adalah di sektor pariwisata, logistik, dan kuliner. 

Peningkatan permintaan pada sektor-sektor tersebut pada akhirya ikut menumbuhkan sektor lainnya, termasuk properti.

Oleh karena itu, menurut Ali, pembelian properti harus dipertimbangkan mulai sekarang. Apalagi, bagi yag sudah punya rencana kepemilikan. Calon pembeli yang sudah memiliki cukup dana, kata dia, tidak perlu terlalu lama menunggu. Pasalnya, harga properti terus meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan setiap tahun.

"Properti secepat mungkin (sebaiknya) beli, jangan menunggu. Kalau ada uang, (Anda) mesti beli karena semakin lama, harganya semakin naik. Tapi jangan memaksa, kalau betul-betul enggak bisa (atau tidak memiliki) daya belinya ya jangan," kata Ali dikutip dalam pemberitaan Kompas.com, Kamis (16/2/2023).

Sebagai informasi, hasil survei Rumah.com. Berdasarkan Indonesia Property Market Report Q2 2023 menyimpulkan bahwa minat konsumen terhadap apartemen kian meningkat sepanjang kuartal I-2023. Faktanya, permintaan terhadap apartemen di DKI Jakarta meningkat secara tahunan di saat permintaan terhadap hunian di Jabodetabek menurun.

Permintaan terhadap apartemen naik sebesar 15 persen ketimbang kuartal sama di periode sebelumnya dan naik 3 persen secara tahunan.

Sementara itu, permintaan rumah tapak naik sebesar 13 persen ketimbang kuartal sebelumnya dan turun 14 persen secara tahunan.

Apartemen bintang lima di Jakarta.DOK. Aryaduta Suites Semanggi Apartemen bintang lima di Jakarta.

Adapun fokus permintaan terhadap apartemen di DKI Jakarta pada kuartal pertama 2023 tertuju pada unit di Jakarta Selatan dan Jakarta Utara.

Hal tersebut cukup beralasan mengingat wilayah Jakarta selatan (Jaksel) diapit langsung oleh kawasan bisnis, komersial, serta hunian. Dengan karakteristik itu, kawasan Jaksel dinilai lebih ideal untuk tempat tinggal.

Kawasan Setiabudi masih menjadi lokasi apartemen yang paling diminati masyarakat sebesar 30 persen. Selanjutnya, disusul Kebayoran Baru sebesar 16 persen dan Kebayoran Lama yang mendapat 11 persen.

Investasi menjanjikan

Meningkatnya permintaan terhadap apartemen di Kawasan Setiabudi, seperti Semanggi, bukan tanpa alasan. Terletak di kawasan segitiga emas Jakarta, Kawasan Semanggi diapit pusat bisnis dan hiburan.

Tak heran, bila kawasan ini cocok dihuni masyarakat urban yang mendambakan tinggal di hunian berkonsep one stop living.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, Anda yang punya minat berinvestasi pada apartemen yang berlokasi di Jakarta, dapat lebih mantap memilih kawasan Semanggi sebagai lokasi yang cocok. Terlebih, permintaan apartemen terus meningkat paskapandemi Covid-19.

Hal tersebut ditunjang jumlah populasi penduduk Indonesia yang saat ini didominasi gen Z dan milenial. Seperti diketahui, generasi milenial dan gen Z memilih apartemen karena memiliki mobilitas tinggi. Dengan demikian, mereka membutuhkan tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja.

Adapun salah satu apartemen yang memiliki nilai investasi tinggi dan berada di Semanggi adalah Aryaduta Suites Semanggi. Diapit pusat bisnis dan perbelanjaan, apartemen ini menawarkan kenyamanan hidup tepat di jantung Jakarta.

Aryaduta Suites Semanggi tipe Ambassador Suite B. DOK. Aryaduta Suites Semanggi Aryaduta Suites Semanggi tipe Ambassador Suite B.

Penghuni dapat mengunjungi berbagai pusat perbelanjaan hanya dalam beberapa menit, seperti Pacific Place dan Plaza Semanggi.

Aryaduta Suites Semanggi juga menawarkan kemudahan akses ke berbagai kawasan bisnis, seperti Sudirman, Thamrin, dan Kuningan. Tak heran, apartemen ini dapat menjadi pilihan cerdas para profesional yang ingin mempersingkat waktu perjalanan mereka. Dengan begitu, Anda dapat memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai bersama keluarga atau mengejar hobi pribadi.

Untuk diketahui, Aryaduta Suites Semanggi memiliki tiga tipe, yakni Royal Suite 2 Bedroom, Ambassador Suite A 3 Bedroom, serta Ambassador Suite B 3 Bedroom.

Royal Suite 2 Bedroom memiliki ruang lapang dan fungsional berukuran 102 meter persegi. Unit ini terdiri dari dua kamar tidur, ruang tamu luas, dapur modern, serta fasilitas lain yang menyediakan kenyamanan maksimal.

Salah satu keunggulan tipe itu adalah adanya jendela besar dan balkon. Interior ini dapat memberikan akses sinar matahari alami dan sirkulasi udara yang baik. Tujuannya, untuk menciptakan suasana terang dan segar di seluruh unit. Dengan demikian, penghuni dapat merasakan pengalaman tinggal di apartemen terbaik di tengah kota dengan suasana alami.

Sementara itu, Ambassador Suite A dan B menawarkan ruangan lebih luas berukuran 112 meter persegi dan 113 meter persegi. Aryaduta Suites Semanggi dibanderol mulai Rp 2,3 miliar.

Ambassador Suite A dan B terdiri dari tiga kamar tidur nyaman dan lapang. Cocok untuk keluarga yang membutuhkan ruang ekstra. Dengan desain elegan dan modern, Ambassador Suite A dan B dapat menciptakan suasana yang hangat.

Untuk diketahui, setiap unit Aryaduta Suites Semanggi memiliki balkon dan jendela besar. Selain menambahkan sentuhan estetika, fitur ini memberikan sejumlah manfaat praktis. Cahaya alami yang masuk melalui jendela besar menciptakan suasana cerah dan hangat di dalam ruangan. Selain memenuhi kebutuhan cahaya, jendela besar dapat menciptakan suasana alami yang lebih baik.

Aryaduta Suites Semanggi memiliki berbagai fasilitas, seperti kolam renang mewah, gym modern, restoran internasional, lapangan tenis, keamanan 24 jam, serta fasilitas perbelanjaan.

Dengan memiliki Aryaduta Suites Semanggi, Anda dapat memiliki apartemen yang menjanjikan untuk investasi maupun dihuni. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Aryaduta Suites Semanggi, Anda dapat klik tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com