Advertorial

Komitmen Politeknik Multimedia Nusantara Bangun Negeri melalui Pendidikan Tinggi Terapan

Kompas.com - 02/10/2023, 14:54 WIB

KOMPAS.com – Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) atau Politeknik Multimedia Nusantara merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-2 pada Senin (18/9/2023). Sejak diresmikan pada 2021, MNP berhasil menjadi perguruan tinggi vokasi pilihan di bidang teknologi kreatif ratusan mahasiswa.

Dengan berbagai fasilitas yang dimiliki, jalinan kerja sama dengan perusahaan mitra, serta tenaga pengajar ahli profesional, MNP mampu menghasilkan mahasiswa yang siap terjun langsung ke dunia industri.

Tidak hanya itu, MNP terus berkembang melalui inovasi dan selalu siap mengakomodasi kebutuhan mahasiswanya.

Jalinan kerja sama

Pada 2023, MNP telah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan, perguruan tinggi, sekolah, dan lembaga. Tujuannya beragam, salah satunya adalah memberikan mahasiswa kesempatan untuk mendapatkan pengalaman bekerja langsung, bahkan sebelum lulus.

Kerja sama itu juga menjadi wadah proyek kolaborasi antarinstitusi sebagai media pembelajaran, dan mengajak ahli untuk berbagi materi sebagai dosen tamu.

Beberapa perusahaan mitra yang menjalankan kerja sama di tahun ini adalah Brown Bag Films Bali, studio animasi yang telah menelurkan berbagai serial TV dan film pendek di berbagai platform, seperti Netflix dan Apple TV+.

Kemudian, Temali Indonesia yang merupakan event organizer terbesar di Indonesia dan sering menggelar pameran berskala internasional. Lalu, ada pula Inamart, perusahaan teknologi informasi yang menyediakan solusi komprehensif untuk bisnis melalui teknologi blockchain dan artificial intelligence (AI).

Sementara, institusi pendidikan yang menjalin kerja sama dengan MNP adalah SMK Strada Daan Mogot mengadakan workshop animasi untuk murid. Selain itu, MNP juga berkolaborasi dengan Universitas Al-Khairiyah, dan Politeknik Internasional Bali (PIB).

Kemitraan dengan sekolah menengah dijalin dengan harapan MNP dapat hadir di tengah-tengah pelajar SMA/SMK untuk memperkenalkan pendidikan lanjut serta bidang-bidang studinya. Selain itu, pelajar dari sekolah mitra juga bisa mendapatkan beasiswa khusus. 

Kemitraan dengan sekolah juga membuka peluang bagi pihak sekolah untuk bersama-sama mengembangkan sumber daya manusia (SDM), terutama dari sisi tenaga pengajar.

Kerja sama dengan beberapa lembaga terkait pun dilakukan MNP, seperti Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Chapter Banten, Supply Chain Logistics Center (SCLC), Lembaga Sertifikasi Profesi Wisata Hasanah Indonesia (LSP WHI), Lembaga Sertifikasi Profesi MICE (LSP MICE), Doss GuavaXR, Garudaku, Lembaga Sertifikasi Profesi Animasi Kreatif Indonesia (LSP AINAKI), serta empat universitas dari Korea Selatan.

Politeknik Multimedia Nusantara telah banyak melakukan kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan, lembaga, dan perusahaan. Dok. Politeknik Media Nusantara Politeknik Multimedia Nusantara telah banyak melakukan kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan, lembaga, dan perusahaan.

Praktik project-based learning

Sebagai perguruan tinggi vokasi, MNP selalu berusaha untuk memberikan pengalaman praktik yang relevan dengan teori yang dipelajari di perkuliahan. Bentuk dan level proyek yang dikerjakan oleh mahasiswa beragam setiap program studinya, tergantung pada keterampilan yang ingin dibangun.

Salah satu program studi (prodi) yang sangat aktif memberikan proyek kepada mahasiswanya adalah Event Management.

