Advertorial

Kado Istimewa dari Manchester City untuk HUT Ke-50 BSJ: Empat Trofi dan Legenda Shaun Wright-Phillips

Kompas.com - 03/10/2023, 14:27 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com – Empat trofi bergengsi Manchester City Football Club atau MCFC yang dipamerkan dalam ajang Treble Trophy Tour Man City Jakarta singgah ke British School Jakarta (BSJ), Tangerang Selatan, Minggu (1/10/2023).

Momen tersebut menjadi kado manis untuk BSJ yang akan merayakan hari jadinya ke-50 tahun.

Seperti diketahui, sepanjang musim kompetisi sepak bola 2022-2023, klub sepak bola asuhan Pep Guardiola tersebut sukses memboyong empat trofi sekaligus, yakni Premier League, FA Cup, UEFA Champions League, dan UEFA Super Cup.

Keempat trofi itu telah dipamerkan di berbagai negara, dan kini giliran Indonesia. Di Tanah Air, Treble Trophy Tour Man City telah terselenggara di Menara Imperium, Jakarta, Sabtu (30/9/2023). Kemudian, ajang ini berlanjut ke BSJ. 

Di Tanah Air, Manchester City turut menghadirkan salah satu legenda klub, Shaun Wright-Phillips, pada tur trofi tersebut. 

BSJ Principal David Butcher (tengah) berpose bersama Shaun. Dok. BSJ BSJ Principal David Butcher (tengah) berpose bersama Shaun.

BSJ Principal David Butcher mengaku bahagia atas kunjungan Manchester City karena momen tersebut merupakan momen eksklusif yang mungkin hanya terjadi sekali seumur hidup. Apalagi, para murid diberi kesempatan untuk berbincang dan berfoto secara langsung dengan Shaun.

“Karena itu, kami berterima kasih kepada Manchester City karena telah membawa keempat trofinya ke BSJ dan Shaun Wright-Phillips yang telah memberikan kesempatan unik bagi siswa BSJ dan Manchester City Football School untuk melihat dari dekat sejarah olahraga,” ujarnya.

Untuk diketahui, BSJ dan MCFC telah menjalin kemitraan sejak 2021 dalam bentuk penyelenggaraan program Manchester City Football School.

Lewat program tersebut, BSJ berupaya memupuk keterampilan, pengetahuan, dan kecerdasan sosial para murid dalam bidang olahraga, khususnya sepak bola. Para pengajarnya adalah pelatih-pelatih andal di bidangnya dan berlisensi dari Manchester City.

Menariknya, program Manchester City Football School @BSJ juga terbuka untuk anak-anak dari luar lingkungan BSJ.

Khusus murid-murid BSJ, ilmu sepak bola pada program tersebut disalurkan lewat mata pelajaran olahraga dan ekstrakurikuler. 

“Kemitraan BSJ dengan Manchester City bersifat jangka panjang. Saat ini, kontrak kemitraan berada di pertengahan dan sejauh ini berjalan sesuai rencana. Kami akan bekerja dengan City dalam satu tahun ke depan atau lebih untuk langkah-langkah selanjutnya,” ujar Butcher. 

Kemitraan BSJ dengan Manchester City terjalin bukan tanpa alasan. Selain berprestasi, klub sepak bola yang bermarkas di Kota Manchester, Inggris, tersebut memiliki jumlah penggemar besar di Indonesia.

“Manchester City juga menjadi klub sepak bola yang memiliki perwakilan di banyak negara dunia. Jadi, lewat kemitraan ini, BSJ ingin memberikan pengalaman unik dan istimewa yang tidak dapat ditemukan di sekolah lain di Indonesia kepada para murid,” tutur Butcher.

Dalam beberapa tahun mendatang, BSJ berencana meningkatkan kapasitas kemitraannya dengan Manchester City, dalam pendidikan sepak bola.

“Kami berharap, lebih banyak orang bergabung dalam program ini (MCFS) dan mengambil manfaat dari pengalaman Manchester City dalam membangun organisasi sepak bola kelas dunia. Kemitraan ini juga telah menjadi panduan bagi sekolah-sekolah lain yang ingin menjalin kemitraan serupa,” terangnya.

Terkait hari jadi, Butcher menuturkan bahwa pihaknya merasa memiliki tanggung jawab besar terhadap Indonesia sehingga ingin berkontribusi lebih besar lagi.

“Perayaan ini diharapkan dapat menunjukkan kualitas BSJ secara luas, mulai dari kemitraan yang telah dibangun (dengan Manchester City) hingga model pendidikan yang progresif dan proaktif. Hal ini juga mencerminkan komitmen BSJ untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi positif kepada Indonesia,” jelasnya.

Shaun Wright-Phillips bersama murid-murid BSJ. Mereka mendapat kesempatan untuk bercengkerama langsung dengan sang legenda Manchester City. KOMPAS.com/Hotria Mariana Shaun Wright-Phillips bersama murid-murid BSJ. Mereka mendapat kesempatan untuk bercengkerama langsung dengan sang legenda Manchester City.

Sementara itu, Shaun mengaku senang dapat menjadi bagian dari kemitraan BSJ dan Manchester City. Ia pun menilai, kehadiran Manchester City Football School @BSJ dapat memberikan manfaat bagi komunitas internal dan eksternal, termasuk sepak bola Indonesia.

“Jika saya adalah seorang anak, saya akan merasa terhormat dan bangga berada di sini dan memiliki fasilitas (seperti BSJ) ini untuk bermain sepak bola,” ucapnya.

Mantan pemain sayap Manchester City itu pun berharap, kemitraan klubnya dengan BSJ dapat berkontribusi pada kemajuan sepak bola Indonesia mengingat Manchester City Football School @BSJ diisi para pelatih MCFC. 

“Jadi, anak-anak belajar (sepak bola) dengan benar, dimulai sejak usia muda. Senang melihat gadis-gadis bermain sepak bola karena putri saya bermain. Saya bersemangat tentang sepak bola perempuan dan berharap ini juga bisa semakin berkembang. Saya pikir semakin awal mereka mulai, semakin baik untuk mereka,” tuturnya. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com