Pada Selasa (5/9/2023) dan Rabu (6/9/2023), mahasiswa yang masuk semester tiga mendapatkan kesempatan untuk praktik langsung menjadi volunteer dalam acara ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF) di Jakarta.

Sebelumnya, pada Februari 2023, mahasiswa semester lima juga mendapatkan kesempatan untuk ikut serta sebagai volunteer di International Motor Show 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Tak ketinggalan, mahasiswa prodi Digital Animation berhasil lolos dalam 20 besar dalam kompetisi Gemastik yang diselenggarakan Universitas Brawijaya, Jawa Timur. Kompetisi yang diselenggarakan sepanjang September 2023 ini diikuti lebih dari 200 perguruan tinggi.

Di kompetisi itu, tim MNP diwakili oleh tiga orang mahasiswa angkatan 2021 dan 2022, serta dosen pendamping. Meski belum berhasil menjadi juara, keikutsertaan MNP dalam kedua ajang itu merupakan prestasi bagi kampus yang baru berdiri dan melibatkan dua angkatan pertama (semester 3 dan 5).

Sementara itu, mahasiswa prodi E-Commerce Logistics juga memperkaya portofolionya dengan proyek-proyek internal dan eksternal dari industri. Mereka banyak membuat bisnis hingga membangun sistem dan website sebagai studi kasus perusahaan yang banyak dibutuhkan di era digital.

Mengembangkan kualitas aktivitas kampus

Politeknik Media Nusantara juga aktif mewadahi kreativitas para peserta didiknya dengan meresmikan sejumlah organisasi kemahasiswaan. Dok. Politeknik Media Nusantara Politeknik Media Nusantara juga aktif mewadahi kreativitas para peserta didiknya dengan meresmikan sejumlah organisasi kemahasiswaan.

Mahasiswa aktif MNP terus bertambah setiap tahunnya. Untuk mengakomodasi kehidupan sosial organisasi dan mewadahi kreativitas nonakademik mahasiswanya, MNP meresmikan organisasi mahasiswa untuk pertama kalinya pada 2023.

Peresmian ditandai dengan pelantikan pengurus delapan organisasi pada Jumat (10/3/2023). Adapun organisasi yang diresmikan adalah Forum Keluarga Besar Mahasiswa (FKBM) MNP, Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) untuk ketiga prodi, Club Futsal, Club Fotografi, Club Medis, dan Club Musik.

FKBM MNP didirikan sebagai badan legislatif dan eksekutif pada tingkat politeknik yang menaungi seluruh organisasi mahasiswa lainnya.

Sementara itu, Himaprodi berperan sebagai badan kesatuan untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa. Untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa dalam bidang non-akademik, klub dari beberapa bidang dapat mengakomodasi kebutuhan ini.

Selain mendirikan organisasi mahasiswa, MNP juga mengadakan orientasi mahasiswa baru bertajuk ANAGATA. Kegiatan ini perdana diadakan pada 29-31 Agustus 2022 dan pada 28-30 Agustus 2023 untuk kedua kalinya.

Rangkaian acara orientasi yang diselenggarakan oleh mahasiswa dan staf tersebut bertujuan sebagai pengenalan gedung, lingkungan, dan mahasiswa baru di MNP.

Sidang terbuka senat dan pelantikan mahasiswa baru

Pada Jumat (1/9/2023), dilaksanakan Sidang Senat Terbuka dan Pelantikan Mahasiswa Baru MNP Angkatan 2023 di Function Hall, Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Momen ini adalah peresmian mahasiswa baru menjadi bagian dari Keluarga MNP.

Setelah melalui rangkaian orientasi dan seremonial tersebut, para mahasiswa baru angkatan 2023 diharapkan siap untuk menjadi mahasiswa utuh dan menempuh pendidikan tinggi serta berkembang bersama MNP.

Pada kesempatan yang sama juga dirayakan Dies Natalis II MNP. Melalui acara ini, seluruh sivitas akademik MNP berharap bisa semakin siap untuk berkembang dan bertumbuh bersama.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com